Port SATA Express


Technology | 20 December 2013

Disain port SATA Express menjadi tambahan kecepatan di storage computer. Tranfer PCIe mencapai 16Gbps (dari 2 kabel) sedangkan SATA biasa hanya mencapai 6Gbps. Sesuai spesifikasi SATA versi 3.2, penerapannya sudah dimulai Agustus lalu.

PCIe Express dengan SATA dapat meningkatkan tranfer data storage. Tetapi disain konektor juga berubah. Asus pertama menampilkan port SATA Express pada motherboard.

Gambar pertama pemasangan kabel Sata Express seperti SATA biasa, tapi terdapat 2 kabel untuk 3 port secara bersamaan. Gambar tengah adalah chipset untuk SATA Express. Dan terakhir konektor SATA Express terdiri dari 3 port



Intel menyiapkan dukungan untuk Sata Express bagi chipset seri 9. Seperti Z97 atau H97 dengan procesor Haswell Refresh dan procesor generasi baru Broadwell-K.

Chip SATA Express yang terlihat pada gambar mengunakan chip ASMedia ASM106SE.

Berita terkait
Generasi storage SSD NVme disiapkan untuk PCIe Gen4. Memberikan kecepatan tranfer sampai 5GB/s. Phison chip controller storage SSD akan tampil dengan ser E16. Dirancang untuk jalur PCIe 4.0 dengan kecepatan tranfer 4GB perdetik read write, copy DVD dalam 2 detik. Phison E12 menangani Chip kapasitas 8TB, dan S12 untuk solusi storage PCIe dan SATA.

Bell Labs berhasil mengembangkan kabel tembaga XG Fast yang mampu dilewati data 10Gbps. Walau jaraknya tidak jauh, tapi cukup untuk memperpanjang jarak dari kabel telepon tembaga dirumah.



Mushkin menampilkan Scorpion PCI Express SSD berbasis 4 SandForce SF-2281 controoler. Mengunakan interface PCIe dan storage SSD di tancap ke board computer.

Intel seri 9 baru keluar tahun depan, akan mendukung storage native SATA melalui protokol PCIe. Kecepatannya akan lebih baik untuk SATA 6GBps.




No popular articles found.
< /body>