Mengapa langit berwarna biru sedangkan sore menjadi kuning, penjelasan dalam sain


   Science | 19 December 2013

Cahaya matahari membias ketika sore hari membuat warna berubah menjadi kuning

Mengapa langit terlihat biru disiang hari, lalu berubah menjadi lebh kuning atau merah ketika terbenam atau terbit.

Matahari memiliki cahaya putih, tapi membawa spektrum warna merah, kuning, hijau, biru dan ungu.

Cahaya matahari semua berjalan memasuki atmofer bumi, mengapa hanya warna biru yang terlihat di siang hari.

Jawabannya dibawah ini.

Spektrum gelombang warna merah memiliki rentang spektrum paling panjang.

Spektrum cahaya biru memiliki gelombang paling pendek.

Susunan warna dari cahaya matahari aslinya berwarna putih, tapi berisi beberapa warna seperti gambar bawah.




Permukaan bumi dengan posisi menghadap matahari langsung mendapatkan cahaya tegak lurus ke sumbar cahaya matahari.

Tapi di permukaan atmosfer bumi terdapat gas seperti molekul air, oksigen dan nitrogen.

Spektrum dari cahaya warna biru akan membias di siang hari, artinya warna biru akan lebih tampak di langit.



Cahaya spektrum biru memiliki gelombang warna lebih pendek akan membias dan menyebar di langit. Membuat warna lebih biru akan lebih dominan pada waktu siang.

Jadi cahaya matahari akan membias dan memunculkan warna langit biru.




Bagaimana dengan cahaya lain seperti kuning, hijau, dan merah



Karena panjang gelombang ke 3 warna ini relatif lebih panjang, ke 3 warna tersebut relatif tidak terhalang

Ketiga warna dapat menerobos masuk ke bumi dan menjadi satu warna yaitu kuning.

Sehingga matahari akan terlihat langsung dengan warna kuning di pagi dan sore hari.



Mengapa langit berwarna kuning atau merah ketika matahari terbit atau terbenam.



Penjelasannya sederhana, yang berbeda adalah posisi kita ketika matahari mulai terbenam atau terbit membuat jarak spektrum cahaya terlihat berbeda dibanding siang hari berada tegak lurus ke permukaan Bumi.

Ketika matahari terbenam atau terbit, maka jarak lintasan cahaya matahari akan melintas melalui atmosfer lebih jauh dari posisi kita melihat matahari di siang hari.

Lintasan sinar matahari akan melalui atmosfer lebih panjang lagi dibanding waktu siang, maka kuning, ungu dan merah akan membias.

Dan membentuk warna cenderung ke kuning atau ke emasan di kejauhan.

Lalu kemana warna biru, pastinya sudah terhalang dan tidak terlihat lagi oleh mata kita ketika melihat sisi paling jauh dari cahaya matahari.
Anda dapat melihat perubahan warna langit dari pada video dibawah. Bentuk transisi perubahan cahaya dari biru dan munculnya warna kuning di kejauhan.
Proses pengambilan video dibawah ini diabadikan ketika matahari mulai turun dari garis horizon.


Artikel Lain

Seberapa besar alam semesta, dapat dilihat dengan membagi beberapa bentuk struktur raksasa. Dari planet yang dikira sebuah bintang, kumpulan galaksi yang bergabung menjadi kluster galaksi, cahaya ditengah galaksi yang disebut Fermi Bubble, sampai Supervoid atau wilayah dingin yang berada di tengah alam semesta tapi ilmuwan tidak tahu mengapa tempat tersebut relatif kosong.

Jumlah satu tata surya seperti matahari di dampingi 9 planet, sedangkan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti saja mencapai 2-3 ratus milliar bintang. Berapa banyak planet di galaksi kita. Tinggal dikalikan dengan 9 dari angka rata rata.Sampai tahun 1992 baru 2 planet, tahun 2019 sudah 4000 planet lebih ditemukan. Video Nasa



Nasa mempublikasikan foto dari matahari dengan mengambil pencitraan gelombang panjang berbeda. Data diambil dari Solar Dynamics Observatory atau SDO. Kecil saja sudah panas, tidak terbayang dengan bintang Canis Majoris

Bulan September 1990 sekelompok ilmuwan menempatkan kepala bor. Mereka mencari data dari galian lubang terdalam , meneliti batuan pada ratusan juta tahun lalu. Peneliti dari JAMSTEC berencana membor 6KM ke perut Bumi

Benda antariksa terbesar berdasarkan kategori. Bumi pernah di tabrak  meteor seukuran 10km dan memusnakan dinosaurus. Bila asteroid Ceres berukuran 1000km nyasar ke bumi. Struktur terbesar dengan nama BOSS memanjang 1 miliar tahun cahaya. Kenyataannya ada yang sangat besar sekali.

Menjadi pertanyaan dimana batas antar atmosfer dan ruang angkasa. International Astronautical Federation memberikan tanda di ketinggian 100km, dimana atmosfer bumi tidak lagi melindungi manusia. Tahun 2009 kembali ditandai dengan alat Suprathermal Ion Imager pada ketinggian 118km.

Video 7 menit menceritakan perubahan terjadinya bumi dengan infografik. Di ringkas apik dari pembangun piramid 4000 tahun lalu sampai konstruksi saat ini. Mengambarkan kehidupan awal manusia dan mahluk hidup, lalu maju ke masa depan.



Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi dan berputar pada tempatnya. Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.

Paling tua mencapai 140 tahun. Manusia paling beruntung dibanding mahluk lain di bumi. Menjadi mahluk hidup paling panjang umurnya. Usia anjing peliharaan hanya antara 15-20 tahun, dan tertua adalah kura kura sebagai mahluk dengan usia terlama



Youtube Obengplus

Trend