Mengapa langit berwarna biru sedangkan sore menjadi kuning, penjelasan dalam sain


Kategori : Science | Date : 19 December 2013
Cahaya matahari membias ketika sore hari membuat warna berubah menjadi kuning
Mengapa langit terlihat biru disiang hari, lalu berubah menjadi lebh kuning atau merah ketika terbenam atau terbit.

Matahari memiliki cahaya putih, tapi membawa spektrum warna merah, kuning, hijau, biru dan ungu.

Cahaya matahari semua berjalan memasuki bumi, mengapa hanya warna biru yang terlihat di siang hari.

Spektrum gelombang warna merah memiliki rentang paling panjang.

Spektrum cahaya biru memiliki gelombang paling pendek.

Susunan warna dari cahaya matahari aslinya berwarna putih, dan berisi beberapa warna seperti gambar bawah.




Permukaan bumi dengan posisi menghadap matahari langsung mendapatkan cahaya tegak lurus ke sumbar cahaya matahari.

Tapi di permukaan atmosfer bumi terdapat gas seperti molekul air, oksigen dan nitrogen. Spektrum warna biru akan membias di siang hari, artinya warna biru akan lebih tampak.





Cahaya spektrum biru dengan gelombang warna lebih pendek akan membias dan menyebar di langit. Membuat warna lebih biru akan lebih dominan pada waktu siang.

Jadi cahaya matahari akan membias dan memunculkan warna langit biru.




Bagaimana dengan cahaya lain seperti kuning, hijau, dan merah

Karena panjang gelombang ke 3 warna ini relatif lebih panjang, ke 3 warna tersebut relatif tidak terhalang

Krtiga warna dapat menerobos masuk ke bumi dan menjadi satu warna yaitu kuning.

Sehingga matahari akan terlihat langsung dengan warna kuning di pagi dan sore hari.



Mengapa langit berwarna kuning atau merah ketika matahari terbit atau terbenam.

Penjelasannya sederhana, yang berbeda adalah posisi ketika matahari mulai terbenam atau terbit membuat jarak cahaya terlihat berbeda dibanding siang hari berada tegak lurus ke permukaan Bumi.

Ketika matahari terbenam maka jarak lintasan cahaya matahari akan melintas melalui atmosfer lebih jauh dari posisi kita melihat matahari di siang hari.

Lintasan sinar akan melalui atmosfer lebih panjang lagi dibanding waktu siang, maka kuning, ungu dan merah akan membias.

Dan membentuk warna cenderung ke kuning atau ke emasan di kejauhan.

Lalu kemana warna biru, pastinya sudah terhalang dan tidak terlihat lagi oleh mata kita ketika melihat sisi paling jauh dari cahaya matahari.

Anda dapat melihat perubahan warna langit dari pada video dibawah. Bentuk transisi perubahan cahaya dari biru dan munculnya warna kuning di kejauhan.

Proses pengambilan video dibawah ini diabadikan ketika matahari mulai turun dari garis horizon. Artinya posisi kita melihat memiliki sudut semakin rendah dengan cahaya matahari.


Nasa mempublikasikan foto dari matahari dengan mengambil pencitraan gelombang panjang berbeda. Data diambil dari Solar Dynamics Observatory atau SDO. Kecil saja sudah panas, tidak terbayang dengan bintang Canis Majoris

Bulan September 1990 sekelompok ilmuwan menempatkan kepala bor. Mereka mencari data dari galian lubang terdalam , meneliti batuan pada ratusan juta tahun lalu. Peneliti dari JAMSTEC berencana membor 6KM ke perut Bumi

Bintang Nova Centauri 2013 ditemukan berubah oleh astronom amatir John Seach pada 2 Desember 2013.Cahaya bintang ini meningkat pada tanggal 14 Desember 2013, cahayanya berubah menjadi pink. Sudah diamati secara tidak sengaja sejak 2009 , phase tidak stabil, meledak dan akhirnya diketahui ada bintang biner



Benda antariksa terbesar berdasarkan kategori. Bumi pernah di tabrak  meteor seukuran 10km dan memusnakan dinosaurus. Bila asteroid Ceres berukuran 1000km nyasar ke bumi. Struktur terbesar dengan nama BOSS memanjang 1 miliar tahun cahaya. Kenyataannya ada yang sangat besar sekali.

Setelah mempelajari selama 8 tahun dari planet urutan ke 2 di tata surya kita. Pesawat tanpa awak Peneliti mengatakan ada perbedaan antara Venus dan Bumi. Venus tidak memiliki perisai magnetik seperti Bumi, mungkin inilah yang menyebabkan Venus tidak memiliki lautan.

Menjadi pertanyaan dimana batas antar atmosfer dan ruang angkasa. International Astronautical Federation memberikan tanda di ketinggian 100km, dimana atmosfer bumi tidak lagi melindungi manusia. Tahun 2009 kembali ditandai dengan alat Suprathermal Ion Imager pada ketinggian 118km.

Planet Ceres awalnya hanya berbentuk asteroid. tapi sekarang berganti nama menjadi planet kerdil Ceres pada tahun 2006. Ilmuwan mengatakan disana kemungkinan banyak sekali air. Orbit planet Ceres terletak di planet Mars. Dan berada di sabuk asteroid dalam tata surya.



Jumlah satu tata surya seperti matahari di dampingi 9 planet, sedangkan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti saja mencapai 2-3 ratus milliar bintang. Berapa banyak planet di galaksi kita. Tinggal dikalikan dengan 9 dari angka rata rata. Berapa perkiraan jumlah planet di alam semesta ini.

Ada 4 galaksi saling berdekatan. Disebut Seyfert Sextet sebuah kelompok galaksi memang berdekatan di area Serpens. Gambar yang diambil oleh teleskop Hubble ini memperlihatkan 4 galaksi seukuran Bima Sakti di formasi yang sama dan berinteraksi.

Video 7 menit menceritakan perubahan terjadinya bumi dengan infografik. Di ringkas apik dari pembangun piramid 4000 tahun lalu sampai konstruksi saat ini. Mengambarkan kehidupan awal manusia dan mahluk hidup, lalu maju ke masa depan.

Bila Matahari dikecilan menjadi satu sel darah merah, ukuran galaksi kita setara luas Amerika. Satu meteor ditemukan tahun 2012 memiliki kandungan berbeda dari meteor lainnya.

Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi dan berputar pada tempatnya. Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.

Paling tua mencapai 140 tahun. Manusia paling beruntung dibanding mahluk lain di bumi. Menjadi mahluk hidup paling panjang umurnya. Usia anjing peliharaan hanya antara 15-20 tahun, dan tertua adalah kura kura sebagai mahluk dengan usia terlama



Badan PBB mengumumkan planet Bumi telah dihuni 7 milyar manusia. Dengan kesalahan 1-2 persen dari selisih perhitungan PBB. Selisih perhitungan berdasarkan perbedaan dari bulan Oktober 201

Jika manusia terlalu lama berendam didalam air atau terkena air hujan terlalu lama, maka jari kaki dan tangan saja yang mulai keriput atau berkerut. Kejadian ini memang alami, dan terjadi ke semua orang.

Dampak dari kebisingan pesawat rupanya menjadi penyebab mengapa rasa makanan berubah. Hasil studi dilakukan dari 48 orang. Mereka di tutup matanya dan di uji untuk merasakan makanan manis


No popular articles found.