Belajar foto trik dengan Monopod untuk sudut lebih baik


Digital | 18 December 2013

Joe menceritakan manfaat dari Monopod untuk pengambilan foto. Monopod seperti tripod, hanya mengunakan satu tiang untuk penyanggah camera. Tapi bisa digunakan untuk mengambil sudut lebih baik, lebih tinggi dan hasil foto menarik. Monopod lebih ringan dan praktis dibawah, dapat dilipat dan dipanjangkan sampai 2 meter.



Bila camera dipasang ke monopod, dapat diangkat keatas agar sudut gambar lebih baik. Contoh dibawah (kiri) dengan sudut biasa tanpa monopod, (kanan) dengan mengangkat camera lebih tinggi dengan monopod, sudut gedung atau objek menjadi lebih terlihat.



Setting camera, gunakan infinity, diatur dengan timer, dan biarkan camera mengambil gambar secara otomatis. Bila memungkinan gunakan lensa wide angle agar gambar terlihat lebih lebar. Jangan takut mengambil beberapa gambar, karena memory storage murah. Tapi hati hati bila mengunakan camera DSLR yang relatif berat, takutnya terjatuh.  Dibawah ini penjelasan dari Joe.



Joe Edelman menjadi penulis, memenangkan beberapa foto iklan seni art dan fashion. + www.JoeEdelman.com

Berita terkait
Suka membuat film, video atau foto selfie. Xiaomi mengembangkan gimbal portabel tapi untuk smartphone. Xiaomi Three-axis Shooting Stabilizer memiliki 3 sudut.

Seorang fotographer sedang mengabadikan pemandangan untuk foto alam bebas. Mendadak cameranya nyemplung ke air sedalam 1 meter. Apa yang dilakukan untuk menyelamatkan camera. Bagaimana bila camera berembun atau mengalami kondensasi dan air masuk ke dalam camera.



Foto low angle atau mengambil gambar lebih rendah. Foto akan tampak dengan menambah elemen bagian belakang, tengah lebih dalam. Intinya, fotografer dapat mewakili 3 dimensi dari 2 dimensi gambar.

Membuat video dari camera, kesulitan adalah posisi camera ketika mengambil sudut tertentu. Satu tip membuat stabilizer camera dengan alat sederhana agar camera lebih stabil ketika mengambil video dengan objek bergerak

Apakah hasil foto lensa 24-105mm vs 70-200mm memberikan hasil foto yang sama. Walau objek foto dibuat dengan ukuran yang sama, tapi posisi camera harus lebih mundur dengan lensa telezoom. Bagaimana dengan hasil foto yang dibuat, dengan telezoom latar belakang gambar akan tampak bokeh. Sedangkan lensa yang dimulai dari 24mm lebih jelas

Camera digital memiliki beberapa singkatan dari AF, MF. CSC atau DSLR, Exif, F-stop dan lainnya. Singkatan tersebut agak membingungkan di awal mengunakan camera.

Membuat kesan foto tidak sepi, seperti mengambil galaksi di tempat yang baik untuk membuat foto galaksi. Ditambah dengan tenda seakan fotographer sedang camping di dalam tenda.



Bagi cameramen dan produsen film, mereka mengingikan teknologi camera untuk film yang kecil. Setidaknya ringan dan portabel, hal ini ditunjukan oleh Sony PXW-FS7. Sony menawarkan camera PXW-FS7 dengan kemampuan merekam 4K 60 fps dan Full HD 180fps

Foto yang dibuat oleh Andrey Mikhaylov memberikan pelajaran bagaimana membuat background sebuah objek foto atau produk. Dia mengunakan aluminum foil untuk latar belakang. Terlihat lebih bercahaya dengan pantulan sinar, diberikan tutorial dengan Photoshop.

Dari N-Photo memberikan rumus minimum kecepatan shutter ketika camera di pegang dengan tangan. Walau tidak menjamin tangan kita stabil ketika mengambil gambar, kemungkinan gambar tidak terjadi blur dengan rumus sederhana ini

Video Paralel world dunia yang menghilangkan semua orang, dibuat dengan foto tumpuk dan pastinya dengan software editing video. Claire&Max membuat dengan software Sony Vegas untuk proses edit foto.

Asik nih, buat yang suka narsis tapi lebih bergaya. Phlearn memberikan teknik belajar membuat tato di foto dengan photoshop. Tinggal di ikutin saja proses pembuatannya dari video di Youtube.

Membuat lensa menjadi lensa Macro dapat mengunakan sebuah adapter. Extension Tube dengan menambah satu lensa ditengah, dan Reserving Ring untuk socket lensa yang dibalik. Hasilnya lensa biasa dapat berfungsi sebagai lensa Macro.

Fotographer bintang Michael Shainblum mengatakan yang dibutuhkan hanya camera DSLR dan lensa Wide, tidak perlu teleskop untuk membuat foto bintang. Hasil fotonya bagus dan dia menceritakan pengalaman dari camera yang dimiliki.



Photoshop membuat lebih cantik. Idenya agak gila, semua bisa dibongkar oleh computer. Dari kaki, wajah lebih cerah dan lainnya. Foto Retouch sebenarnya ditentang karena memberi dampak negatif khususnya kalangan wanita muda.

Kalau mau belajar fotografer, belajarlah untuk camera. Berlatihlah bagaimana mengunakan camera, mengerti setting di camera. Tapi mengambil gambar bukan harus berlatih.

Foto menarik bisa dibuat dengan sederhana, tidak perlu mahal. Tidak perlu ruang studio yang mahal yang penting kreatif. Bisa menjadi ide untuk foto pernikahan yang murah.

Belajar Adobe Photoshop CS6 langsung dari video tutorial Adobe. Memberikan pelajaran teknik blur lensa Tilt-Shift pada foto dan membuat mask sebuah foto.

Video dengan durasi 30 menit lebih memberikan pelajaran bagaimana mengunakan lampu dan reflektor untuk objek foto

Mengambil gambar close up untuk kalangan eksekutif diceritakan oleh Jay.P.Morgan. Setiap personal yang akan di foto memerlukan trik dalam pencahayaan. Cahaya lampu harus dikurangi agar tidak terlalu terang di foto, pengaturan ulang cahaya berbeda dari masing masing objek foto,

Canon Amerika memperkenalkan layanannya di Youtube Channel. Untuk memberikan pelajaran tentang camera dan peralatan Canon.Video cara belajar camera Canon dibuat pendek, tetapi lengkap dan lebih dalam. Saat ini ada 19 video yang dibuat, baik untuk





No popular articles found.