2013
Separuh penduduk dewasa Amerika meminim multivitamin. Harapannya agar tidak terkena penyakit jantung, kanker bahkan mampu meningkatkan otak.

Apa benar multivitamin itu bermanfaat, menurut para ahli bukan untuk jangka panjang dan tidak menghindari penyakit bila gaya hidup tidak sehat.

Vitamin dan suplemen yang menjanjikan seperti itu hanya membuang uang, karena tidak bekerja.

Annals of Internal Medicine mengatakan, mengunakan vitamin suplemen untuk mencegah kondisi penyakit kronis hanya membuang uang. Vitamin dan suplemen di industri hanya sebuah anekdot. Ada yang membeli lalu mengatakan saya lebih sehat dengan vitamin ini. Jadi hanya ucapan saja.

Belum ada pembuktian bila meminum suplemen dan vitamin dapat bermanfaat untuk jangka panjang. Keduanya tidak bisa mencegah kematian, stroke, dan serangan jantung (ini yang disebut penyakit kronis). Sudah ada 3 studi yang melihat efek multivitamin dalam mencegah serangan jantung dan kanker.

Dari 27 penelitian yang melibatkan 450 ribu orang, ditemukan multivitamin tidak berpengaruh untuk mencegah penyakit jantung dan kanker.

Tetapi multivitamin dan suplemen boleh diminum untuk penganti gizi. Karena di Amerika memiliki makanan yang kurang sehat. Vitamin bisa menambah kekurangan dari makanan yang mereka konsumsi.

Block mengatakan, multivitamin dan suplemen dapat menjadi pagar dari kurangnya gizi masyarakat. Seseorang yang melakukan diet seimbang mungkin ada asupan makanan yang kurang sehingga dapat dibantu dengan vitamin dan suplemen dari kurang nutrisi. Tetapi vitamin dan suplemen tidak dapat menutupi kebutuhan pola makan yang sepenuhnya buruk.

Vitamin D tetap dianjurkan karena membantu penguatan tulang. Serta kebutuhan Omega 3 termasuk DHA dan EPA.tetap baik dikonsumsi.

Mei 2017.
Seorang Dr dari Harvard mengatakan suplemen lebih berbahaya dari makanan olahan lain. Dibagian belakang label produk ada 2 kata yang membuat kekhawatiran dengan jantung. Yaitu Proprietary blend.



Di kata tersebut tidak mencantumkan apa rincian dari isi suplemen kata asisten profesesor kedokteran Harvard Medical School Cohen.
Mungkin produsen memasukan bahan tertentu tanpa ijin dan tidak sertai berapa jumlahnya.

Beberapa suplemen dikaitkan dengan peningkatan kanker tertentu, dan lainnya beresiko batu ginjal.

Produsen mengunakan standar GRAS atau aman untuk di konsumsi. Tetapi standar tersebut tidak digunakan untuk pengawasan.
Ada beberapa undang undang yang mengatur produk suplemen makanan. Tahun 1994 membentuk DSHEA untuk pengaturan label dan keamanan suplemen, dan peraturan baru tersebut untuk memastikan produsen membuat produk dengan baik atau standar GMP untuk pengujian bahan.

Dibawah DSHEA, bahan yang tercantum ada yang tidak diungkap. Campuran Eksklusif tidak disertakan jumlah dan dalam kategori. Sebagai gantinya mereka mencantumkan total jumlah, dan mencantumkan ramuan yang tidak tertulis sesuai dengan berat.

Disini masalah besar bila seseorang mengkonsumsi suplemen dalam hal dosis. Mungkin saja suplemen memiliki efek samping dan berdampak negatif bagi tubuh kita..

Dapat dilihat dari salah satu sampel produk. Kandungan tidak tertulis jelas dengan isi multisuplemen ini.

label obat multisuplemen tidak mencantumkan isinya

Kalsium dan Parkinson
Universitas Cambridge Inggris mengatakan kalsium terlalu berlebihan dapat menyebabkan Parkinson.
Penyakit Parkinson disebabkan adanya endapan protein beracun. Masalah dari Dopamin yang menghasilkan neurotransmiter terjadi kerusakan. Dopamin penting untuk pengendalian gerakan.

Informasi dari VITAL
Orang di bombardir dengan pemasaran untuk makanan suplemen, dan mereka sepenuhnya tidak menyadari apakah suplemen itu manjur kata Monson.

Kami ingin mendorong orang mencoba vitamin, mineral dan nutrisi lain tapi dari makanan. Dan makanan sehat, karena disitulah asupan terbaik, dan anda mendapatkan beragam nutrisi dalam rasio optimal secara biologis.

Sementara orang yang mengkonsumsi multivitamin dan suplemen lain secara rutin, tidak disarankan bia mereka dalam kelompok beresiko.

Yang berguna dibawah ini.
Diet sehat dan seimbang, mencakup biji bijian dan makanan utuh akan memberi cukup vitamin dan minteral bagi sebagian populasi.


Anda harus sadar, suplemen dan vitamin bukan penganti buah dan sayuran.
Anda berbicara tentang makanan yang memiliki rangakaian macronutrients dan micrkonutrien yang sangat komplek. Jadi tidak sama.
Hindari produk yang di proses dengan pengolahan dan dalam proses mengalami hilangnya vitamin, mineral dan serat.

Suplemen multivitamin dan multimineral tidak disarankan bagi orang dewasa yang sehat secara umum. Tapi jika anda khawatir diet anda tidak mencukupi, mungkin anda tidak cukup makan sayuran dan buah. Multivitamin dapat mengisi beberapa celah yang dibutuhkan.

Bayi dan anak anak. Mendapat asupan dari susu ibu untuk vitamin D. Zat besi sampai usia 4-6 bulan.

Orang dewasa separuh baya atau orang tua. Beberapa mungkin mendapatkan manfaat dari suplemen vitamin B12, vitamin D /  kalsium.
Orang yang mengalami masalah gangguan kesehatan medis tertentu akan mendapat manfaat dari multivitamin dan multimineral.

Dulu mengkonsumsi nutrisi dosis tinggi seperti beta karoten, asam folat, vitamin E atau selenium dapat bermanfaat. Tapi uji klinis menemukan mereka yang mengkonsumsi memiliki resiko lebih berbahaya.

Kalsium terlalu banyak dapat menimbulkan plak di arteri bila di konsumsi tidak benar.

Manson adalah peneliti dari VITAL. Mereka melakukan percobaan klinis secara acak untuk manfaat vitamin D. Periset mencari tahu apakah mengkonsumsi vitamin D3 atau asam lemak Omega 3 setiap hari akan beresiko perkembangan kanker, jantung dan stroke.

Saat ini Manson menganjurkan sebaiknya mengikuti panduan National Academy of Medicine dengan asupan 600-800 IU dari vitamin D setiap hari. Angka tersebut dapat memenuhi persyaratan bagi semua kebanyakan kebutuhan orang.

Jika anda tidak minum susu, tidak makan ikat atau jarang terkena cahaya matahari. Maka suplemen vitamin D dapat membantu.

Mason mengatakan untuk semua konsumsi multivitamin dianjurkan antara 1000-2000 IU, bagi mereka yang mengalami gangguan osteoporosis. Atau masakah kesehatan tulang, atau anda merasa khawatir dengan makanan yang anda konsumsi.

Bila ada yang mengkonsumsi sampai 10.000 IU perhari atau lebih tinggi. Mereka mengalami resiko dengan kalsium tinggi di dalam darah dan kalsium pada urin. Akibatnya pada kesehatan batu ginjal.

Mamson menyebut tidak ada suplemen yang meningkatkan kekebalan tubuh. Suplemen tidak akan menangkal penyakit flu selama musim dingin. Beberapa bukti orang mengkonsumsi vitamin C mungkin sedikit memperpendek durasi dari gejala. Tapi lebih baik mengkonsumsi makanaan dari buah dan sayuran, dan ditambah sup ayam.

Suplemen Vitamin B3 mencegah kebutaan glaukoma
Salah satu manfaat vitamin B3 dapat mengobati penyakit kebutaan akibat glaukoma.
Uji klinis pertama sedang berlangsung di Center for Eye Research Australia (CERA), di rumah sakit Victoria.
Dr Flora Hui peneliti CERA mengatakan digunakan terapi bersamaan dengan vitamin untuk memperpanjang usia sel.

Intinya sel dibagianbelakang mata yang sakit seperti mesin tapi berjalan kasar. Dengan menambahkan vitamin B3 kedalam, seperti memberikan oli.
Percobaan di Amerika berhasil terhadap tikus. Dosis tinggi vitamin B3 mencegah timbulnya penyakit mata yang menghancurkan.
Karena tidak ada obatnya, semua terapi ditujukan untuk menurunkan tekanan pada mata.

Dr Hui mengatakan, kerusakan saraf optik umumnya mempengaruhi penglihatan terlebih dahulu. Sebelum kesehatan mata berangsur menurun.
Dr Hui juga menyebut, 1 dari 10 orang di Australia usia 80 tahun keatas benar benar memiliki glaukoma. Namin sekian lama, kami melihat yang lebih mudah dari 40-50an juga terkena.
Seorang ibu yang ikut serta dalam uji klinis Dr Lui mengkonsumsi vitamin B3 bersamaan tetes mata 2x sehari. Berguna untuk menurunkan tekanan pada sel saraf di belakang mata. Vitamin B3 diharapkan dapat menghentikan kerusakan lebih lanjut bagi pasien.
Bila pengujian ini benar benar berhasil, maka dapat membantu pasien glaukoma. Mereka hanya perlu pergi ke apotik membeli vitamin B3.




Kunci hidup sehat adalah diet dan berolahraga. Serta makan buah dan sayuran.

+ Informasi diatas dari kutipan singkat media di Amerika