Doktor di India terbantu oleh Whatsapp menyelamatkan 250 pasien jantung


Green | 14 December 2013

Ini cerita dari India, ketika orang sakit jantung biasanya terlambat di tolong. Terlebih kota Mumbai yang macet, sama saja  bencana bagi penderita jantung. Dokter di rumah sakit KEM beralih dengan sistem lain dengan teknologi internet untuk kondisi darurat.

Para dokter mengunakan Whatsapp untuk menolong pasien. Tidak hanya saling berkomunikasi tapi menerima foto ECG. ECG atau EKG disebut juga Electrocardiography /  electrocardiograms / gambar grafik jantung.

Contoh gambar dari sensor diteksi jantung di rumah sakit yang dipasang dibadan pasien. Baik mengunakan alat khusus dari tim medis, atau aplikasi seperti smartphone iPhone seperti gambar dibawah ini dapat dikirim melalui Whatsapp.

Bagaimana cara kerja tim medis di India ini. Ambulan yang membawa pasien dipasang sensor jantung dan dikirim ke doktor di rumah sakit. Ada 4 dokter dari rumah sakit KEM yang mereview hasil ECG dan memberikan langkah awal bagi pasien yang masih berada di mobil ambulan. Dengan data tersebut, dokter senior dapat memberikan pengarahan kepada dokter dibawahnya yang sedang bertugas di rumah sakit sambil menunggu dokter ahli sampai ke rumah sakit.

Dokter junior yang bertugas dapat meminta pendapat kepada dokter senior atas keluhan  seorang pasien, seperti tindakan apa yang harus mereka lakukan.



Penyelamatan dapat mengejar tindakan pada waktu waktu Golden Hour atau waktu paling kritis dalam tindakan penyelamatan. Resiko paling berbahaya bagi pasien jantung adalah waktu yang terbuang selama perjalanan, menunggu kedatangan dokter dan meningkatkan resiko kematian bagi si pasien.

Dr Prafulla Kerka kepala departemen jantung dari rumah sakit KEM mengatakan. Kami memiliki kelompok dokter yang bergabung dengan Whatsapp. Dan sudah berhasil menyelamatkan 250 pasien jantung dengan laporan seperti ini. Ini salah satu teknologi internet yang dimanfaatkan untuk kemanusiaan. Cepat, gratis tapi mampu menyelamatkan nyawa manusia.


Berita terkait
Virus tahan udara panas, tidak selalu. Berkumpul bersama keluarga besar lebih berbahaya. Lebih efektif membersihkan, jaga jarak dan paling efektif berada di rumah. Virus baru Covid 2019 baru teridentifikasi 31 Desember 2019. Mirip keluarga SARS. Jenis strain lain Covid-19 ada yang berbeda, dan beberapa strain paling berbahaya karena cepat mengambil alih sel sehat

Dr Ruit disebut sebagai dokter paling penting di dunia untuk kesehatan mata. Dia mampu mengoperasi 100 pasien katarak setiap hari, plus biaya murah. Jumlah pasien yang diobati 130 ribu orang termasuk di Korea Utara. Dia memberikan penglihatan baru. Dr Yoice Cloudinadari Indonesia ikut training sebulan dan kembali ke Nias.



Pasien yang sekarat membutuhkan peralatan ECMO, tapi mesin tersebut jaraknya 450km di rumah sakit terdekat. Tanpa mesin pendukung tersebut dipastikan pasien akan meninggal. Bagaimana tim medis mengirim peralatan medis dengan jet tempur, hanya 25 menit sampai

Dampak industri dan limbah serta irigasi pertanian, membawa bencana di daerah Punjab. Memiliki tingkat penderita kanker paling tinggi dari rata rata nasional di India.

Bila menyaksikan tayangan dari Kick Andy di MetroTV. Menceritakan seorang dokter ahli bedah yang mendirikan rumah sakit apung pertama di Indonesia. Dan mulai menjemput pasien tahun lalu ke daerah terpencil.

Kapal pesiar mewah Explorer of the Seas berlayar pada 21 Januari untuk rute 10 hari pelayaran bagi wisatawan. Tapi 600 dari 3050 penumpang sakit masal di kapal. Jadwal pelayaran dipercepat 2 hari dan kapal kembali ke New Jersey hari Rabu kemarin.

Mengapa test mendapatkan ijin mengemudi di China sangat sulit. Anda harus menghafal semua aturan. Bila menabrak orang di jalan, hukumannya dari 3-7 tahun. Bagi penduduk asing tentu belum tentu tahu aturan seperti itu.



Di negara berkembang, angka korban kecelakaan menduduki nomor 5 setelah korban wabah penyakit. Indonesia tidak luput dengan jumlah korban kecelakaan, walau angkanya relatif lebih rendah dibanding negara berkembang lain.

Mengapa AMA meningkatkan nama obesitas sebagai penyakit. Dengan sebutan penyakit maka para medis dapat lebih memperhatikan para pasiennya. Khususnya penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung yang terkait dengan obesitas.

Punya masalah kesehatan atau membutuhkan konsultasi dokter gratis. Sekarang ada di Indonesia. Dokter Gratis bekerja sama dengan tim medis sosial asal Singapura Blabla Doctor. Bisa tanya jawab seputar kesehatan.




No popular articles found.
< /body>