Virus Corona Covid 2019 muncul bumi harus bersiap


Green | 1 February 2020



Virus Covid 2019 Februari 2020

Universitas John Hopkins membuat peta penyebaran virus Corona

Informasi dari jumlah terinfeksi, jumlah pasien dan wilayah kota

Kota negara dan penduduk terinfeksi Corona realtime

13 Februari 2020
WHO menetapkan nama virus Corona sebagai Covid 2019

China melaporkan 15.152 kasus baru virus Corona hari Kamis. Lompatan besar dalam satu hari, setelah medis mendiaknosis beberapa kasus dengan CT scan, serta riwayat pasien yang terpapar dengan orang lain. Tidak lagi mengunakan tes lab.
Sementara laboratorium kurang di China, dan dokter melaporkan pemeriksaan negatif tapi palsu (tidak terditeksi)
Dengan metode baru di China, diharapkan dapat lebih akurat walau masih terbatas untuk Hubei.

CDC Amerika melaporkan ratusan alat test yang diuji untuk pasien di Amerika dinyatakan salah. Dan menunda mengirim test kit ke beberapa negara, sampai CDC badan pengendali penyakit yakin pengujian dilakukan seakurat mungkin.

10 Februari 2020
Virus Corona itu dapat mengudara kata seorang pejabat Shanghai.


Virus dapat menyebar melalui tramisi aerosol, atau melayang dalam waktu lama.
Aerosol yang dimaksud, virus Corona dapat bercampur dengan tetesan di udara sehingga terbang dan terhirup oleh mahluk hidup.
Menambah satu cara lain bila virus memang dapat terbang
2 penularan sebelumnya orang yang sakit dengan mudah mengeluarkan uap pernapasan, dan dapat menginfeksi orang terdekat ketika batuk atau bersin. Dan kontak dengan benda, dimana tangan akhirnya menyentuh mulut atau hidup.

9 Februari 2020
Megacity Wuhan telah terkunci sejak 23 Januari 2020. Membatasi pergerakan 11 juta orang.
Peneliti London School of Hygien and Tropical Medicine memperkirakan dinamika epidemi tersebut.
Asumsi tren awal Februari 2020 masih terus berlanjut. Puncak penyebaran akan tiba pada pertengahan Februari 2020.

Adam Kucharski profesor Epidemiologi penyakit menular menyebut ada ketidakpastian, dan penyebaran dapat meningkat 5%.. Dan mendekati puncak untuk inkubasi virus Corona.
Ikubasi virus 2019-nCov sekitar 5,2 hari, kelambatan atau kejala hingga terditeksi pada 6.1 hari.
Angka kumulatif tersebut berlipat dibanding catatan terakhir yang mencapai puluhan ribu orang.
Virus Corona terlihat diremehkan oleh masyarakat, dan telah melewati jumlah korban SARS tahun 2002-2003 selama 8 bulan data dari WHO.

Peneliti menyebut orang yang terinfeksi mungkin tidak menunjukan gejala selama 14 hari atau lebih. Sehingga lebih sulit di kendalikan.
Sampai 24 Februari 2020 adalah masa kritis kata Benjamin Cowling kepala Epidemiologi universitas Hong Kong.
WHO memberi catatan, infeksi virus Corona terlihat stabil dalam 4 hari dan jumlah kasus yang dilaporkan belum bertambah. Ryan dari WHO mengatakan ada kabar baik, tetapi di luar Wuhan bisa saja meningkat. Kami berharap stabilisasi yang sama dapat terjadi diluar.

27 Januari 2020
BBC. Menteri Kesehatan Ma Xiaowei mengatakan virus Corona baru tampaknya menguat.
Pada manusia, masa inkubasi selama 1 sampai 14 hari.  Orang yang sudah terinfeksi belum terlihat sakit dan dapat menularkan ke orang lain.
Masyarakat dapat mengunakan taksi untuk membawa orang yang sakit ke rumah sakit. Dan membawa kembali serta memberi infektan di rumah.
Pemerintah Tiongkok memperpanjang liburan resmi sampai 2 Februari 2020 dalam upaya menahan wabah.
Amerika, Jepang bersiap mengevakuasi warganya. Dengan prioritas yang paling beresiko.
Hong Kong menutup Disneyland dan Ocean Park untuk sementara waktu.

26 Januari 2020
Sekolah di Hong Kong ditutup hingga 17 Februari 2020.
AP melaporkan tujuan untuk menahan penyebaran virus Korona, dan Hong Kong telah meningkatkan respoin di tingkat tertinggi.


China telah mengunci kota yang dicurigai sebagai sumber infeksi, dan mengunci 36 juta orang. Termasuk tempat wisata tembok besar dekat Beijing.


24 Januari 2020
Zheng-Li Shi di Institut Virologi Wuhan, memeriksa virus Corona, disebutkan tipe dari keluarga virus SARS dan paling dekat dengan kelelawar.
Informasi tersebut lebih rinci termasuk gambar sel yang menginfeksi.
Penularan dari ular yang disebutkan sebelumnya kelihatan ada kesalahan. Karena analisa terbaru mencapai tingkat 96% genetik yang menjadi sumber utama SARS ada di hewan kelelawar.

Disneyland Shanghai ditutup untuk pencegahan penyebaran Corona. Dilaporkan 26 orang meninggal dan 881 orang terinfeksi.


Pejabat kesehatan China telah mengkonfirmasi virus baru misterius di kota Wuhan dapat menular dari manusia ke manusia, dan bukan dari hewan ke manusia.
Virus Corona 2019-nCoV masih keluarga yang sama dari SARS dan MERS

Memiliki bentuk seperti cincin berduri di bawah mikroskop elektron. Bentuk paku pada sel virus digunakan untuk mengikat sel hidup dan memberikan jalan masuk untuk berkembang dan menjadi virus baru.
Virus Corona sangat patoken dan berada di belakang SARS - sindrom pernapasan akut berat dan MERS sindrom pernapasan yang berasal dari Timur Tengah.
Virus Corona dapat bersembunyi dari sistem kekebalan tubuh.

WHO melakukan pertemuan darurat pada 22 Januari 2020.
Virus baru 2019-nCoV / 2019 novel coronavirus pertama kali terditeksi 31 Desember 2019.
Telah menginfeksi 295 orang, menyebar ke Thailand, Jepang dan Korea Selatan dan membuat 8 orang dalam kondisi kritis.
9 Januari 2020, pertama korban virus meninggal berusia 61 tahun di Wuhan dengan gejala seperti pneumonia.
Kedua seorang pria usia 69 tahun pergi ke rumah sakit dan terditeksi mengalami kerusakan parah pada banyak organ.
Penyebaran berlanjut ke kota Beijing 5 kasus, Shanghai 2 kasus, dan 14 kasus di Guandong yang jaraknya mencapai 1000 km dari kota Wuhan.
Kota Wuhan telah ditutup, membantalkan transpotasi kota keluar masuk kota sejak 23 Januari 2020.

Korea Selatan melaporkan wanita 35 tahun yang pergi ke Wuhan. Dia tidak berkunjung ke pasar makanan hidup tapi terinfeksi. Teridentifikasi oleh camera termal di bandara.
Bandara bersiap memeriksa semua penumpang yang datan dari China.

Indonesia bersiap pencegahan, dengan penempatan termoscanner di 135 pintu bandara.

Ahli kesehatan mengatakan, biasakan mencuci tangan tapi tidak mengosok tangan ke muka atau hidung terlebih dahulu.
Bila sudah merasa sakit aneh, ada baiknya menutup dengan masker dan bergegas ke rumah sakit. Jangan berada di kerumuman orang.
Kekhawatiran pejabat kesehatan ada pada hari raya Imlek. Karena ratusan juta orang melakukan perjalanan.




29 Januari 2014
Seorang pria berumur 75 tahun yang terinfeksi H7N9 telah meninggal di Hong Kong. Dan tercatat menjadi korban ke 3. Pria tersebut meninggal setelah dirawat di rumah sakit pada hari Selasa 28 Januari 2014. Dia baru saja kembali bepergian ke selatan China Shenzhen perbatasan Hong Kong. Virus H7N9 adalah virus burung tetapi kasus serangan ke manusia sudah terlihat (WHO). Pemerintah Hong Kong melakukan pemusnahan 20 ribu ekor ayam hari Senin setelah ditemukan adanya virus H7N9 di pasar unggas. (Reuter)



Tentang Avian H7N9.
Virus burung A H7 adalah normal sebagai penyakit unggas. Tetapi virus ini pertama kali menginfeksi manusia Maret 2013 dan dikenal dengan H7N9. Infeksi virus menurun di musim panas tahun 2013. Resiko kematian mencapai 30%. WHO mengidentifikasi H7N9 merupakan virus luar biasa berbahaya bagi manusia.



10 tahun berlalu penyebaran flu H5N1 yang menyebar di Asia Tenggara. Sekarang sudah bergabung jenis baru. Kasus flue H7N9 mulai tampak di selatan dan timur China. Tapi masih ada satu lagi flu burung H10N8, yang sudah menelan korban ke 2 di kawasan yang sama. Sekarang jelas semua mutasi gen virus berasal dari satu virus induk.

Perubahan nama flu burung sekarang menjadi lebih banyak. Diawali dari jenis H9N2, karena virus ini menjadi induk ke 3 virus lain di China dengan varian H5N1, H7N9 dan H10N8. Sejauh ini, ketiga virus yang dapat menginfeksi manusia tapi belum memiliki kemampuan menyebar langsung antar manusia. Virus H7N9 muncul pada musim semi lalu. Mengapa virus ini bisa kembali muncul. Pemicunya dari pasar unggas, dan bukan dari peternakan (pernyataan sementara dari pemerintah China)

H7N9 bukan masalah utama. Masih ada varian lain H10N8. Akhir Desember menginfeksi seorang wanita 73 tahun dan meninggal. Terakhir seorang wanita 55 tahun dalam kondisi kritis setelah mengunjungi pasar unggas. Informasi tentang virus H10 masih sangat sedikit. Mungkin masih ada lagi virus baru lainnya yang belum terditeksi.

Hal menarik dengan virus flu burung. Seorang wanita asal Kanada terinfeksi setelah dia kembali dari Beijing ke Kanada. Meskipun tidak ada kasus infeksi H5N1 di kota Beijing.

Kota Shanghai dan 3 provinsi Zheijinag paling terpukul dengan wabah H7N9. Saat ini sudah menutup pasar unggas di dalam kota. Pihak pemerintah kota Hangzhou mengatakan, mereka ingin menutup pasar unggas hidup secara permanen dan beralih dengan penjualan daging beku di pasar. Menjelang hari raya Imlek, masyarakat meminta pasar unggas hidup dibuka kembali. Karena secara kultural masyarakat biasa memotong ayam menjelang hari raya tahun baru.

Tentang Epidemik di jaman modern mengapa ditakutkan
Bila terjadi wabah di jaman modern, mengapa ditakutkan. Bila seseorang tertular flu babi atau flu burung, teman atau keluarga di rumah akan terserang penyakit menular. Lalu di seluruh daerah dan terus meluas ke kota lain. Bagaimana bila terjadi di negara maju.

Kita bisa melihat badan dunia WHO selalu memperhatikan kejadian wabah seperti flu burung. Begitu satu orang diduga terjangkit langsung mereka mengawasi perkembangan selanjutnya. Alasannya, bila satu orang terkena penyakit menular yang mematikan. Penyakit bisa menjadi wabah di kota lain dalam hitungan jam. Dan dalam hitungan hari sudah berpindah ke antar negara.

Bila orang terinfeksi memasuki pesawat, lalu transit dan berganti pesawat. Ceritanya menjadi lebih rumit karena penyebarannya menjadi lebih cepat. Bayangkan bila seseorang yang terinfeksi tapi tidak mengetahui sudah terinfeksi virus menular, lalu terbang ke Amerika pada hari libur besar. Menularkan ke seluruh penumpang di airport, dalam hitungan semalam akan menyebar ke seluruh kota.

Fisikawan Dirk Brockmann dan timnya membuat simulasi terjadinya flu babi dan mengambarkan penyakit ini menyebar dengan cepat.

Seperti gambar dibawah, dimulai dari Amerika lalu menyebar ke Eropa, Amerika Latin dan terus semakin jauh dengan jumlah infeksi semakin besar. Bila mendengar infeksi flu burung sedang melanda di dekat negara kita, ada baiknya bersiap diri. Ditakutkan wabah datang begitu cepat tanpa disadari. Seperti kasus di Hong Kong yang terkena impas flu burung.  Semoga tidak terjadi seperti waktu lalu, ketika virus menular ke manusia.




Bulan Mei 2013 pertama ditemukan kasus manusia terkena virus flu burung H6N1 dari seorang wanita di Taiwain. Salah satunya memeliki bebek, angka dan ayam, walau sumber virus belum bisa terdeteksi. Pusat pengendali penyakit di Taiwan mengatakan terjadinya kasus infeksi H6N1 menunjukan ketidakpastian virus influenza. Kemungkinan virus tersebut masih mampu bermutasi. Para ahli masih terus menunggu sejauh mana perkembangan virus baru tersebut.

Berita terkait
Berbeda dengan kasus 2007 atau 2003 informasi tercepat dari web internet dan TV. Tahun 2020 lebih banyak kehidupan dengan teknologi. Apa yang dilakukan oleh perusahan besar teknologi dan layanan online. Dari tiket penerbangan dan pesana hotel dapat dikembalikan tanpa dikenakan denda. Bantuan perusahaan besar siap mendukung memerangi penyebaran virus Corona. Bahkan film yang dirilis juga ditunda untuk mencegah masyarakat berkumpul.

Tahun berapa manusia hampir, apakah disebabkan penyakit atau bencana sangat besar. Perang Dunia pertama lebih buruk dibanding perang dunia kedua.Tapi lebih buruk ketika terjadi penyakit Black Death. Di jaman tersebut, manusia tidak memiliki obat dan laboratorium untuk memeriksa sebuah penyakit.



China belum mengirim sampel virus H7N9 ke rekan rekan mereka di luar negeri. Membuat badan kesehatan khawatir bila suatu hari virus kembali menjadi epidemi di seluruh dunia. Pemerintah China tidak berkomentar dengan sampel tersebut. Kerugian China menghabiskan 6 miliar dollar. Apakah keputusan lebih baik, Indonesia pernah mengalami hal serupa

Penyakit stroke bisa menyerang siapa saja, termasuk kalangan muda. Jennie Cosh, terserang stroke ketika sedang makan bersama orang tuanya. Serangan penyakit jantung dapat dipicu dari hal sederhana. Pria di kota Vermont usia 32 tahun terkena stroke tanpa tanda peringatan.

Apakah sabun anti bakteri lebih efektif menghindari seseorang terkena penyakit. FDA resmi melarang produsen mengunakan bahan anti bakteri. Bahan triclosan dapat menyebar khususnya resiten bakteri dan pencemaran lingkungan. Studi terbaru dapat menganggu jantung dan otot.

Epidemik Ebola, pengemudi menolak membawa sampel darah.  Tim sepakbola menarik diri, pengendara sepeda dari Sierra Leone merasa tidak sehat dan di periksa. Ketika orang jatuh di jalan, tidak ada yang berani menolong.

Kapal pesiar mewah Explorer of the Seas berlayar pada 21 Januari untuk rute 10 hari pelayaran bagi wisatawan. Tapi 600 dari 3050 penumpang sakit masal di kapal. Jadwal pelayaran dipercepat 2 hari dan kapal kembali ke New Jersey hari Rabu kemarin.



Kota Hamburg saat ini sedang merencanakan menghapus kendaraan dari kota dalam 15-20 tahun mendatang. Tujuaannya untuk membuat kota lebih segar, lebih sehat, dan lebih menyenangkan untuk tempat tinggal. Usulan dari rencana Grunes Netz atau Green

Ini cerita dari India, ketika orang sakit jantung biasanya terlambat di tolong. Terlebih kota Mumbai yang macet, sama saja  bencana bagi penderita jantung. Dokter di rumah sakit KEM beralih dengan sistem lain dengan teknologi internet.

Virus HIV / AIDS sudah kita kenal sebagai virus mematikan. Sampai saat ini belum ada obat efektif untuk menangkal HIV. Perlahan virus menurunkan antibodi manusia. Bukan hanya HIV yang berbahaya, Hepatitis masuk rangking 2.




No popular articles found.
< /body>