Meriam Howitzer Panzerhaubitze 2000 dan M777


Kategori : Stuff | Date : 19 March 2018
Rusia paling suka membuat peralatan perang ukuran besar. Jerman juga jagonya membuat tank. Salah satunya Panzerhaubitze 2000 dengan pelontar 155mm dibuat Krauss-Maffei Wegmann (KMW).

Ditempatkan di atas sebuah tank Panzerhaubitze 2000 dengan meriam jarak jauh atau tank artileri.

Tapi sebuah howitzer yang bergerak. Beratnya 55 ton dengan mesin 8 silinder direct injection supercharger diesel. Dapat menempuh 420 km dengan tangki penuh.

Kecepatan tembak meriam artileri generasi pertama mencapai 9 detik per tembakan, rata rata menembakan peluru 10-13 tembakan permenit. Pengisian peluru tidak dilakukan manual tapi secara otomatis dengan 60 magazine peluru meriam.

Pasukan hanya membutuhkan pengisian pendorong, hanya 12 menit oleh 2 operator untuk persiapan peluru. Jarak jangkau meriam ini mencapai 35km, bila dipasang dengan peluru pendorong pembantu bahkan dapat mencapai jarak 48km.



Model pertama tank ini baru 185 unit dan tank pertama dikirim Juli 1996. Generasi terbaru dibuat Mei 2001 dan kembali ditingkatkan kecepatan tembaknya mencapai 20 peluru permenit dengan jarak jangkauan 40km.

Jerman awalnya memesan 450 unit, tapi diturunkan menjadi 260 tank dan turun lagi menjadi 185 unit. Negara lain yang memiliki tank ini seperti adalah Belanda 18 aktif dengan 47 unit untuk cadangan, Italia 70 tankdan Yunani 24 tank. Qatar sudah memesan dan Kroasia memesan 18 unit yang bekas dan baru dikirim tahun 2014

Untuk akurasi mengunakan pemandu buatan Honeywell Maintal yang dipasang pada dudukan meriam. Arah meriam otomatis dipandu dengan MICMOS computer dan data GPS seperti posisi sasaran, ketinggian dari permukaan laut.





Meriam Howitzer M777
Dibuat pertama 2005 oleh Inggris, sampai saat ini. Diterjunkan pada perang Afghanistan, Irak, Suriah, Yaman, Saudi Arabia.
Dimiliki oleh Australia, Kanada, Swedia, Amerika, Jerman, Belanda, Kolombia,
Tipe laras 155mm, untuk peluru meriam
Peluru M107 24km, berat 41kg, dengan pecahan ledakan mencapai 1900 pecahan proyektil
Peluru M795 untuk target 22km, berat peluru 47kg. Berisi TNT 10,8kg.
Peluru M982 peluru Excalibur dapat jarak target 40km

Kecepatan tembak dari 2 permenit, dan maksimum 5 peluru permenit.

Perancang pabrikan BAE System, 70% komponen dari Amerika, dengan berat 4,2 ton akan lebih ringan , mengantikan meriam howitzer yang umumnya mencapai berat 7 ton lebih.
Meriam dapat diangkut dengan helikopter atau pesawat C-130 untuk ditempatkan di medan perang.
Dibutuhkan 8 -  10 pasukan untuk mengoperasikan meriam M777.
Pemasangan meriam hanya 2 menit dan membuka merima hanya 2,5 menit.

Peluru untuk M777 dari generasi amunisi terakhir.
Peluru M982 Excalibur bukan peluru meriam biasa. Harga satu peluru $68.000 (perkiraan) dengan berat 48kg panjang 1 meter dan diameter 155mm. Peluru dapat mencapai jarak 40-57 km dengan pemandu GPS.  Harga peluru yang mahal, tapi musuh tidak akan lari lebih jauh.

Peluru meriam Excalibur dikembangkan 2008 oleh perusahaan Raytheon dan Alliant Tech. Tahun 2014, peluru Excalibur S seperti pemandu, tapi ditembakan dari meriam di darat.
Dapat diaktifkan dengan pemandu laser /  Laser Spot Tracker / LST
Jatuhnya Excalibur tidak tergandung dari cuaca, dan jarak presisi mencapai 2 meter dari target.
Dapat ditembakan dari meriam M777 atau tank Paladin M109A6.

Varian merima M77, M777 sistem tembak optik, M77A1, sistem digital dan satelit, M777A2 sistem upgrad software dengan tambahan Excalibur, M777ER untuk cannon artileri ERCA.

Meriam Howitzer M777 dengan pemandu GPS

Kapal induk  USS Gerald R Ford baru saja diluncurkan. Menjadi kapal induk termodern yang dibuat dengan pelontar Electromagnetic mengantikan sistem ketapel. Kapal perang ini lebih ramah lingkungan, dan biaya pembangunan 13 millar dollar. Mulai di uji April 2017, diperkirakan siap bertugas tahun ini. Total 11 kapal induk Amerika aktif

Satu percobaan, apakah kaca anti peluru mampu menahan ledakan rocket launcher atau RPG. Walau diberikan 45 lapis dengan tebal 16 inci. Apakah ledakan mampu merusak kaca anti peluru yang sedemikian tebal.

Tentara Jerman pernah menbuat meriam Gustav pada tahun 1941, tepatnya setelah negara Perancis jatuh dikalahkan Jerman. Pembuat meriam Gustav adalah Friedrich Kurpp AG, membuat meriam dengan tinggi 4 lantai dan panjang 50 meter. Total berat meriam mencapai 1350 ton.



Dalam perang dunia ke 2, Amerika memiliki divisi pasukan hantu atau Ghost Army. Pasukan ini berjumlah 1100 orang, bertugas untuk menyesatkan atau mengintimidasi pasukan Jermanhttps://www.youtube.com/upload. Mereka bukan pasukan bersenjata tapi lebih terlihat sebagai artis.

Tank Rusia T-72 bekas bisa dibeli bila tertarik. Salah satu tank bekas T-72 seberat 45 ton dapat dipesan di negara Ceko. Kabarnya mereka akan menganti tank T-72 ke tank resmi dari Nato.

Tank T14 adalah tank universal. Disebut sebagai tank Armata sebagai tank utama dalam pertempuran. Rincian kemampuan tank T-14 baru diumumkan ke publik. Salah satu teknologi pengisian peluru otomatis, dan perlindungan pasukan di dalam tank.

Tank PL-01 Obram masih dalam disain konsep, bentuknya sudah jadi. Tapi tank ini tidak bisa terditeksi oleh misil infrared. Karena tank ini mampu meredam semua panas dari badannya sendiri, menjadi malam mengerikan bagi tank musuh



Mungkin hanya terjadi di Suriah, militer yang memerangi rakyatnya sendiri dengan tank. Atau video ini adalah himbauan kepada dunia internasional untuk melihat lebih jelas keadaan negara Suriah. Apakah tank T-72 mampu menghadapi perang kota.

Meriam M65 adalah senjata artileri dengan kepala bom atom. Jaraknya hanya 11km saja. Mungkin jaraknya tidak terlalu penting mengingat kekuatan bom ini adalah ledakannya. Luas kerusakan satu peluru saja sangat luas.

Mesin yang membawa barang berat dan sangat besar. Dari pesawat Endeavor, bagian pesawat pembom B1, teleskop, roket pendorong bisa diangkut dengan kendaraan di darat

Senjata mesin Dillon Aero M134D Minigun sebuah senjata gatling dalam ukuran mini. Mampu menembakan 3.000 peluru permenit. Bagaimana senjata ini bila direkam dalam gerak lambat.

Fotographer mengabadikan momen paling tepat, di waktu yang tepat dan tempat yang nyaris tidak tepat.

Baru baru ini Rusia mengembangkan sebuah tank ringan yang disebut BMPT , khusus untuk menyerang di zona perkotaan. BMPT disebut sebagai tank Support Fighting Vehicle, dirancang sejak 1995 oleh industri Uralvagonzavod. Fungsi tank ini untuk melindungi tank besar dari serangan infantri.


No popular articles found.