Uranium Soviet sekarang jadi power listrik di Amerika


News | 12 December 2013

Soviet memiliki bom nuklir sangat banyak di era perang dingin. Setelah menjadi negara Rusia, sekitar 500 ton uranium dari senjata nuklir di nonaktifkan menjadi bahan bakar nuklir dan dijual ke Amerika Serikat.

Disebut program Megatons ot Megawatts dari kesepakatan di tahun 1993, pengirman terakhir sudah sampai Selasa kemarin di Amerika. Dan uranium disimpan di fasilitas penyimpanan.



Kesepakatan program diatas diawali oleh Philip Sewell dari U.S. Department of Energy, dia berkunjung ke Rusia setelah terjadinya pembubaran negara Uni Soviet. Akhirnya berhasil berbicara dengan Rusia untuk menyingkirkan uranium dari bom nuklir yang surplus tersebut bagi Amerika. Pastinya Amerika membeli uranium dari Rusia.

Rusia mendapatkan 17 milyar dollar dan Amerika mendapatkan bahan bakar uranium. Bahkan hampir selama 15 tahun terakhir ini, l0% listrik di Amerika dihasilkan dari pembakaran uranium Rusia. Begitulah cerita perang dingin yang sudah berakhir. 20.000 bom nuklir sebagian dirancang untuk menghancurkan kota besar di Amerika. Sekarang malah menjadi cahaya lampu dirumah Amerika.

Berita terkait
Masih ingat tentang tragedi pembangkit nuklir Chernobyl Soviet yang meledak, bagaimana kehidupan tanpa manusia disana. Sekarang sedang ditutup dengan plat baja berbentuk kubah. Itu kejadian 26 April 1986 meledakan satu mesin reaktor nuklir RBMK. Selesai ditutup dan dilupakan sampai ditemukan teknologi baru.

Meriam M65 adalah senjata artileri dengan kepala bom atom. Jaraknya hanya 11km saja. Mungkin jaraknya tidak terlalu penting mengingat kekuatan bom ini adalah ledakannya. Luas kerusakan satu peluru saja sangat luas.



Mengunakan teknologi supercepat dengan fusi nuklir, sebelumnya hanya sebatas film fiksi. Ada kemungkinan ilmuan menemukan cara dengan teknologi ini. Fisika dibelakang ilmu roket fusi sudah dibuktikan di laboratorium. Satu lagi teknologi roket pendorong Hall Thurster

Departemen energy Amerika akan menghancurkan bom nuklir terakhir yang disebut "monster weapon. Tipe B53 Nuclear Warhead memiliki kekuatan setara 9 megaton atau setara 750x bom atom yang diberikan ke kota Hiroshima.

Data terbaru yang diungkap, energi solar cell saat ini bisa ditawarkan dengan harga 14 sen atau kurang untuk per KWh. Sementara nuklir membutuhkan dana 14-18 sen untuk per KWh.




No popular articles found.