4 tahun lalu WD mengambil perusahaan HGST, divisi perusahaan harddisk Hitachi.

HGST menawarkan teknologi dengan harddisk gas helium, untuk menambah kapasitas harddisk dengan menurunkan gesekan head dari harddisk konvensional dengan udara biasa.

Tahun 2016, harddisk WD dengan produk dari HGST sudah terjual 10 juta unit.

Harddisk Helium awalnya masih uji coba, dikhawatirkan kemampuan harddisk lebih rendah dibanding harddisk konvensional. Karena kapasitas harddisk dapat ditingkatkan sampai 10TB.

Dengan 10 TB dibutuhkan 7 platter (piring harddisk). Gas helium memiliki kerapatan lebih rendah dibanding udara. Membuat platter harddisk dibuat lebih rapat untuk menambah kapasitas harddisk.



Dengan menambah kapasitas, akan berbanding dengan pemakaian energi. Seperti server dapat meningkatkan jumlah kapasitas storage harddisk tanpa menambah tempat baru.

Harddisk HGST Ultrastar HE8 besaing dengan Seagate 10TB dengan teknologi yang sama.

Sejarah harddisk Helium dimulai September 2015. Ketika perusahaan harddisk tersebut membuat produk harddisk 10TB dengan SMR Shingled magnetic Recording.
Satu tahun setelah produk pertama tampil UltraStar HE10 dengan 10TB, tapi mengunakan teknologi PMR Perpendicular Magnetic Recording dan tidak mengunakan SMR seperti disain pertama. Dengan PMR kecepatan harddisk lebih cepat.

Kedepan akan tampil 12TB. Seagate sudah mengumumkan model harddisk 12TB, tapi secara teknologi dijelaskan apakah mengunakan teknologi harddisk saat ini. Atau mungkin akan mengunakan teknik baru seperti HAMR atau BPMR HDMR.