Pesawat terbesar di Dunia dari Soviet, Amerika dan Eropa


Stuff | 13 April 2019

Pesawat terbesar di abad 21 Cro Stratolaunch Juni 2017 keluar dari hanggar pertama kali

Satu pesawat yang sedang dibangun adalah pesawat Roc Liar disingkat Roc atau Stratolaunch

Pesawat ini memiliki lebar sayap paling besar, mencapai panjang 117 meter. Pesawat Roc atau Stratolaunch di rancang untuk membawa roket ke ruang angkasa. Disebut dengan nama lain Stratolaunch Carrier Aircraft.

Roket untuk ke ruang angkasa dibawa terlebih dahulu dengan pesawat tersebut. Sampai ketinggian tertentu baru  dilepas dan roket melanjutkan penerbangan ke antariksa yang lebih tinggi.

Dana pembuatan pesawat Roc adalah seorang yang paling dikenal di dunia teknologi. Namanya Paul Allen salah satu pendiri perusahaan Microsoft. Pesawat dirancang dengan kemampuan membawa beban 540 ton termasuk badan pesawat dan roket serta modul. Panjang badan pesawat ke arah belakang relatif lebih pendek dan bentangan sayapnya belum dikalahkan model pesawat lain. Dipasang mesin pesawat sampai 6 unit.

Mungkin ada yang mengatakan, pesawat ini tidak akan terbang. Karena terlalu besar atau mungkin nantinya terlalu berat. Tunggu dulu, disini berbicara dengan nama orang terkaya di dunia. Dan proyek pengerjaan pesawat Roc ditangani oleh Gary L Wentz sebagai kepala insiyur Nasa.

Pesawat sedang dirakit di Mojave California. Gambar diibawah adalah bentuk pesawat Roc. Dan lingkaran pada gambar kedua perbandingan teknisi yang sedang merakit pesawat. Bagian ketiga dengan lebar sayap mencapai 117, menjadi pesawat dengan sayap paling lebar.

Roc memiliki 12 tiang roda dan 28 roda pesawat. Rencananya pesawat ini mulai beroperasi pada tahun 2018. Roket yang dibawa pesawat ini untuk tipe roket Thunderbolt dengan sistem 3 tahap.Sedangkan mesin pesawat mengunakan 6 mpdel Pratt & Whitney PW4056.

Untuk mesin Roc tidak mengunakan mesin baru, tapi diambil dari mesin pesawat bekas Boeing 747-400. 2 pesawat United Airlines Boeing 747-400 kabarnya sudah di dapat untuk pesawat Roc dan disimpan di Mojave Air & Space

Bentuk gambar pesawat Roc


Juni 2017


Stratolaunch pertama kali keluar dari hanggar. Informasi terakhir berat pesawat ini mencapai 580 ton dengan 6 mesin jet. Memiliki tinggi hampir 20 meter, dengan 28 roda. Mampu terang sampaia ketinggian 11 ribu meter dari permukaan laut. Menghabiskan biaya 21 miliar dolar.

Pesawat Roc sebagai pesawat angkut terbesar untuk membawa roket

September 2017
Pesawat baru menyalakan 6 mesin turbofan Pratt & Whitney untuk pertama kali. Dan 6 tangki bahan bakar yang terpisa di isi untuk memastikan pengoperasian yang benar dan pemeriksaan segel tanki.
Beberapa bulan lagi, pesawat akan dicoba. Jadwalnya tahun ini pesawat sudah dapat terbang. Namun dari jadwal yang diberikan mungkin memakan waktu lebih lama.

April 2019
13 APril 2019 pesawat telah berhasil di uji coba terang. Terbang perdana di Gurun Mojave.
Pesawat baru tahap pengujian, untuk sistem kontrol, kalibrasi kecepatan dan manuver termasuk menaik dan menurunkan hidung pesawat seperti simulasi peluncuran roket.
Paul Allen salah setu pendiri Microsoft bersama Bill Gate yang memiliki perusahaan Stratolauncher sendiri tidak dapat melihat hasil karyanya. Karena meninggal akibat penyakit kanker di tahun 2018 dalam usia 65 tahun.

Pesawat Stratolancher Roc berhasil uji terbang 13 April 2019

Juni 2019
Proyek Stratolaunch kabarnya tidak dilanjutkan. Setelah pesawat tersebut membuktikan dapat terbang setelah pengembangan 8 tahun.
Proyek tersebut akhirnya ditutup

+ Twit Startolauncher

Berita terkait
Boeing 777X akan diuji coba tahun 2019. Mengunakan mesin ganda jet terbesar di dunia. Kali ini disain jet penumpang dirancang berbeda, dari sisi jendela dan ruang bagasi di cabin dibuat verikal. Dengan sayap lipat, memudahkan pesawat parkir di bandara yang tidak memiliki cukup ruang.

Airbus memiliki pesawat Beluga atau A300-600ST super transporter. Pesawat ini bertugas membawa suku cadang pesawat dari satu pabrik ke pabrik lain untuk proses perakitan. Ada 5 pesawat Beluga yang dioperasikan Airbus. Nantinya bertambah dengan Beluga XL tahun 2019



Pesawat Boeing KC-46 tanker udara. Lebih besar, mampu mengisi bahan bakar pesawat angkut sampai militer di udara. Selain Amerika, Jepang telah memesan  tanker terbang ini. Indonesia masih mempertimbangkan antara Boeing dan Airbus, sesuai kebutuhan pesawat yang ada.

Pesawat yang awalnya dikenal dengan Dragon adalah tipe AG600 seukuran Boeing 737, dengan lebar sayap 39,9 meter dan panjang 37 meter. Pesawat AG600 mampu membawa 50 penumpang tapi pemakaiannya bukan untuk membawa penumpang saja. Dapat dijadikan pesawat pemadan kebakaran

Pesawat jet Thunderbolt A-10 dengan nama Warthog dirancang khusus untuk penghancur tank. Membawa senjata mesin tipe GAU-8 yang ditanam di depan hidung pesawat seukuran VW kodok. Tetap dioperasikan sampai tahun 2022, sisa pesawat mungkin mendapat sayap baru. Rahasia kekuatan Thunderbolt tank terbang.

Hanya 4 negara memiliki pesawat legenedaris ini. Mirip F-14 Tom Cat, Amerika memiliki 250 pesawat dan tidak pernah di jatuhkan dalam pertempuran udara. Jepang merubah dengan nama Mitsubish. Memiliki kekalahan nyaris 0 dalam pertempuran udara.

Helikopter membawa beban paling berat. Memiliki daya angkut 10 ton sampai 20 ton. Dimiliki oleh Rusia dengan beban paling besar adalah Mil Mi-26. Sikorsky CH-53K beban angkut ekternal dan helikopter terbang paling tinggi, disusul Changhe Z-18 dari China menjadi helikopter kedua yang memecahkan rekor terbang sampai 9000 meter.



Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber, menjadi pertahanan udara paling mahal milik Amerika. Tidak aktif terakhir tahun 2013, kembali melakukan serangan pada Januari 2017. Mengapa pesawat ini harus melakukan misi di Libia. Walau disana tidak ada yang membahayakan bagi serangan udara.

Konstruksi jalan diatas direkam di Tverskaya Street. Segerombolan kendaraan konstruksi melapis luas jalan 32 ribu meter persegi dengan 8 ribu ton campuran aspal. Puluhan truk pengangkut aspal panas, 6 kendaraan untuk meratakan aspal, dan entah berapa  banyak kendaraan untuk mengiling aspal hingga rata.

Ketika pesawat mendarat dan mendapat arus angin dari samping atau Crosswind. Menjadi salah satu pengalaman kurang baik batgi pilot dan penumpang. Yang ini pesawat Airbus A380 sebagai pesawat jet komersil terbesar di dunia tidak luput dari tekanan angin kuat ketika mendarat di bandara Dusseldorf

China membangun pesawat jet sendiri sampai satelit pencitraan. Dari pesawat stealh jet fighter, tank, rudal anti pesawat dan pesawat cargo. Peralatan perang China akan ditampilkan ke publik tapi semuanya untuk dijual

Walau pesawat Harrier sudah berumur tua, teknologi pesawat ini baru tergantikan oleh pesawat buatan Amerika. Pesawat Harrier mampu tinggal landas dan mendarat secara vertikal. Roda depan pesawat bermasalah, tapi pesawat bisa mendarat tepat di depan penyanggah

Pesawat jet pribadi dengan kecepatan supersonic sedang dirancang. Aerion AS2 telah dibuat dengan ukuran kabin lebih besar, dan tenaga ekstra untuk mesin. Mengunakan rancangan sayap SNLF - Supersonic Natural Laminar Flow dan sudah diuji di terowongan angin.

Apakah ada yang tertarik memiliki pesawat pembom tua Tupolev Tu 95MS Bomber. Pesawat jenis ini terbang tahun 1952 dan beroperasi di tahun 1956. Harganya lebih murah dari  mobil sport nomor wahid.



Mesin yang membawa barang berat dan sangat besar. Dari pesawat Endeavor, bagian pesawat pembom B1, teleskop, roket pendorong bisa diangkut dengan kendaraan di darat

Israel memiliki perlindungan dengan pencegat rudal balistik. Menjadi pertahanan rudal paling canggih saat ini. Sistem pertahanan tersebut bukan untuk membalas, hanya mencegah. Disebut Arrow III sebagai rudal intercept terbar

Ini bukan perang melawan Alien atau skenario pembuatan film Independence Day 2. Parade pesawat ini memang nyata, ada 25 pesawat F 117A Nighthawk Black Stealth Fifhter terbang dalam formasi bersaama.

Kali ini ala Chuck Norris melakukan slit diantara 2 pesawat jet cargo Lockheed C-5 Galaxy. Pesan Natal dan Tahun Baru 2013 paling keren

Amerika tahun lalu memiliki jadwal 9,8 juta penerbangan. Dibanding pesawat jaman dulu yang mengunakan kontrol manual. Teknologi pesawat saat ini mengunakan teknologi digital. Pilot hanya perlu mengawasi instrumen  ketika auto pilot diaktifkan.

Pesawat DC10 buatan McDonnel Douglas dengan 3 mesin, 2 mesin di sayap dan satu lagi di bagian belakang. Terakhir di operasikan oleh Bisman Airlines dan akan dipensiunkan. Pesawat DC10 adalah pesawat yang handal dan terbang sangat tenang. Layaknya mobil Cadillac Fleetwood tua.

Prototipe generasi ke 5 jet tempur Rusia ini masuk kategori jet stealth fighter. Pesawat ini baru mendarat pada 11 November di Zhukovsky, sekitar 40km di dekat Moscow.

Pesawat lago kelas Boeing 747 yang sudah di modifikasi salah masuk landasan. Mendarat di landasan yang kecil bahkan tidak memiliki menara kontrol. Pesawat berhasil mendarat di landasan yang pendek, masalah kedua take off

Satu pesawat remote control dengan bentuk Airbus A380. Panjang sayap 5,3 meter dan panjang badan 4,8 meter. Berat pesawat RC ini mencapai 70kg. Apakah pesawat mainan ini bisa terbang.

Caspian Sea Monste dirancang unik oleh insinyur pesawat Soviet. Mampu terbang diatas permukaan air dan menembak musuh dengan roket. Pesawat rahasia ini tidak diungkap ke publik ketika perang dingin berlangsung.

Wolfe Air sebuah perusahaan untuk merekam video di dunia penerbangan, film biaya rendah, militer sampai iklan komersil jet pribadi. Sebagian orang mungkin sulit membayangkan, bagaimana membuat video di udara. Wolfe Air inilah yang menangani bidang tersebut.

Pilotnya memang jago, menghitung kemungkinan kurang baik dalam pendaratan pesawat. Dan memutuskan kembali terbang. Direkam tahun lalu di bandara Manchester, ketika terjadi angin kencang.

Satu foto diposting oleh departemen pertahanan Amerika. Memperlihatkan pesawat cargo militer C 17 Globemaster III sedang di isi bahan bakar di udara tengah malam oleh satu pesawat 151 Air Refueling Wing

Pesawat Stealh Fighter buatang Tiongkok model J-31. Mengunakan mesin buatan Rusia, menjadi pesawat generasi ke 5 dan sekelas F-34 Lighting II, ukurannya lebih kecil dari F-22, J20 dan Pak-fa.

Hanya 32 unit saja yang pernah dibuat untuk pesawat mata mata militer, 12 lainnya hilang atau rusak.

5 pemilik pesawat jet pribadi. Perusahaan besar memerlukan pesawat pribadi untuk pemimpin perusahaan. Pesawat jet perusahaan umumnya digunakan untuk mempersingkat waktu perjalanan. Walau biayanya tidak murah, beberapa perusahaan besar membeli pesawat bagi para staf eksekutif

Sebuah airport di Eropa memiliki tempat yang dibelah oleh jalan bebas hambatan. Satu sisi untuk 2 landasan pesawat, di sisi lain sebagai tempat bandara menurun naikan penumpang. Pesawat harus menyeberang diatas jalan tol melalui satu jembatan.




No popular articles found.