Juni 2017
Setelah 5 bulan berlalu, harga VGA AMD kembali normal. Sebelumnya banyak penambang Cryptocurrency membeli VGA AMD untuk menambang uang virtual. Minggu ini semua harga VGA AMD kembali seperti biasa.

AMD tidak pernah menjelaskan mengapa VGA high end mereka sangat sedikit di pasaran, sampai harganya sempat mengila pada bulan Desember tahun 2016 lalu. Akhirnya terungkap VGA dapat digunakan untuk program Cyrptocurrency seperti Bitcoin.

Cerita pengunaan VGA untuk menambang Bitcoin dan LItecoin masih berlanjut.
Giliran Radeon RX570 dan RX 580 lenyap dan sulit di dapat di Eropa. Sejak AMD mengeluarkan kedua VGA pada 18 April 2017, harga VGA yang ada hanya model premium. Radeon RX 580 bahkan hanya tersedia untuk harga $295.
Dari 22 model Radeon RX 580 dengan VRAM 8GB dari berbagai merek. Hanya 7 model yang masih ada di pasaran. Di Eropa bila ada yang mencari Radeon RX 580 paling murah sekitar 260 euro, tapi tidak ada stok.
Radeon RX 570 lebih parah lagi. Dari 17 model hanya 3 yang ada di pasaran tentu dengan harga lebih mahal.
Pengila Cryptocurrency tidak membeli VGA kelas 100 dollar, karena kurang baik dibanding mengunakan VGA high end. VGA Radeon RX 550 $80, dan RX 560 $110 masih banyak tersedia.

Beruntung pengila Bitcoin sudah melirik produk dari Nvidia seperti GTX 1060 dan GTX 1070. Atau jangan jangan Nvidia juga akan habis dipasaran nanti.
Ternyata itu hanya berita terbaru, cerita harga VGA naik masih berlanjut.

Bitcoin membuat harga VGA naik lagi

Juli 2017
Kabar terbaru komponen computer VGA kelas menengah dan atas, sebagian besar di beberapa negara tidak tersedia. Kecuali VGA kelas premium yang dijual lebih mahal.
Satu lagi komponen yang diburu pengila Bitcon mulai mengunakan board tipe Intel Z170 dan Z270.



Chipset motherboard memiliki slot PCIe dan M.2, membuat grafik card lebih cepat untuk menambang Ethereum. Katanya biaya lebih murah dan pemakaian power lebih rendah dengan beberapa GPU, satu board, satu CPU dan satu memory card tambahan.

Board Z270 hanya tersedia model high end. Yang murah sudah diborong oleh penambang Ethereum.
Dengan dengan 7 PCIe slot dan 1 PCIe 4x melalui M.2 dapat dipasang 8 VGA.

Ethereum jatuh, buang VGA ke pasar lelang
Setelah harga VGA naik karena digunakan untuk menambang Cyrptocurrency. Satu mata uang virtual Ethereum mendadak jatuh, dan nilainya tinggal separuh. Juni 2017 satu koin naik mencapai $400, tapi Juli ini turun dibawah $200.
Mereka yang membeli hardware computer untuk menambang Ethereum merasa rugi, karena biaya listrik untuk penambang mata uang Ethereum jatuh dan tidak menguntungkan.
Beberapa dari komponen sempat jual ke pasar barang bekas. Sebagian beralih ke penambang berbeda.

Agustus 2017
Produsen menawarkan VGA khusus untuk menambang uang virtual. Tapi bila anda ingin ikut, jangan membeli VGA standar untuk menambang Bitcoin.

Produsen Inno3D memiliki VGA model GeForce GTX 1060 6GB tapi ditempelkan pada bagian sticker tidak sesuai untuk menambang Kripto. Kalau rusak garansi tidak berlaku.
Mengapa Inno3D memberikan peringatan tersebut. Karena VGA ada yang dipaksa bekerja nonstop 24 jam untuk urusan Kripto
Walau pengumuman tersebut tidak membuktikan garansi akan hilang akibat pengunaan biasa atau digunakan untuk Kripto.

VGA dengan Bitcoin garansi akan hilang bila VGA rusak

November 2017
Laporan dari 20 negara di Eropa. Meningkatnya pemburu Bitcoin dengan menambah kemampuan computer, membuat konsumsi listrik naik. Karena sistem computasi computer dibutuhkan untuk mengali mata uang virtual tersebut. Kebutuhan listrik di 20 negara di Eropa meningkat, hanya 3 negara di Mesir, Afrika Selatan dan Aljazair untuk benua Afrika.
Kebutuhan penambangan Bitcoin setahun membutuhkan power 29,06 Terra Watt jam, atau 0,13% kebutuhan listrik dunia.
Artinya pemakaian listrik pada computer Bitcoin naik 30% pada tahun lalu saja.
Puncaknya pada Desember 2017 sampai Januari 2018, semua harga VGA terus merangkak naik mencapai puncaknya

Januari 2018
China dikabarkan akan menerbitkan aturan pengoperasian computer untuk bitcoin. Kabar bocoran dokumen ke Bloomberg dan Reuters telah melaporkan bahwa China akan membatasi pasokan listrik bagi penambang bitcoin.

Beberapa perusahaan yang menawarkan perangkat untuk penambangan Bitcoin.
Pada dokumen yang ada, pemerintah China akan mengatur dan melakukan tindakan. Terkait dengan harga listrik, pengunaan lahan, pajak dan perlindungan lingkungan. Serta kantor daerah diminta laporan berkala atas dari aktivitas fasilitas penambang bitcoin di daerah mereka.



Kekhawatiran China karena pengunaan listrik layanan sejenis yang mengunakan power terlalu besar dan semakin meluas.
Karena China penyumbang 2/3 kekuatan proses penambangan uang virtual bitcoin.
Disana industri yang memproduksi hardware khusus untuk penambang bitcoin.

Sedangkan perusahaan / perorangan akan terus menambah kekuatan perangkat mereka, bedampak dengan energi listrik yang meningkat.
Perusahaan penambang umumnya mencari daerah yang tidak terkena larangan energi, seperti harga listrik murah di sekitar daerah tambang batubara Xinjiang dan Mongolia.
Beberapa penambang bitcoin kabarnya pindah ke luar negeri seperti Amerika dan Kanada.
Tapi dari perusahaan penambang bitcoin Bitmain yang berbasis di Beijing, mereka memiliki beberapa lokasi fasilitas computer terbesar di dunia. Dan belum mendengar aturan baru dari pemerintah.

Bagaimana bila penambang yang terpencar seperti di daerah terpencil dan sengaja disebarkan, tentu akan sulit terditeksi. Seperti di daerah pengunungan Sichuan atau Yunnan. Harga listrik disana yang murah hanya 2 sen  perkWh atau setara Rp. 290/kWh. Karena energi listrik perusahaan listrik hydro murah menarik perusahaan penambang Bitcoin.
Perusahaan industri mencoba menarik para penambang untuk mengunakan listrik mereka dengan potongan harga.
Alasan mengapa harga listrik murah disana, karena energi listrik sebenarnya tidak banyak terpakai. Alias surplus di produksi tapi tidak dapat dialirkan ke jaringan negeri.
Kebutuhan satu pabrik penambang mencapai 40MWh perjam, setara kebutuhan 12 ribu rumah. Dan biaya listriknya $39.000 perhari walau sudah mendapat potongan harga.

7 tempat perusahaan penambang bitcoin terbesar memiliki 21 ribu mesin computer. Mencapai kekuatan 4% proses jaringan bitcoin global.
Tempat lain memiliki 4000 computer untuk layanan Litcoin.

Seluruh computer bekerja 24 jam, 7 hari seminggu dan 365 hari. Dibutuhkan tim perawatan, satu lokasi dapat mempekerjakan 20 orang karyawan yang berjaga siang malam.
Salah satu bangunan penambang di daerah Mongolia, mengunakan tabir untuk penahan debu gurun. Di dalam gedung terdengar suara bising computer yang bekerja. Ditambah kipas besar untuk pendingin ruangan. Walau suhu di luar pada musim panas mencapai 30 derajat. Di dalam dijaga antara 15-25 derajat C.

Seorang karyawan yang menjaga computer, tidak pulang kerumah walau pekerjaannya secara fisik tidak melelahkan. Mereka tinggal di asrama perusahaan dan menjaga setiap computer tetap bekerja. Sedangkan di belakang dipasangkan tranformator besar untuk arus listrik computer. Untuk cuti harus mengajukan ijin, karena computer perlu dijaga nonstop.

Dapat dilihat gambar dibawah ini. Jasa layanan penambang bitcoin dalam skala besar.

Bitcoin perusahaan penambang China

Eropa juga mengalami masalah stock VGA. Dealer mengatakan harga naik 15-25%, dan pengiriman baru tiba Maret 2018.
Kebutuhan VGA bukan dari penambang Bitcoin, tapi Ethereum sebelumnya banyak mengunakan VGA.
Power supply 1000W+ tampak kosong di toko retail, walau masih tersedia di gudang distributor untuk persediaan saja.


Penambang di Jerman mulai mencari stock dari Amerika, seperti toko Newegg walau impor VGA akan lebih mahal. Tetap mereka beli.

Februari 18
November 2017 lalu, di negara Jerman untuk procesor Ryzen ramai digunakan untuk penambang . Februari 2018, terlihat Intel dengan Coffee Lake arsitek memiliki 6 core 12 thread juga sulit ditemukan di pasaran.
Core i7 8700K mencapai penjualan tertinggi, sebelumnya Core i7 7700K paling dicari penambang uang virtual.
Januari 2018, 58% procesor mendominasi computer Mindfactory dan sebagian 42% AMD.

Mei 2018
Harga VGA Nvidia terlihat mulai surut bulan Mei 2018. Nvidia masih bertahan dengan rata rata diatas 10% dari harga tahun lalu.
Kecuali VGA Nvidia 1080 Ti untuk kelas performa terlihat masih mencapai $900, walau di rilis seharga $700.

Harga VGA AMD masih tidak karuan. Mencapai harga diatas 30% dari harga awal.
Bahkan masih mencapai 50% untuk VGA performa seperti Radeon RX Vega 56 dan Vega 64.


Harga VGA Mei 2018