-
Oktober 2016
Misi Rosetta berakhir, setelah melakukan tugas mengejar komet 67P. Pesawat ruang angkasa Rosetta akan jatuh dengan sendirinya di permukaan komet.

ESA sebagai badan antariksa Eropa, memperlihatkan cerita para ilmuwan dengan komet yang mereka kejar, Pesawat ruang angkasa Rosetta akan dimatikan alat transmiter agar tidak menganggu sinyal pesawat ruang angkasa lain.

Dari detik terakhir tugas pesawat Rosetta untuk mengabadikan gambar terakhir dengan resolusi paling tinggi yang bisa di dapat.



Februari 2015
Video dirilis oleh ESA, 14 Februari 2015 lalu Rosetta terbang lebih dekat ke permukaan komet dan berada pada jarak 6km. Rosetta tidak lagi mengorbit di komet, tapi melakukan serangkaian Flyby untuk penelitian. Baru 70% permukaan komet 67P dipetakan. Tahun ini posisi lain dari komet diharapkan bisa diambil gambarnya oleh Rosetta.



Januari 2015
Apa yang ditemukan oleh Rosetta ketika berhasil mendapatkan data di komet 67P. Komet yang membawa spektometer massa dapat membandingkan air yang ada di komet dan di bumi. Ternyata teori dari komet yang menabrak bumi jutaan tahun lalu, sampai membentuk planet bumi dan membawa air kemungkinan berbeda dengan hipotesa sebelumnya. Rosetta menaruh sebuah kotak yang disebut GIADA untuk mengumpulkan partikel di komet. Dan mempelajari ukuran butiran debu yang disebut Coma di komet. Serta mengukur ukuran dan kerapatan debu, untuk mengungkap awan yang sering muncul ketika komet selalu memiliki buntut yang menjauhi matahari. Setelah dua bulan berada disana, partikel yang ditemui bervariasi antara air dan gas CO. Misi Roseta sudah berhasil, tapi penelitian ini masih berlanjut sampai 6 tahun kedepan. Untuk meneliti komet lebih lanjut setelah memutar dan menjauh dari  matahari.

Update November 2014
Probe kecil sudah dilepas dari satelit Rosetta. Probe Phile yang akan mendarat di atas komet kabarnya sempat mental 2x, karena jangkar yang ditembakan gagal menyebar. Phile sudah berhasil mendarat tapi menurut tim ESA posisinya kurang baik , diperkirakan berada di tepi tebing permukaan komet. Sehingga probe akan kesulitan melakukan pengeboran untuk menganalisa komposisi bahan dari komet. Gravitasi di komet P67 hanya seper-100.000 dari gravitasi bumi. Setidaknya Phile sudah mengambil gambar dari dekat dengan permukaan komet.

Kabar terbaru posisi Philae sudah bisa melakukan pengeboran, tapi menunggu mendapatkan tenaga surya untuk baterai.





Update Oktober 2014
Ilmuwan melihat gambar di komet 67P yang sedang dikejar oleh pesawat Rosetta. Bentuknya tidak berbeda seperti bumi. Memiliki bukit pasir walau tanpa memiliki atmosfer. foto dibawah ini diambil dari jarak dekat 7,4km diatas komet 67P. Pada tanggal 15 Oktober 2014, pesawat Rosetta masih berjarak 10km ke titik inti komet. Atau 7.9km dari permukaan komet.

Awalnya komet diperkirakan mengandung : Water (H2O). Carbon monoxide (CO). Carbon dioxide (CO2). Ammonia (NH3). Methane (CH4). Methanol (CH3OH)
Berdasarkan sensor di Rosetta menunjukan beberaapa bahan tambahan seperti : Formaldehyde (CH2O), Hydrogen sulphide (H2S), Hydrogen cyanide (HCN), Sulphur dioxide (SO2), Carbon disulphide (CS2)

Bila disana bisa dicium baunya, anda tidak akan berharap bau yang ada disana. Disana seperti bau telur busuk (hidrogen sulfida, amonia, dan mencekik seperti bau formalin  Peneliti ingin mencari seperti apa perbedaan bahan dari komet 67P dengan komet lain. Seperti komet yang berasal dari sabuk Kuiper Belt dengan daerah awan Oot yang sangat jauh seperti komet Sliding Spring yang baru melintas di atas Mars.

Tujuannya untuk mendapatkan wawasan tentang bahan dasar kimia dari masing masing area nebula sampai muncul kehidupan seperti di bumi.

Foto closeup dari komet 67P dibawah ini.

Photo Comet P67 via Rosetta Space

Foto dibawah diterbitkan oleh badan antariksa ESA. Posisi pesawat ruang angkasa Rosetta di ketinggian 2,7km diatas komet dan melepas sebuah rover Phelai ke permukaan komet 67P.
Cerita seperti diatas, rover ternyata mendarat tapi mental kembali karena gravitasi yang lemah. Akhirnya rover berhasil mendarat tapi ditempat berbeda.
Urusan di ruang angkasa, tim badan ruang angkasa tidak bisa memonitor secara langsung. Seperti dimana rover yang mereka lepas dan mendarat.

Coba dilihat pada foto permukaan komet 67P. Dan cari posisi keberadaan pesawat rover yang hilang seperti gambar di sisi kanan. Ketika rover Phelai sempat menghilang..



Blog ESA