Science | 9 December 2013

Bumi masa depan dan berakhir


Setelah melewati 1 miliar tahun kedepan

Bagaimana dengan Bumi selanjutnya.

Cerita setelah 1 miliar tahun akan berbeda. Matahari akan semakin terang, lebih terang sekitar 10% dari sinar yang dilihat saat ini.

Sebagian permukaan bumi akan mengering menjadi daratan. Tidak ada hujan lagi dan daratan menjadi gurun mati, tersisa laut yang tidak akan memberikan penguapan air hujan. Tidak bisa diprediksi seperti apa kondisi di bumi pada saat itu. Dengan catatan posisi bumi tidak berubah dengan matahari. Karena dalam beberapa juta tahun dari sekarang, galaksi kita akan bertabrakan dengan galaksi Andromedia



Galaksi Andromeda adalah galaksi terdekat dengan Bimasakti (Milky Way). Jaraknya antara galaksi Bima Sakti dan Andromeda sekarang sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Tapi pada 2,9 miliar tahun kedepan kedua galaksi akan berbeda.

Galaksi Andromedia dapat terlihat di angkasa, karena kedua galaksi Andromeda dan Bima Sakti akan bergerak saling mendekat. Bila manusia masih tinggal di bumi, cahaya bintang yang terlihat akan jauh lebih ramai, karena cahaya dari bintang di galaksi Andromedia.

Galakasi Andromeda saat ini sedang bergerak dengan kecepatn 45km perdetik ke arah galaksi kita Bima Sakti.



3,8 miliar tahun nanti, galaksi Andromedia perlahan akan benar benar bertabrakan dengan galaksi Bima Sakti.

Banyak sistem tata surya akan hancur, apa yang terjadi ketika kedua galaksi bertabrakan tidak bisa diprediksi. Mungkin bagian kecil akan selamat dan membentuk tata surya baru. Sebagian lagi saling bertabrakan secara perlahan.



Tapi proses pengabungan berjalan lambat. Kedua galaksi yang bergabung akan memunculkan bintang baru. Sampai 5,5 miliar tahun kedepan beberapa galaksi kecil atau satelit galaksi ikut masuk menjadi satu.

Tabrakan galaksi Bima Sakti dan Andromedia

3.5 miliar tahun setelah itu. Seandainya Bumi dan matahari masih tetap berada ditempatnya lagi.

Matahari semakin cerah bersinar, lebih terang 40% dari cahaya yang ada seperti sekarang. Laut akan mengering, manusia tidak akan hidup lagi di bumi karena semua cairan (air laut) akan menguap. Dimulai era planet Bumi seperti planet Merkurius atau Venus yang panas.





5,4 miliar tahun kedepan. Matahari mendekati masa kehabisan bahan bakar hidrogen yang memberikan pembakaran sebuah bintang.

Tahun tersebut, matahari akan memasuki tahap pertama sebagai bintang merah. Ukurannya akan membengkak menjadi 1,6 sampai 2,2x lebih besar dari ukuran saat ini.



6 miliar tahun kedepan. Hanya dalam waktu 600 juta tahun setelah tahap matahari mulai membesar.

Matahari akan benar benar membengkak lebih cepat. Ukurannya menjadi 170x lebih besar dan cahayanya 2400 kali lebih terang dari sekarang. Matahari akan terlihat amat sangat besar seperti gambar dibawah ini.



6,5 miliar tahun kedepan. Bila bumi selamat dan matahari tidak akan mengoreng semua permukaan planet bumi. Walau kemungkinan besar tidak, bila bumi sudah terkena panas matahari dalam ratusan juta tahun.

Matahari akan kembali menciut. Tapi ukurannya akan bertahan sampai 10x dari ukuran sekarang, dengan kekuatan sinar 40x lebih terang dari saat ini.

Karena matahari sudah memasuk tahap kematian, bumi sudah lebih dahulu hancur dengan permukaan berbatu dan total mematikan semua kehidupan.



6,8 juta tahun kedepan. Kehancuran bumi belum selesai.
Matahari akan memasuki tahap ke 2 sebagai bintang merah raksasa. Matahari yang sudah membakar semua hidrogen, kekuatan gravitasi di inti matahari semakin lemah.

Dampaknya pada kekuatan gravitasi matahari untuk menahan gas karbon dan hidrogen semakin rendah dan lemah. Ukuran matahari akan kembali membesar dan terus membengkak menjadi 180x, dan cahayanya naik menjadi 3000x sangat terang dari sekarang.

Disinilah tahap bumi akan masuk ke dalam atmosfer gas matahari dan ditelan oleh panas matahari.



6,9 miliar tahun. Matahari akhirnya tamat setelah mengalami sebuah ledakan. Sebuah supernova dari Matahari terjadi.


Matahari sebagai bintang akan berubah menjadi bintang sangat kecil,.menjadi bintang sangat kecil dari ukurannya sekarang dengan bercahaya putih.

Matahari melepaskan masanya sendiri dan intinya akan berwarna cahaya putih (tidak kuning seperti sekarang). Matahari akan berubah menjadi sebuah planet White Dwarf atau bintang mati. Seandainya sebagian planet tetap ada, kemungkinan planet yang mengorbit ke matahari, akan mulai terlepas dari gravitasi matahari. Lalu keluar berjalan sendirian dan tidak mengikuti orbit ke matahari lagi.



Memasuki 7 miliar tahun kedepan. Matahari akan semakin dingin dan berubah dari warna putih menjadi hitam atau disebut Black Dwarft.

Apakah hanya matahari saja yang mati. Sejalan dengan waktu, semua bintang akan mengalami siklus yang sama.
  • 10 pangkat 17 tahun kedepan, semua bintang di galaksi yang tersisa akan mati. Seperti nasib matahari
  • 10 pangkat 19 tahun kedepan, semua galaksi dengan bintang. Bintangnya yang mati dan planetnya akan terlepas mengambang sendiri tanpa terikat gravitasi bintang utamanya.
  • 10 pangkat 23 tahun kedepan. Semua Galaksi Cluster atau kelompok galaksi termasuk Bima Sakti dan Andromeda, akan bubar. Semua terpencar menjadi planet, bintang sepi tidak lagi bersinar dan mengambang sendiri-sendiri.

Informasi diatas mengambarkan siklus kehidupan di alam semesta pada masa mendatang. Apakah perkiraan tersebut akan terjadi, tentu tidak ada yang tahu.



Artikel Lain

Exoplanet adalah singkatan dari planet diluar tata surya, ekstrasurya. Mencari planet tidak mengunakan metode yang sama. Sejauh ini ada 3 cara menemukan planet di luar tata surya, dan menentukan perkiraan bentuk planet baru, massa, ukuran, orbit yang menarik diteliti para astronom. Metode apa saja yang digunakan dalam mencari planet.

Gambar bola berwarna biru tersebut adalah perbandingan jumlah air dengan seluruh material padat yang ada di bumi . Bagaimana dengan jumlah udara, tidak berbeda dengan jumlah air. Kedua elemen kehidupan ini jumlahnya sangat sedikit dibanding ukuran bumi. Apakah atmofer bumi aman



Sangat jarang kita menemukan di planet ini dari batuan dengan usia lebih tua dari Bumi. Meteorit merupakan bukti, mengapa batuan tersebut penting. Ilmuwan memperkirakan telah menemukan sebuah batu yang usianya 4,6 miliar tahun. Hampir sama tuanya dengan tata surya kita, dan jauh sebelum Bumi ada seperti sekarang.

Ukuran bintang Pi1 Gruis sekitar 700x lebih besar dari matahari kita. Dan mendapatkan tipe bintang sekelas Red Giant atau raksasa merah. Cahaya bintang ini begitu terang, mencapai ribuan kali dari kekuatan cahaya matahari.

Bintang 2MASS J11193254-1137466 awalnya dikira planet pada tahun 2016. Sampai diteliti lebih lanjut ternyata 2 bintang biner yang saling mengorbit. Tetapi kedua bintang ini gagal menyala, disebut juga Dwarf Brown atau si kurcaci coklat kembar.

Bulan September 1990 sekelompok ilmuwan menempatkan kepala bor. Mereka mencari data dari galian lubang terdalam , meneliti batuan pada ratusan juta tahun lalu. Peneliti dari JAMSTEC berencana membor 6KM ke perut Bumi

Teleskop tahun 1893 ada di observasi Yerkes, memiliki lensa reflaktor berukuran 40 inch. Teleskop GMT - Giant Magellan Telescope dipastikan tepat waktu, mengunkan cermin hexagonal. Mengapa teleskop raksasa tidak dibuat dengan cermin utuh.



Apa yang terjadi di Bumi, bila seluruh manusia pergi meninggalkan. Apa yang tersisa dari sejarah manusia. Apakah Bumi akan hancur, atau kembali seperti peradaban ratusan ribu tahun lalu. Mungkin akan muncul spesies baru penganti manusia.

Benda antariksa terbesar berdasarkan kategori. Bumi pernah di tabrak  meteor seukuran 10km dan memusnakan dinosaurus. Bila asteroid Ceres berukuran 1000km nyasar ke bumi. Struktur terbesar dengan nama BOSS memanjang 1 miliar tahun cahaya. Kenyataannya ada yang sangat besar sekali.

Nasa merekam video dari pesawat observasi ruang angkasa Dnamic Observator - SDO. Dimana pesawat tersebut terus memantau kondisi matahari selama 24 jam. Satelit SDO mampu mengambil 10 gelombang panjang berbeda dari aktivitas matahari. Dan setiap cahaya yang ditangkap menunjukan suhu berbeda beda, seluruhnya di rekam dengan resolusi sangat tajam 4K atau setara 4x layar 1080p.

Gambar dalam pelajaran astronomi belum memberikan skala sebenarnya. Planet terlihat besar tapi dalam skala sebenarnya planet adalah ukuran mikroskopik. Bagaimana melihat tata surya kita dalam skala jarak dan ukuran aslinya. Diceritakan oleh sebuah video To Scale The Solar System

Grafik tentang alam semesta, dari umur bumi dan masa depan. Sampai perkiraan terbaru setelah memasuki masa 10 miliar tahun kedepan. Akan merubah bentuk alam semesta, termasuk hilangnya teori Bing Bang karena tidak bisa diamati lagi dengan pengetahuan saat ini.

Versi film fiksi ilmiah tidak sepenuhnya benar menceritakan dunia kosmos. Setidaknya beberapa kesalahan dalam cerita film yang berbeda dari kenyataan yang ada. Seperti api tidak akan muncul di ruang hampa karena membutuhkan oksigen

How Big Is The Universe sebuah video tentang pelajaran seberapa besar alam semesta ini. Kirim SMS ke Andromeda baru sampai 2.5 juta tahun nanti. Diberikan gambaran bahwa tata surya kita adalah sebuah kamar kecil, galaksi Bima Sakti seukuran kota London. Berapa luas alam semesta sebenarnya



Sebuah cincin sangat besar berisi debu dan gas berada di sekeliling bintang. Gas dan debu tersebut suatu hari nanti akan menjadi planet, 2 planet terbentuk seukuran Jupiter. Bintang HD 142527 berada pada jarak 456 tahun cahaya, pembentukannya baru terjad 2 juta tahun lalu

Video 7 menit menceritakan perubahan terjadinya bumi dengan infografik. Di ringkas apik dari pembangun piramid 4000 tahun lalu sampai konstruksi saat ini. Mengambarkan kehidupan awal manusia dan mahluk hidup, lalu maju ke masa depan.

Umur bumi mungkin sekitar 1,75 miliar tahun lagi, atau paling lama hanya 3,25 milyar tahun dari sekarang. Manusia dimasa mendatang harus mencari tempat tinggal lain. Paling mungkin adalah planet Mars untuk sementara waktu. Apa yang terjadi dengan bumi setelah miliaran tahun lagi

Secara umum di alam semesta ini hanya memiliki bentuk galaksi spiral dan berbentuk bulat memanjang. Sekarang agak berubah setelah teleskop Hubble lebih dalam dan membandingkan dengan galaksi yang bisa diamati. Lalu asal mula terbentuknya darimana.

Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi dan berputar pada tempatnya. Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.

Gambar menakjubkan dari NASA mengambil 2 galaksi yang bertabrakan. Ditangkap oleh Hublle Space Telescope, Galaksi Sprial NGC 2936 dan Galaksi lain pendamping NGC 2937 atau dikenal sebagai Arp 142 memiliki bentuk elip



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.