Perkiraan ini bukan cerita kiamat. Dijelaskan secara ilmiah dengan kehidupan di bumi dan kapan akan berakhir.

Cepat atau lambat, planet bumi tetap menghadapi kehancuran dalam beberapa ribu tahun sampai miliar tahun kedepan.

Semua planet yang berada dalam satu sistem tata surya, suatu hari juga akan bubar. Termasuk skala galaksi, kedepan akan hancur.

Seluruh kegiatan di alam semesta ini dibangkitkan oleh energi hidrogen sebagai sumber cahaya dan panas serta gravitasi untuk saling mengikat planet dan bintang.

Bila gravitasi mulai menghilang, maka kelompok planet, bintang dan galaksi akan terlepas tanpa ada yang mengikat.

Cerita peradaban manusia dari sekarang dan melihat puluhan ribu tahun mendatang sampai jutaan tahun ke masa depan. Mungkin sangat berbeda dibanding teknologi saat ini. Seperti apa kehidupan di masa yang akan datang, dibawah ini perkiraan bila seluruh manusia tetap hidup damai.

Diawali dengan bumi dengan 50 ribu tahun lagi. Ketika bahan bakar dari fosil mulai habis. Manusia mulai menjelajah di sekitar planet terdekat.





50 juta tahun selanjutnya. Permukaan bumi juga berubah, benua Afrika akan menabrak lempeng Eropa dan menghilangkan laut di Mediterania



Di masa tersebut, Bumi mungkin akan ditinggalkan sebagian oleh manusia.

Lebih jauh lagi, 150 juta dari sekarang. Laut Atlantik semakin sempit karena lempeng Australia akan bergerak keatas, dan jarak benua Amerika Selatan akan semakin dekat dengan Afrika.



250 juta tahun kedepan, semua lempeng benua akan menjadi satu.

Australia akan menempel dengan Antartika. Sedangkan Afrika, Amerika Utara dan Selatan dan EuroEsia menjadi satu. Bagian terluas adalah lautan di laut Pasifik yang semakin besar. Bila kehidupan masih bisa terbentuk di Bumi, manusia tidak perlu pergi dengan pesawat terbang untuk melintasi lautan, karena sebagian besar daratan di Bumi sudah menjadi satu.



750 juta tahuun kedepan. Satu galaksi kecil dari Sagittarius mungkin akan melewati Bima Sakti.



Setelah 1 miliar tahun berlalu, selanjutnya nasib alam semesta seluruhnya. Apakah masih ada kehidupan di seluruh alam semesta ?