Penerbangan dan mesin pesawat


Kategori : Technology | Date : 8 December 2013
Kenyataan dari dunia penerbangan.

Tahun lalu tercatat hampir 10 juta penerbangan di Amerika saja.

Data dari biro transportasi Amerika mencatat 9.801.116 penerbangan pada tahun 2012



Seandainya sebuah mesin pesawat tipe GE90 yang menghasilkan tenaga 127.900 pound dipasang di kapal Titanic. Maka kapal itu bisa menjadi speedboat.



Teknologi instrumen di ruang cockpit pesawat jaman dulu sangat rumit, semua diatur manual.

Tetapi pesawat sekarang sudah mengunakan teknologi fly by wire dan perangkat digital. Termasuk teknologi autopilot. Pilot hanya perlu mengawasi pesawat ketika auto pilot bekerja.



Pesawat udara sekelas Boeing 787 Dreamliner memiliki ruang kamar mandi dengan teknologi paling canggih.





Beberapa pesawat dirancang sangat besar, bahkan mampu menampung 500 penumpang lebih.

Seperti Airbus A380 mampu menampung 853 penumpang di kelas ekonomi

Di Amerika saja, pesawat komersil menghabiskan 70 milyar liter bahan bakar



Maskapai Emirates Quantas Qatar Airways memiliki rute penerbangan nonstop 14000km. Rute dari Dubai dan Doha ke Auckland Selandia baru, Perth Australia ke London Inggris. Pesawat dengan nomor UAE448 mengunakan Airbus A380, Quantas Dreamliner 787 Maret 2018 dan Qatar Boeing 777 jarak 14.539km. Singapore Airlines 15.000km Singapura ke Amerika Nonstop 19 jam perdana 11 Oktober 2018 hanya 17 jam 25 menit

Landasan pesawat dapat dibangun lebih dari 1. Bahkan landasan airport tersibuk memiliki 3 atau lebih landasan pesawat. Jarak antara landasan tidak kurang dari 1,3km bila dibangun paralel. Agar pesawat dapat landing bersamaan. Arus angin terlalu kencang, pilot harus memutuskan untuk mendarat di bandara lain.

Dunia penerbangan sekarang sudah sangat sibuk. Bila pilot atau pramugari meminta ponsel dimatikan total. Jet komersil dapat mencapai kecepatan supersonik tapi terjadi dengan dorongan angin. Ventilasi udara di pesawat dapat menghindari penyakit.



Ada beberapa kebiasaan unik dari penumpang pesawat untuk First class. Dan bagaimana layanan First Class, apakah hanya tampil di depan penumpangnya saja. Hal yang berbeda untuk penerbangan kelas bisnis sampai kelas ekonomi. Pengalaman ini dibagikan oleh pramugari pesawat dari Jepang.

Cuaca buruk dari salju, angin dan hujan es, sampai suhu panas. Dapat menghentikan semua penerbangan di Amerika dan negara Eropa. Pesawat dirancang mampu terbang dengan kondisi ekstrim, tapi ada kalanya harus dibatalkan. Mengapa pesawat dilarang terbang, khususnya ketika cuaca sedang panas diatas 48 derajat Celcius

Pesawat terbesar di dunia bukan dari disain pesawat penumpang. Umumnya dibuat untuk cargo, penelitian antariksa dan pesawat angkut militer. Pesawat terbesar dipegang buatan Soviet Myra. Di abad ke 21 satu pesawat Stratolaunch untuk mengangkut roket keluar dari hanggar Juni 2017

Hanya 4 negara memiliki pesawat legenedaris ini. Mirip F-14 Tom Cat, Amerika memiliki 250 pesawat dan tidak pernah di jatuhkan dalam pertempuran udara. Jepang merubah dengan nama Mitsubish. Memiliki kekalahan nyaris 0 dalam pertempuran udara.



Pesawat terbesar di dunia saat ini hanya satu, An-255 atau dikenal dengan Mriya. Tahun 2020 satu lagi pesawat tipe yang sama, dibangun ulang oleh China, Ukraina bersama Antonov. Menjadi pesawat angkut terbesar kedua, dimiliki China tapi untuk apa.

Helikopter membawa beban paling berat. Memiliki daya angkut 10 ton sampai 20 ton. Dimiliki oleh Rusia dengan beban paling besar adalah Mil Mi-26. Sikorsky CH-53K beban angkut ekternal dan helikopter terbang paling tinggi, disusul Changhe Z-18 dari China menjadi helikopter kedua yang memecahkan rekor terbang sampai 9000 meter.

China membangun pesawat jet sendiri sampai satelit pencitraan. Dari pesawat stealh jet fighter, tank, rudal anti pesawat dan pesawat cargo. Peralatan perang China akan ditampilkan ke publik tapi semuanya untuk dijual

Seorang dokter gigi memesan tiket untuk menghadiri konferensi di Portula. Dia memesan tiket ke Granada Spanyol sekaligus jalan jalan. Mengunakan pesawat British Airway, ternyata tiket yang dipesan malah ke Grenada di Karibia. Ada yang salah.

EasyJet melakukan survei dari 10.000 penumpang dari seluruh Eropa. Akhirnya mendapatkan tempat duduk paling favorit di pesawat dengan nomor 7F. EasyJet mengatakan, kebangsaan, usia, teman perjalanan sangat berpengaruh dengan pilihan tempat duduk mereka.

Menu makanan di pesawat mulai disajikan tahun 1919 dengan penerbangan dari London dan Paris. Sejak itu penerbangan lebih nyaman, tapi pasang surut sampai tahun 2013. Apa saja perubahan menu makanan dari penerbangan dahulu dan sekarang.



Ada beberapa rute penerbangan yang tidak biasa dan tiketnya sangat mahal. Ada yang mahal karena duduk di First Class, ada lagi penerbangan untuk 3 hari. Tapi ditawarkan oleh perusahaan penerbangan.

Sebuah airport di Eropa memiliki tempat yang dibelah oleh jalan bebas hambatan. Satu sisi untuk 2 landasan pesawat, di sisi lain sebagai tempat bandara menurun naikan penumpang. Pesawat harus menyeberang diatas jalan tol melalui satu jembatan.


No popular articles found.