Galaksi M81 dengan kombinasi 2 teleskop


Kategori : Science | Date : 7 December 2013
Galaksi M81 atau Messier 81 letaknya 12 juta tahun cahaya dan berada di konstelasi Ursa Major Bentuk galaksi M81 adalah spiral, tapi ada yang unik di galaksi ini.

Ditemukan tahun 1774 oleh Johann Elert Bode, galaksi ini bisa diabadikan mengunakan teleskop. Katanya disana ada sebuah black hole sangat besar. Ukuran black holenya 70 juta kali dari ukuran matahari. Perbandingan ukuran Galaksi M82 dengan M81 disampingnya seperti gambar dibawah ini.



Foto dari galaksi M81 dibawah ini. Ada 3 gabungan warna dari hasil capture Galaxy Evolution Explorer. Kuning yang diambil dari Hubble, merah diambil dengan teleskop Spitzer. Warna biru atau area panas menunjukan lahirnya bintang muda, sedangkan disk berwarna pink adalah arah debu di lengan galaksi. Sedangkan bagian kuning tua ditengah adalah kumpulan dari bintang lebih tua.



Detail gambar asli M81 bisa dilihat via Nasa

Seperti foto dibawah diambil dengan teleskop dari bumi, salah satu objek yang bisa diamati walau gambarnya tidak sebagus teleskop ilmuwan.



Spesifikasi alat untuk mengabadikan gambar diatas
Objects: M81 and M82
Other Names: M81: NGC 3031, Bode´s Galaxy; M82: NGC 3034, Cigar Galaxy
Date/Time: 2012 Mar 22 at 03:11 UTC


Location: Bifrost Astronomical Observatory, Portal, AZ
Mount: Astro-Physics 1200GTO
Telescope: ASA N12 Corrected Newtonian Astrograph
Camera: Canon EOS 550D (Rebel T2i) (modified with a Baader UV/IR filter)
Field of View: 71.0 x 47.4 arc-minutes at 0.82 arc-sec/pixel (web version: 4.6 arc-sec/pixel)
Exposure: 10 x 420s, f/3.6, ISO 800 (butuh 10 gambar dengan exposure 420 detik)
File Name: M81M82-A01w.jpg
Processing (Adobe Camera Raw): Flat Field Subtraction, Noise Reduction, White Balance
Processing (Photoshop CS5): Average Images, Curves, Noise Reduction, High Pass Filter, Unsharp Mask
Original Image Size: 3454?×?5179 pixels (17.9 MP); 11.5" x 17.3" @ 300 dpi

Masalahnya ukuran teleskop yang diperlukan seperti dibawah ini



Bila terlalu jauh bisa melihat daftar objek terdekat di angkasa dari Wikipedia
Ada 2 yang cukup dekat, seperti cluster bintang Pleiades hanya 400 tahun cahaya, atau Andromeda lebih mudah terlihat dengan teleskop.

Berita terkait
Sebuah foto galaksi berbentuk spiral M51, letaknya 23 juta tahun cahaya dari bumi. Galaksi tersebut sedang mendekati sebuah galaksi kecil dan sedang  mengambil bagian galaksi yang kecil.  Kombinasi gambar teleskop biasa dan teleskop Spitzer dapat melihat lebih detil apa yang terjadi disana.

Seperti apa sih galaksi Bimasakti sebelum seperti sekarang ini. Bicara galaksi loh, bukan bicara planet , komet atau asteroid. Nasa membuat 2 perbandingan gambar yang di dapat dari sebuah galaksi yang sangat jauh M33. Galaksi Bima Sakti dulu pernah mati tapi hidup kembali.



Galaksi terbesar di alam semestaSeratus juta galaksi yang terditeksi oleh manusia, galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan. Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal. Jaraknya dari bumi 1 milyar tahun cahaya, memang jauh sekali tapi ukurannya sangat besar.

Gambar yang tajam ini mengungkap galaksi yang terbesar dibelakang bintang dan debu dari galaksi Bima Sakti. Berada di batas utara dengan konstelasi Pegasus. Galaksi NGC 7331 paling terang, tapi yang menganggu dibelakangnya dari 4 galaksi yang akan bertabarakan

Letak galaksi M60-UCD1 dengan ukuran 1/500 dari galaksi Bima Sakti. Galaksi ini memang kecil dengan bentangan sekitar 300 tahun cahaya saja. Di Bumi setiap malam hanya ada 4000 bintang, disana 1 juta bintang sangat padat.

Galaksi Sparky teerlihat seperti galaksi yang baru terbentuk. Menurut astronom, galaksi ini mulai terbentuk sejak 11 miliar tahun lalu. Tapi galaksi Sparky adalah pabrik bintang raksasa. Berdasarkan pengamatan teleskop, disana terbentuk 300 bintang setiap tahun karena padat

Sebuah galaksi yang letaknya 25 juta tahun cahaya dibuat foto oleh Hubble. Disebut galaksi ESO 373-8, setidaknya ada 7 galaksi lain di dekatnya dan galaksi ini menjadi grup NGC 2997. Anehnya bentuknya pipih tanpa ada objek lain di atas dan bawah galaksi



Ada 4 galaksi saling berdekatan. Disebut Seyfert Sextet sebuah kelompok galaksi memang berdekatan di area Serpens. Gambar yang diambil oleh teleskop Hubble ini memperlihatkan 4 galaksi seukuran Bima Sakti di formasi yang sama dan berinteraksi.

Teleskop dibagi dalam beberapa disain, dari refklator dan reflektor. Disain teleskop modern umumnya mengunakan reflektor untuk memperkuat cahaya. Kekuatan sebuah teleskop terletak pada cermin utama yang besar.

Ilmuan mengunakan Wide Field camera 3 untuk mempelajari panjang gelombang inframerah dan mencari tanda tanda adanya air. Bagaimana ilmuwan mengetahui apakah planet seperti bumi dengan ukuran memiliki air, gas CO, metana bahkan ukurannya

Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Satu planet ditemukan oleh Hubble 14 November 2003. Planet Sedna memiliki orbit ke matahari. Menjadi planet ke 10, tapi planet ini memiliki lintasan sangat jauh bahkan jauh diluar planet Pluto.




No popular articles found.