Pesawat DC10 terakhir akan pensiun


Kategori : Stuff | Date : 7 December 2013
Pesawat DC10 buatan McDonnel Douglas dengan 3 mesin, 2 mesin di sayap dan satu lagi di bagian belakang. Pesawat DC10 untuk penumpang komersil terakhir masih digunakan oleh Biman Airlines dari Bangladesh. Bulan Februari 2014 akan terbang terakhir kalinya sebagai pesawat komersil.

Rencananya Biman Airlines dengan DC10 akan melayani jalur Dhaka ke Birmingham Inggris pada bulan Februari tahun depan. DC10 sudah melayani penerbangan komersil lebih dari 40 tahun. Pesawat DC10 sudah tidak efisien digunakan, karena pesawat baru lebih hemat bahan bakar. DC10 membutuhkan 3 awak pesawat, pilot, pendamping pilot dan teknisi pesawat.

Pertama terbang tahun 1970. terakhir masih digunakan oleh FedEx Express, Biman Airlines dan Kelowna Flighcraft Air Charter. Terakhir diproduksi tahun 1988. Total hanya 446 pesawat DC 10 dibuat. Model pertama memiliki jarak jelajah 4360 dengan penumpang penuh. Seri 15 lebih efisien dengan jarak 7000km.

Seri 30 dan 40 yang dirancang untuk jarak jauh, mampu mencapai jarak 7400km dan 9200km. Produksi terakhir dikirim untuk Nigeria Airways pada tahun 1989. Pesawat selanjutnya dibuat oleh McDonnel dengan MD-11 mengantikan DC-10. Pesawat ini juga digunakan untuk pesawat militer untuk pengisian bahan bakar di udara. Generasi militer diberi nama KDC-10.

Pesawat DC10 adalah pesawat yang handal dan terbang sangat tenang. Layaknya mobil Cadillac Fleetwood tua.



Berita terkait
Pesawat terbesar di dunia bukan dari disain pesawat penumpang. Umumnya dibuat untuk cargo, penelitian antariksa dan pesawat angkut militer. Pesawat terbesar dipegang buatan Soviet Myra. Di abad ke 21 satu pesawat Stratolaunch untuk mengangkut roket keluar berhasil uji terbang.

Apa yang menarik dari Boeing 747. Yang terakhir terbang milik GE bulan November 2018. Cathay Pacific dengan Boeing 747 jurusan San Francisco ke Hongkong terakhir dengan Boeing 747 dipensiunkan. KLM melakukan perjalanan terakhir dengan Boeing 747. Delta pensiunkan Boeing 747 terakhir Des17.



Apa saja yang hilang dari kenyamanan pesawat udara. Jendela semakin kecil, tempat duduk semakin rapat. Dahulu ada penerbangan memiliki tempat tidur di semua kelas. Pesawat modern di kelas ekonomi, akan terasa lebih sempit dibanding pesawat dahulu.

Pesawat terbesar di dunia saat ini hanya satu, An-255 atau dikenal dengan Mriya. Tahun 2020 satu lagi pesawat tipe yang sama, dibangun ulang oleh China, Ukraina bersama Antonov. Menjadi pesawat angkut terbesar kedua, dimiliki China tapi untuk apa.

Khusus untuk perusahaan penerbangan dengan armada pesawat sangat besar. Walau pramugari dianggap sebagai pekerjaan glamor, kebanyakan dari mereka baru mengenal. Beberapa istilah di awak kabin juga berbeda.

Video pesawat TransAsia yang jatuh di Taiwan minggu ini membawa 58 penumpang dan awak pesawat. Jatuh ke sungai Keelung  setelah takeoff dari Taipei Airport rabu lalu. Satu rekaman pengendara di jalan bebas hambatan merekam detik jatuhnya pesawat.

Pesawat Boeing 747 sudah melayani dunia penerbangan selama 44 tahun. Perusahaan penerbangan Jepang akan mengakhiri pengunaan pesawat Boeing 747 bulan Maret 2014. JAL sudah mengunakan 747 di bulan Juli 1970. Awalnya pesawat Boeing 747 dibuat untuk angkutan militer.



Satu foto ini diambil ketika 5 pesawat Hercules C-130 sedang antri di air base Yokota Jepang. Diambil oleh Senior Airman Cody H. Ramirez dan diposting ke Instagram

Ethiopian Airlines Boeing 767-300ER mengalami gangguan mesin dan mendarat di sebuah landasan. Masalah kedua untuk kembali terbang, landasan di Tanzania tersebut ternyata pendek sekali, hanya 1.5km hampir separuh standar minimum.

2 rute terpanjang penerbangan ditutup. Tahun depan 2 rute terpanjang dipegang oleh Qantas dan Delta Airlines sejauh 13 ribu km. Singapore Airlines yang memengang jarak terjauh resmi ditutup

Jakarta ke Bandung bukan penerbangan paling singkat. Masih ada lagi jarak penerbangan paling pendek, ada di Skotlandia. Logan Air melayani penerbangan antara 2 pulai dari pulau Westray ke Papa Westray, tapi keduanya memiliki batas air laut.

Beberapa mesin dengan kekuatan diatas rata rata yang digunakan manusia. Dari mobil sport, helikopter, kereta peluru. Memiliki kekuatan mesin diatas rata rata mesin lain.




No popular articles found.