Teleskop Hubble bagaimana mengetahui kandungan sebuah planet


Science | 6 December 2013

Bagaimana astronom mencari planet lain seperti bumi, setidaknya memiliki kandungan air.

Ilmuan mengunakan Wide Field camera 3 untuk mempelajari panjang gelombang inframerah dan mencari tanda tanda adanya air.

Bagaimana ilmuwan mengetahui apakah planet seperti bumi dengan ukuran memiliki air, gas CO, metana bahkan ukurannya

Ketika planet melintas di depan bintang dan tertangkap oleh sensor Hubble. Astronom menganalisa cahaya bintang yang ditutupi oleh planet.

Semakin besar cahaya ditutup, kemungkinan planet tersebut sangat besar.

Sulitnya mencari Exoplanet adalah analisa atmosfir. Data hanya bisa diperoleh ketika sebuah planet selama transit atau melintas di depan bintang.

Ketika planet melintas di depan matahari, cahaya akan diserap ke atmosfir, dan data menganalisa gelombang cahaya yang bisa melewati di tepian lingkaran planet.



Molekul memiliki perbedaan ketika menghalangi cahaya. Panjang gelombang 1,8um adalah paramter planet tersebut memiliki kandungan atmofir dengan air.

Panjang 2.1um menunjukan planet memiliki gas CO lebih besar, bila angka sudah mencapai 2,3um maka planet tersebut diperkirakan memiliki banyak gas metana.



Pengetahuan tentang pencari Exoplanet dari Nasa dapat dilihat di Youtube


Berita terkait
Teleskop eROSITA khusus untuk memetakan ruang angkasa dari radiasi sinar X-ray. Menunjukan isi galaksi Bima Sakti sebagian besar aktif. Di bagian tengah galaksi terlihat banyak debu dan gas, beberapa aktivitas radiasi tinggi juga ditemukan seperti bintang magnestar, bintang biner dan nebula.

Jumlah satu tata surya seperti matahari di dampingi 9 planet, sedangkan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti saja mencapai 2-3 ratus milliar bintang. Berapa banyak planet di galaksi kita. Tinggal dikalikan dengan 9 dari angka rata rata.Sampai tahun 1992 baru 2 planet, tahun 2019 sudah 4000 planet lebih ditemukan. Video Nasa



Sebuah bintang dan tata surya terbentuk dari kumpulan debu dan gas. Cakram akan membentuk planet dan mengelilingi sebuah bintang yang telah lahir. Tapi di bintang MM ada 2 bintang, satu bintang MM 1a menjadi pusat, sedangkan MM 1b menjadi bintang biner kedua dengan ukuran lebih kecil. Peneliti mengatakan bintang MM 1b lahir di tempat yang seharusnya terbentuk planet.

Teleskop radio SKA selesai dibangun, setelah tahun 2016 memperlihatkan gambar pertama dari 25% kekuatan teleskop radio. Menjadi teleskop paling sensitif di dunia untuk memetakan langit dengan gelombang radio, dan menangkap paling detil dari sebelumnya. Salah satu yang dicari adalah jejak gas hidrogen.

20 tahun berlalu, penemuan planet alien 4034 planet. Planet tersebut dinamakan Exoplanet atau planet yang mungkin di tinggali manusia. Juni 2017 ditemukan 219 exoplanet baru dan 10 diantaranya berada di posisi tepat

Bentuk lubang hitam tidak pernah bisa dilihat, karena dikelilingi oleh cahaya bintang. Tapi peneliti dapat mengetahui bila ada tanda aneh, dan memperkirakan adanya sebuah lubang hitam. Seperti apa bentuknya memang tidak bisa dipastikan. Banyak yang mengatakan sangat besar, mungkin tidak sebesar perkiraan kita.

Teleskop DragonFly dibuat murah. Mengandalkan telezoom lensa komersil dan dipasang Array 10 unit sekarang 24 lensa telezoom. Teleskop Dragonfly dibuat oleh tim universitas Toronto, lebih murah dibanding membangun ruang observasi teleskop tapi biayanya sudah seharga satu mobil



Siapa pembuat notebook atau laptop pertama yang ada di pasar komersil. John Ellenby ketika memasarkan laptop generasi pertama seharga 8 ribu dollar. Harga laptop yang fantastik di jaman 1980an, karena semua computer masih berukuran besar. Jangan bandingkan dengan teknologi saat ini, bahkan dengan smartphone termurah sekalipun

Setelah melakukan perjalanan selama 5 tahun. Pesawat Juno kirim 1300 gambar dari jarak 2,8 miliar km. Foto planet Jupiter diambil dari tanggal 12 - 29 JUni 2016

Kriteria mencar planet mirip Bumi, kriteria apa saja yang ada dari penemuan sebuah planet. Ukuran yang tepat belum tentu planet cocok untuk manusia. Banyak kriteria mininum yang ada sampai manusia bisa tinggal di sebuah planet baru.

Teleskop ruang angkasa WFIRST, disebutkan memiliki 100x lebih kuat dari Hubble. Teleskop WFIRST memiliki tujuan khusus. Bukan mengamati benda terjauh, tapi yang dekat saja. Khususnya mencari planet diluar tata surya kita.

Nasa mengumumkan ada 715 exoplanet yang berada di sekitar 315 bintang. Nasa mengunakan statistik baru untuk menganalisa data yang ditangkap teleskop Kepler. Data yang dikumpulkan dari 150 ribu bintang

Planet mengorbit bintang. Apakah manusia pernah membuat foto dari posisi planet dari bintangnya. Sejauh ini belum ada. Tapi obvervasi penelitian Gemini berhasil mengabadikan. Tidak jauh, hanya 60 tahun cahaya saja.

Kalau sudah hobi sulit ditahan. Mike Hankey berhasil mengabadikan foto Horse nebula. Tapi gambar yang diambil dari teleskop infra-red Spitzer berbeda, bentuk Horse Nebula disana tidak tidak hitam.



Bila Matahari dikecilan menjadi satu sel darah merah, ukuran galaksi kita setara luas Amerika. Satu meteor ditemukan tahun 2012 memiliki kandungan berbeda dari meteor lainnya.

Galaksi M81 atau Messier 81 letaknya 12 juta tahun cahaya dan berada di konstelasi Ursa Major Bentuk galaksi M81 adalah spiral, tapi ada yang unik di galaksi ini. Nasa membuat gabungan gambar dari beberapa teleskop berbeda

Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Gambar ini adalah planet, jaraknya hanya 63 tahun cahaya dari tata surya kita. Ditemukan 5 Oktober 2005 oleh astronomi asal Perancis. Warnanya terlihat biru bila dilihat langsung dengan teropong.

Planet HD 189773b mirip seperti bumi terlihat dari luar angkasa. Peneliti menyebut planet HD 189773b adalah planet True Color, ditemukan oleh teropong Hubble.

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E




No popular articles found.
< /body>