Mengapa pegunungan Himalaya membentang sampai 2.900 km dari India, Pakistan, China dan Nepal.

2 puncak gunung tertinggi di dunia ada disana, sebagian besar puncak gunung di Himalaya berada diatas 8000 meter.

Jutaan tahun lalu, pengunungan Himalaya belum ada dan masih terapung  di lepas pantai Australia. Mungkin sekitar 220 juta tahun lalu ketika bumi masih berantakan.

Gunung Himalaya dan lainnya bukan gunung berapi, tetapi akibat naiknya lempengan kulit bumi dan mendorong daratan di Himalaya naik keatas.



Daratan India dahulunya berada di bawah lalu bergerak naik ke arah utara sejauh 6000km. Akhirnya bertabrakan dengan lempeng Asia sekitar 40-50 juta tahun lalu.

Daratan India yang membentur turun ke bawah sedangkan daratan di Asia naik terangkat. Disanalah terjadi pengunungan Himalaya.

Setiap tahun, puncak gunung di Himalaya akan terangkat. Pertumbuhan puncak Himalaya mungkin disebabkan pergeseran lempeng tektonik yang masih bergerak perlahan ke utara.  Kita tahu daerah tersebut sering terjadi gempa. Seperti terjadinya gempa besar di Tibet.

Antara India dan Tibet, dahulunya terdapat laut yang disebut Tethys. Sekarang lokasinya sudah menjadi daratan, akibat kedua lempeng tersebut bertemu.

Peta lempeng antara India dan Asia

Karena lempeng di India lebih ringan, terdorong ke bawah ketika bertabrakan dengan lempeng euroasia. Berdasarkan data GPS, pergerakan lempeng India masih terus bergerak sekitar 18mm pertahun. Dan menaikan ketinggian di Everest setidaknya 5mm pertahun.

Teori benturan daratan India menabrak benua Asia bisa dibenarkan. Beberapa fosil yang ditemukan di garis pantai ditemukan di Himalaya. Membuktikan pegunungan tersebut dahulua ada di garis pantai. Dan terdorong naik sampai muncul kembali di atas tanah.

Puncak Everest menjadi puncak tertinggi dengan skala ketinggian diatas permukaan laut tetapi bukan gunung tertinggi di dunia.
Gunung tertinggi di dunia ada di Hawai,  gunung api Mauna Kea memiliki ketinggian 10220 meter. Bila dihitung dari dasar sampai ke puncak gunung, karena puncaknya  yang berada diatas air laut hanya 4205 meter. Di Asia Tenggara juga memiliki gunung tertinggi, tapi bukan akibat gunung berapi. Indonesia memiliki puncak gunung tertinggi yaitu Puncak Jaya di Irian dengan ketinggian 4800m, masuk nomor 7 gunung tertinggi di Asia Tengara. Sedangkan gunung tertinggi di Asia Tengara berada di  Disebut Gunung Hkakabo Razi dengan ketinggian 5881 meter di Myanmar