Pesawat jet tempur Mig 31 diabadikan dari jarak dekat


Kategori : Digital | Date : 5 December 2013
Video dari jet tempur Mig 31 diabadikan dengan camera. Salah satu pesawat pencegat tercepat yang dimiliki Rusia. Pesawat ini dibuat sekitar 400 pesawat dan 30 pesawat dimiliki armada Kazakhstan. Kecepatan terbang mencapai 2,8 Mach walau disainnya sudah lama alias pesawat di era 80an.



Beroperasi tahun 1982, katanya baru 2 pesawat yang jatuh. Rekor uji coba kecepatan pesawat ini dapat mencapai ketinggian 30.000m dalam waktu 3 menit, pada prakteknya mencapai ketinggian 35 ribu meter dalam waktu hampir 4 menit. Pabrik Mikoyan /  Mig 31 mengantikan Mig 25, pesawat Mig 31 akan tetap dipakai oleh angkatan udara Rusia dan diperbaharui untuk tetap beroperasi sampai tahun 2020. Setelah itu akan mulai dipensiunkan paling lambat tahun 2028.

Dikecilkan volume, karena isinya hanya suara mesin.



Sayangnya karena pesawat ini memang cepat, tapi tidak pandai bermanuver untuk pertempuran jarak dekat. Dirancang sebagai pesawat mencegat / intercept atau mengejar kedatangan pesawat musuh. Mengejar, mencegat dan menembak rudal.

Mikoyan Mig 31 masuk 10 pesawat jet tempur paling cepat saat ini dan masih beroperasi di armada angkatan udara Rusia serta  Kazakhstan. Pesawat jet tempur ini hanya beroperasi di dua negara tersebut.

Urutan daftar 10 pesawat jet paling cepat termasuk yang dibuat dalam prototipe

  • Su 27 Flanker, 2 mesin, Rusia 2,35 Mach
  • F-111 Aardvark, 2,5 Mach  sebagai pesawat interceptor dan sudah pensiun.
  • F 15 Eagle, 2,5 Mach.
  • Mig 31 Foxhound, 2,83 Mach
  • Mig 25 Foxbat, digantikan Mig 31, kecepatan 3,2 Mach
  • Lockheed YF-12 atau cikal bakal pengembangan Blackbird, kecepatan 3,2 Mach sebagai pesawat mata mata
  • SR 71 Blackbird, 3,3 Mach, pesawat mata mata. Pensiun
  • Test XB-70 Valkyrie, dengan 6 mesin, 3,02 Mach tapi masih prototipe di era 1965
  • Test Bell X02 Starbuster, 3,2 Mach, juga prototipe
  • Test X-15, kecepatan 6,7 Mach tapi pensiun dalam model prototipe. Yang ini agak sinting, karena bisa terbang mencapai ketinggian 80km






Ada cerita menarik dari teknologi Mig 31 milik Rusia ini. Sayapnya lebih kuat dibanding Mig 25, mampu terbang dengan kecepatan supersonic di ketinggian rendah. Satu mesin memiliki daya dorong 152kN atau mencapai kecepatan 1.23 mach. Kalau dikebut di udara mencapai 2,83 mach. Pesawat ini sebenarnya mampu terbang diatas 3 mach. Masalahnya mungkin mesinnya tidak utuh lagi ketika kembali mendarat, alias rusak. Mig 31 memiliki radar pertama sistem array. Mampu menditeksi target pada jarak 200 km. Model terbaru sudah di upgrade dengan radar lebih modern pada tahun 1990an.

Berita terkait
Foto pesawat jet tempur Super Hornet F18 NAVY melintas tepat di depan bulan. Neiss juga mendapatkan candaan, ah ini fotoshop lagi. Dia berhasil mengabadikan pesawat yang sedang melintas begitu cepat dan tepat diabadikan di depan bulan. HItungan untuk menekan tombol camera hanya membutuhkan waktu sepersekian detik, bila terlambat maka lenyap momen yang satu ini.

Pesawat jet Thunderbolt A-10 dengan nama Warthog dirancang khusus untuk penghancur tank. Membawa senjata mesin tipe GAU-8 yang ditanam di depan hidung pesawat seukuran VW kodok. Tetap dioperasikan sampai tahun 2022, sisa pesawat mungkin mendapat sayap baru. Rahasia kekuatan Thunderbolt tank terbang.



Pesawat tempur F 16 disebut Fighting Falcon, tapi pilot lebih memilih nama Viper. Pesawat ini relatif murah tapi lincah dalam pertempuran. Keunikan pada bagian jendela  pilot bisa melihat seluruh sudut sampai 360 derajat. Digunakan di Suriah dengan taktik Wild Weasel

Pesawat pembom B2 Spirit adalah pesawat Stealh Bomber, menjadi pertahanan udara paling mahal milik Amerika. Tidak aktif terakhir tahun 2013, kembali melakukan serangan pada Januari 2017. Mengapa pesawat ini harus melakukan misi di Libia. Walau disana tidak ada yang membahayakan bagi serangan udara.

Satu lagi kapal induk atau kapal membawa pesawat terlihat sedang dibangun. Satelit Airbus Defence and Space Imagenry menampilkan sebuah konstruksi dari bulan Mei 2015 sampai 22 September 2015. Terlihat konstruksi seperti kapal tapi berukuran besar.

Dalam perang dunia ke 2, Amerika memiliki divisi pasukan hantu atau Ghost Army. Pasukan ini berjumlah 1100 orang, bertugas untuk menyesatkan atau mengintimidasi pasukan Jermanhttps://www.youtube.com/upload. Mereka bukan pasukan bersenjata tapi lebih terlihat sebagai artis.

Saab mengembangkan teknologi tembok pelindung anti peluru. Walau ditembakan dalam jarak 1 meter, hanya bagian permukaan saja yang rontok, tapi tembok tidak akan jebol. Dengan kaliber besar, peluru yang ditembakan pada jarak 100 meter juga tidak mampu melewati tembok Saab



Beberapa tahun lagi akan tampil pesawat supersonic komersil. Mampu terbang dengan kecepatan 1,6 mach. Satu yang terbesar dirancang oleh Locheed mengunakan 3 mesin dan menampung 80 penumpang

Pesawat pembom nuklir supersonik XB-70 Valkyrie tampil di era 1968. Jet pembom XB-70 Valkyrie mampu terbang sampai kecepatan 3 mach+ berada di ketinggian 21 ribu meter. Dengan posisi yang sangat tinggi dan cepat, pesawat pembom ini tidak mampu dicegat ketika masuk ke daerah musuh

China membangun pesawat jet sendiri sampai satelit pencitraan. Dari pesawat stealh jet fighter, tank, rudal anti pesawat dan pesawat cargo. Peralatan perang China akan ditampilkan ke publik tapi semuanya untuk dijual

Walau pesawat Harrier sudah berumur tua, teknologi pesawat ini baru tergantikan oleh pesawat buatan Amerika. Pesawat Harrier mampu tinggal landas dan mendarat secara vertikal. Roda depan pesawat bermasalah, tapi pesawat bisa mendarat tepat di depan penyanggah

Nato dan Rusia memang sedang memanas. Beberapa foto dipublikasi ke media, menangkap 4 pesawat jet SU 27 Flanker yang mengawal Tupolev Tu 22 Backfire bomber. Ke 6 pesawat tersebut dicegat oleh 3 pesawat tempur Nato tipe Typhoon.

Apakah ada yang tertarik memiliki pesawat pembom tua Tupolev Tu 95MS Bomber. Pesawat jenis ini terbang tahun 1952 dan beroperasi di tahun 1956. Harganya lebih murah dari  mobil sport nomor wahid.

Gambar ini bukan cerita CGI atau film dengan 3D. Memang dibuat asli ketika sebuah pesawat F14 Tomcat melintas disamping kapal induk. Oleh Dale Snodgrass adalah seorang pilot F14, dia menjadi pilot dengan jam terbang tertinggi. Sudah mencapai 48 ribu jam terbang



Ini bukan perang melawan Alien atau skenario pembuatan film Independence Day 2. Parade pesawat ini memang nyata, ada 25 pesawat F 117A Nighthawk Black Stealth Fifhter terbang dalam formasi bersaama.

Sukhoi T50 sudah jadi, satu foto ditampilkan ketika pesawat terbang. Disain sama seperti model prototipe , kali ini tampil lebih rapi dan sudah di cat dengan bendera Rusia.

Yuri Arcurs ingin mengabadikan pesawat tempur yang terbang dengan kecepatan 750km. Tapi targetnya membuat si pilot pesawat harus terlihat di foto. Tidak mudah membekukan pesawat yang sedang terbang.

Tetapi SR 72 adalah pesawat tanpa awak. mengunakan 2 mesin dengan kecepatan maksimum 4 mach. Bila dikebut dapat mencapai 6 mach atau 2 km perdetik.

Pesawat Sukhoi SU 30 pertama terbang 31 Desember 1989, tapi baru diperkenalkan tahun 1996. Pesawat ini masuk armada tempur angkatan udara Indonesia. Sejauh ini hanya 420 unit lebih dibuat. Pengembangannya dari Sukhoi SU 27, sekarang sudah di modifikasi dalam beberapa model

Pesawat Stealh Fighter buatang Tiongkok model J-31. Mengunakan mesin buatan Rusia, menjadi pesawat generasi ke 5 dan sekelas F-34 Lighting II, ukurannya lebih kecil dari F-22, J20 dan Pak-fa.




No popular articles found.