Kereta peluru penumpang tidak perlu transit di stasiun


Technology | 4 December 2013

Kereta super cepat melaju dengan diatas 300km perjam. Apakah kereta perlu berhenti untuk menurunkan penumpang Sebuah gagasan mengatakan tidak perlu. Bahkan penumpang bisa pindah antar kereta selama dua kereta sedang berdampingan.

Kereta utama tidak perlu berhenti di setiap stasiun. Tujuannya menghemat waktu, kereta utama tidak perlu menurunkan kecepatan terlalu besar sehingga lebih hemat energi. China pernah mengeluarkan ide dari disainer Chen Jianjun pada tahun 2010. Satu kereta lebih kecil berada diatas rel. Ketika kereta utama datang, maka kereta yang ada diatas rel mengikuti dengan kecepatan yang sama.

Ide terbaru dari perusahaan disain Priestmangoode. Konsepnya mirip, hanya posisi kereta pendamping berada disamping kereta utama. Kereta yang lebih kecil mengejar kecepatan kereta utama, lalu memindahkan penumpang selama bergerak. Sehingga kereta super cepat tidak perlu masuk kedalam kota untuk menurun dan menaikan penumpang.

Ide Priestmangoode seperti gambar dibawah ini. Kereta yang lebih kecil ada disisi kanan mengejar dengan kecepatan yang sama, lalu penumpang bisa pindah di antara kedua kereta. Selesai menaikan dan menurunkan penumpang, kedua kereta berpisah.




Berita terkait
Kereta adalah alat transportasi paling ramah lingkungan. Setidaknya untuk jarak pendek. Bahan bakar kereta lebih hemat, dibanding pesawat, kendaraan pribadi dan pesawat terbang. Beberapa alasan mengapa kereta lebih ramah lingkungan.

Layanan kereta Seven Stars ditangani oleh JR Khyushu dibuka untuk umum. Kerena ini melintas di selatan pulau Kyushu mulai 15 Oktober. Gerbong terbaik ada dibelakang kereta, ditempatkan sebuah jendela menghadap ke pemandangan dibelakang.



Jangan melihat tampilannya seperti hidung bebek, kerena Lo Mag dari Jepang ini sudah di test dan mampu mencapai kecepatan 500km perjam. Test dilakukan selama 9 menit dengan jalur sepanjang 40km.

Stasiun kereta Jepang mendominasi stasiun paling sibuk di dunia. Ada 6 stasiun kereta. Stasiun Yokohama sekitar 760 juta penumpang pertahun atau setara 200 ribu penumpang perhari. Diatasnya adalah stasiun Umeda Osaka, Ikebukuro Tokyo, Shibuya Tokyo dan rangking 1 stasiun Shinjuku Tokyo




No popular articles found.