Format video paling umum dipakai saat ini adalah H.264. Video camera sampai camera DSLR dan camera pocket, termasuk smartphone mengunakan format H.264. File lebih kecil dengan dukungan HD, Full HD sampai resolusi 4K. Yang baru H.265 lebih mengagumkan.

CineMartin adalah perusahaan pertama yang menawarkan H.265 HEVC (High Efficiency Video Coding) dari Cinec V.2.8.  Dengan format H.265 file nantinya video dapat direkam ke SD card walau mengunakan resolusi 4K.

Cinemartin melakukan uji coba dengan ProRes 4:4:4 dan file yang dibuat hanya 590MB dari video aslinya 4,9GB. Bisa dilihat hasil dibawah ini, kedua gambar sukar dibedakan, walau mengunakan kompresi video berbeda.



Untuk menayangkan codec H.265, sebuah computer cukup mengunakan procesor dual core. Untuk teknologi mobile mungkin memerlukan teknologi baru, karena kalkulasi video H.265 lebih rumit. CINEMARTIN CINEC  sudah bisa di download versi trail.

Fitur software CineMartin
- Cinec is a fast software, capable of - for transcode / encode and convert clips, to high quality videos.
- Comes with other features for split videos, change color matrix, create time lapse / slow motion, ..
- Supports ingest from several file video formats: avi, mpeg, mts, m2ts, m2v, 3gp, mp4, m4a, 3g2, mj2, mov, wmv, etc
- Is able and used for exporting / converting videos to ProRes format, XDCam, DNXHD and H264.

Format video H.265 dapat mencapai resolusi 8K, dan Jepang sedang melakukan test untuk siaran TV berkualitas tinggi tersebut. Kompresing file format H.265 mampu menurunkan kapasitas file sampai separuh dari format H.264

Untuk Youtube dan Vimeo belum mendukung format H.265

+ www.cinemartin.com/

Bila sudah dikompres ke H.265. Apakah file bisa di edit dengan video editing, ini yang perlu ditunggu.

Untuk tayangan di computer kabarnya sudah tersedia player H.265 dari VLC Player dari versi 2.1.0 tertulis dukungan HEVC / H.265 untuk video MKV, MP4 dan RAW

VLC Player 2.1.1 Highlights

With the capabilities of "RinceWind", 2.1.1 allows experimental decoding of HEVC and Webm/VP9 (depending on the platform).

Tip : Untuk proses konversi atau merubah format dari dan ke HEVC / H.265, atau ke format video lain seperti H..265, MOV H.264