Software | 2 December 2013

Software Codec video H.264 dapat di kompres ke H.265. File jadi kecil


Format video paling umum dipakai saat ini adalah H.264. Video camera sampai camera DSLR dan camera pocket, termasuk smartphone mengunakan format H.264. File lebih kecil dengan dukungan HD, Full HD sampai resolusi 4K. Yang baru H.265 lebih mengagumkan.

CineMartin adalah perusahaan pertama yang menawarkan H.265 HEVC (High Efficiency Video Coding) dari Cinec V.2.8.  Dengan format H.265 file nantinya video dapat direkam ke SD card walau mengunakan resolusi 4K.

Cinemartin melakukan uji coba dengan ProRes 4:4:4 dan file yang dibuat hanya 590MB dari video aslinya 4,9GB. Bisa dilihat hasil dibawah ini, kedua gambar sukar dibedakan, walau mengunakan kompresi video berbeda.



Untuk menayangkan codec H.265, sebuah computer cukup mengunakan procesor dual core. Untuk teknologi mobile mungkin memerlukan teknologi baru, karena kalkulasi video H.265 lebih rumit. CINEMARTIN CINEC  sudah bisa di download versi trail.

Fitur software CineMartin
- Cinec is a fast software, capable of - for transcode / encode and convert clips, to high quality videos.
- Comes with other features for split videos, change color matrix, create time lapse / slow motion, ..
- Supports ingest from several file video formats: avi, mpeg, mts, m2ts, m2v, 3gp, mp4, m4a, 3g2, mj2, mov, wmv, etc
- Is able and used for exporting / converting videos to ProRes format, XDCam, DNXHD and H264.

Format video H.265 dapat mencapai resolusi 8K, dan Jepang sedang melakukan test untuk siaran TV berkualitas tinggi tersebut. Kompresing file format H.265 mampu menurunkan kapasitas file sampai separuh dari format H.264

Untuk Youtube dan Vimeo belum mendukung format H.265



+ www.cinemartin.com/

Bila sudah dikompres ke H.265. Apakah file bisa di edit dengan video editing, ini yang perlu ditunggu.

Untuk tayangan di computer kabarnya sudah tersedia player H.265 dari VLC Player dari versi 2.1.0 tertulis dukungan HEVC / H.265 untuk video MKV, MP4 dan RAW

VLC Player 2.1.1 Highlights

With the capabilities of "RinceWind", 2.1.1 allows experimental decoding of HEVC and Webm/VP9 (depending on the platform).

Tip : Untuk proses konversi atau merubah format dari dan ke HEVC / H.265, atau ke format video lain seperti H..265, MOV H.264

Teknologi encoding dan decoding H.265

Untuk merender atau encoding video dan melihat video H.265 atau HEVC, nantinya akan di dukung dari VGA dengan tingkat warna lebih tinggi 10bit.


Nvidia seri GTX 3000 mendukung proses encoding dan decoding video H.265 sampai 10bit langsung melalui proses GPU.


Artikel Lain

Setelah HEVC, menyusul AV1 merambah teknologi jaringan P2P di tahun 2020. Setelah teknologi codec video H.265 dengan code x265 sudah dimanfaatkan untuk film ilegal. Dari Torrent sudah menyebarkan video dengan format baru, termasuk beberapa website.

Voukoder software video Convert output langsung berbasis FFmpeg. Dukungan format AV1, serta hardware Intel Arc, AV1 encoder RDNA 3. Voukoder dapat dimanfaatkan untuk output video dari software editing video. Tanpa proses Transcode video 2 kali proses, dari software editing video.



Format video AV1 mampu mengecilkan ukuran video 30 persen dari format H.265 atau HEVC. AV1 akan menjadi format video streaming penganti H.265 dan VP9. Beberapa software merubah format video ke AV1. 2 pilihan terbaik Shutter Encoder dan FastFlix

Software untuk memotong dan mengabung video tanpa mengurangi kualitas video. Software LosslessCut dapat potong atau mengambil sebagian video kualitas sama seperti format asli, atau Zero Quality Loss. Video tidak di kompresi ulang, atau di Re-encode ulang. Fitur lain dapat mengabung berbagai format video berbeda, termasuk dukungan Subtitle video dapat masuk ke video.

Format video akan bertambah dan lebih baik lagi. Satu format video High Efficiency Video codec (HEVC) atau disingkat dengan H.265 akan tampil tidak lama lagi. Format ini terbuka dan codec mengunakan x265 sudah tersedia. Dimana keunggulan H.265 ini.



Youtube Obengplus

Trend
No popular articles found.