Pemborosan energi karena waktu adalah uang


Green | 2 December 2013

Ketika manusia sedang tidur, mesin diluar tetap bekerja. Printer, telepon meja, ATM, mesin otomatis dan lampu di jalan tetap menyala. Sejak kecil sang ibu selalu mengingatkan, matikan lampu sebelum tidur. Tetapi ditempat bekerja tidak seperti itu.



Alasan waktu adalah uang, mesin ATM diperlukan kapan saja. Kantor harus siap menerima pesan Fax setiap malam. Apa benar mesin tersebut memang digunakan setiap hari.

Satu bank di Eropa mencatat, mesin ATM mereka hanya bekerja 86-97% setiap hari termasuk pada jam sibuk. Tetapi ATM hanya digunakan 8,4 menit setiap jam. 50 ribu ATM akhirnya dirubah sistem agar bisa mati. Seperti ATM di mall ketika tutup maka ATM dapat dimatikan dari kantor pusat. Hasilnya menghemat dana 19 juta dollar pertahun.

Masalah lain, mesin penjual otomatis di stasiun olahraga belum bisa dikendalikan. Ketika ada acara pertandingan, mesin ramai dikunjungi penonton. Tetapi mesin akan terus menyala walau tidak acara, dan bertahun tahun seperti itu. Alasannya penjual takut mesin tidak sempat mendinginkan minuman kaleng dan botol plastik di dalamnya. Seharusnya mesin dapat diatur, misalnya menyala 5 jam sebelum acara pertandingan saja. Setidaknya masih sempat untuk mendinginkan isi di dalamnya sebelum acara pertandingan berlangsung. Dengan teknologi mesin pendingin baru, sekarang dapat diatur melalui jaringan internet. Bisa mengirim data ke kantor, apakah minuman perlu ditambah atau hampir habis.

Kedua jenis mesin diatas memang memboroskan energi. Banyak manager IT mulai mencari cara untuk menghemat pemakaian listrik. Pengunaan listrik di Amerika di dominasi 70% untuk kantor. Bila tidak ditangani dengan baik, pemborosan biaya listrik mencapai 202 milyar dollar pertahun di tahun 2030.

Berbeda di Jepang yang menghadapi krisis energi. Disainer mesin merubah mesin penjual otomatis mereka untuk bekerja lebih hemat. Ketika musim dingin, mesin tidak mengaktifkan refigenerator pendingin dan hanya bekerja pada musim panas saja.

Bila sedikit usaha, mesin dispenser dirumah dengan pemanas dan pendingin bisa dipasang timer agar hanya aktif pada waktu tertentu saja. Menurunkan temperatur AC agar tidak terlalu dingin, dan mencabut baterai agar adapter charger tidak menjadi vampire tagihan listrik

Seperti inilah kebiasaan masyarakat maju di kota besar. Waktu adalah uang, tapi lupa harga listrik terus naik dan pabrik listrik terus mengeluarkan asap polusi. Bila kita sadar, mungkin bisa memperbaiki dengan memulainya dari rumah sendiri.

+ Cisco


Berita terkait
Bumi mendapatkan suhu dari matahari. Tanpa cahaya yang cukup, bumi akan membeku. Bagaimana suhu bumi menjadi ideal, setidaknya sementara. Tetapi mengapa Bumi semakin panas, apa penyebabnya penjelasan dalam sain yang mudah di mengerti.

Rancangan kedua penemu tersebut adalah lembaran seperti film. Memantulkan gelombang panjang matahari seperti cahaya inframerah yang membawa panas.MIT membuat jendela transparan dan berubah menjadi buram bila terkena panas menolak cahaya matahari.



Tahu resiko bermain smartphone terlalu lama, mengalami kebutaan. Jika anda mengalami masalah penglihatan dalam beberapa tahun terakhir, karena terlalu menatap smartphone. Anda tidak sendirian. Satu korban bermain game maraton smartphone kehilangan penglihatan sebelah mata. China akan melakukan aksi pencegahan.

Sangat banyak energi di bidang hidrokinetik, cukup menempatkan turbin di air. Walau gerakan aliran air yang lambat dapat menghasilkan power dari turbin mini. Idenya untuk pembangkit mini di tempat kemah, atau komunitas kecil dimana tidak memiliki aliran listrik

Progres pembangunan energi terbarukan di negara maju terus bertambah. Salah satunya Tiongkok yang terus mengenjot pembangunan turbin pembangkit listrik, dibelakangnya adalah Jerman lebih banyak mengunakan solar cell. Seberapa besar hasil power

Asahi Glass melakukan uji coba dengan kaca Attoch e-Glass untuk menghemat energi di gedung bertingkat. Kaca Low-eGlass dapat menahan udara panas dari luar dan mempertahAsahi Glass melakukan uji coba dengan kaca Attoch e-Glass untuk menghemat energi di gedung bertingkat.

Dimana peningkatan suhu akibat pemanasan global. Indonesia masih relatif aman. Khususnya di daerah timur, seperti NTB yang sudah panas relatif tetap panas. Yang bertahan di Irian Jaya, tepatnya di daerah kepala burung.



Kota Hamburg saat ini sedang merencanakan menghapus kendaraan dari kota dalam 15-20 tahun mendatang. Tujuaannya untuk membuat kota lebih segar, lebih sehat, dan lebih menyenangkan untuk tempat tinggal. Usulan dari rencana Grunes Netz atau Green

Satu produk lampu LED menawarkan teknologi anti mati lampu. Memiliki cahaya 40W dan umur lampu 60.000 jam. Philips Emergency atau Philips Rechargeable LED Bulb LED Bulb 7W dengan internal baterai. Lampu ini mengunakan internal baterai dan charger. Bila power listrik mati, otomatis lampu mengambil power dari baterai cadangan.

Keunikan EV ARC memiliki sistem tracking ke sumber cahaya. Alat motor dibawah panel akan ikut bergerak sesuai cahaya matahari. Sehingga pengisian baterai dengan kekuatan 22kWh akan optimal. Menurut EV ARC, peralatan mereka hanya butuh 5 menit untuk pemasangan dan ditanam di tanah

Minum air yang cukup membantu tubuh tetap bugar dan sehat. Air memiliki manfaat bagi kesehatan, air meningkatkan kekebalan dalam tubuh dan bertindak sebagai pengendali suhu bnadan. Air berfungsi sebagai pelumas dalam pencernaan, air mengangkut nutrisi dan oksigen ke dalam sel

Tempat menanam pohon bisa dimulai dari jendela, balkon bahkan sudut rumah. Apa saja yang bisa ditanam, bila suka sayur bisa menanam seperti tomat, cabai, daung bawang dan lainnya

Air minum tidak terasa sudah menjadi barang mewah bagi sebagian masyarakat. Bagaimana minuman kemasan dibuat. Dimulai dari sumber air, dimurnikan, dimasukan kedalam botol plastik, disegel, diberi merek dan informasi kandungan bahan mineral dengan label, dibawah ke truk atau dikirim dengan kapal dan sampailah di restoran atau kafe di Amerika




No popular articles found.
< /body>