Nasa temukan lagi 2 planet mirip Bumi, Kepler 20e dan 20f


Kategori : Science | Date : 23 December 2011

NASA mengumumkan temuan 2 planet  planet, ukurannya mirip seperti Bumi dan lebih kecil dari penemuan sebelumnya Kepler 22b. Kedua planet  tersebut diperkirakan memiliki ukuran seperti Bumi, 20e lebih kecil dan 20f lebih besar dari Bumi.

Bentuk salah, tapi tempatnya benar. Planet sebelumnya disebut planet Kepler 22b memiliki orbit mengelilingi sebuah bintang. Kepler 22b memang paling mirip dengan lingkungan dari planet Bumi. Karena memiliki cairan yang dibutuhkan bagi mahluk hidup di sebuah planet, tetapi ukurannya lebih besar dibanding planet Bumi. Gravitasi planet tersebut akan lebih besar dibanding gravitasi Bumi. Tentu sulit bagi manusia untuk hidup dengan tingkat gaya tarik planet yang naik sampai 2x lebih besar.

Bentuk sama tapi tempatnya salah. Planet Kepler 20e dan 20f agak berbeda, ukurannya nyaris sama seperti Bumi. Ukurannya nyaris tepat, tetapi kehidupan akan sulit terjadi disana. Karena keberadaan kedua planet tersebut terlalu dekat dengan bintang (mataharinya - seperti matahari di Bumi) dari susunan tata surya Kepler.  Menurut NASA, Kepler 20e mengorbit  sekitar 6.1 hari, Kepler 20f setiap 19.6 hari. Melihat orbitnya yang pendek, kemungkinan kedua planet yang ditemukan tersebut sangat panas. Bahkan suhunya diperkirakan mencapai 400 deg.C lebih untuk Kepler 20f. Kepler 20e yang paling dekat dengan bintangnya, diduga memiliki suhu lebih panas sampai 760 deg.C.

Kepler 20e dan 20f adalah planet ke 4 dan ke 5 yang ditemukan dalam susunan tata surya Kepler , keduanya memiliki bentuk seukuran Bumi. Diduga kedua planet baru tersebut memiliki permukaan berbatu. Kepler 20e memiliki ukuran sekitar 0.87 x Bumi atau seukuran planet Venus, sedangkan Kepler 20f memiliki ukuran 1.03 x lebih besar dari Bumi. Ukuran tepat, sayang terlalu dekat dengan matahari di Kepler.

Dibawah ini ilustrasi artis tentang permukaan planet kepler 20e.

Seandainya kedua planet tersebut memang layak dihuni oleh manusia. Jarak planet tersebut memang sangat jauh, mencapai ratusan tahun cahaya.


Tugas Kepler berlanjut dengan Mission K2, sebentar lagi akan berakhir. Setelah menemukan 2.245 exoplanet, Nasa mengumumkan bahan bakar teleskop mencapai titik terendah. Artinya tidak akan lama misi berakhir. Selesai pengambilan data, Nasa akan menugaskan Kepler untuk misi terakhir.

Ada 7 planet yang ditemukan tetapi hanya 3 yang layak diamati lebih lanjut. Nasa sedang mengamati 3 planet dengan ukuran yang layak dan terakhir 2 berada di tata surya Kepler 62. Kepler-62F memiliki ukuran 40% menjadi kandidat planet seperti Bumi. Dengan perhitungan sudut kemiringan planet yang mirip seperti Bumi.

20 tahun berlalu, penemuan planet alien 4034 planet. Planet tersebut dinamakan Exoplanet atau planet yang mungkin di tinggali manusia. Juni 2017 ditemukan 219 exoplanet baru dan 10 diantaranya berada di posisi tepat



Teropong bintang Kepler sudah dipastikan harus pensiun. Melihat jasa satelit Kepler dalam 3 tahun terakhir, update dengan video. 20 tahun lalu manusia belum tahu setiap bintang pasti ada planet yang mengikuti. 6 Oktober kemarin adalah 20 tahun dari revolusi astronomi dimana manusia pertama kali melihat planet lain di luar tata surya.

Menurut peneliti NASA, 2 galaksi Milky Way atau Bima Sakti dan Andromeda memang berdampingan.Tetapi terjadinya tidak sekarang, sekitar 4,696 milyar tahun lagi. Simulasi dari ICRAR. Lalu manusia mau pergi kemana.

Bagaimana mencari planet kembaran bumi dengan teleskop Kepler. Sebuah foto galaksi Bima Sakti langsung mendapatkan foto dengan titik cahaya, semuanya bintang. Dan disetiap bintang diperkirakan memiliki planet yang mengorbit. Mengapa mencari planet seperti bumi sangat lama.

Umur bumi mungkin sekitar 1,75 miliar tahun lagi, atau paling lama hanya 3,25 milyar tahun dari sekarang. Manusia dimasa mendatang harus mencari tempat tinggal lain. Paling mungkin adalah planet Mars untuk sementara waktu. Apa yang terjadi dengan bumi setelah miliaran tahun lagi



Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E

Fisikawan Inggris Stephen Hawking memperingatkan kepada kita, manusia tidak akan bertahan di bumi. Nasihatnya, kita harus pergi ke luar angkasa, dan kita tidak akan bertahan di planet yang rapuh ini kecuali melarikan diri ke planet lain.

Satu lagi planet Kepler 37b ditemukan. Tetapi ukurannya hanya sepertiga dari ukuran planet bumi, bahkan diperkirakan sedikit lebih besar dari bulan. Planet Kepler 37b memiliki jarak 210 tahun cahaya, tidak terlalu jauh kata peneliti.

Bila tidak terlihat berwarna merah dari sekarang, sayangnya air di Mars diperkirakan pernah ada sekitar jutaan tahun lalu.

Bisa di zoom dari matahari , Bimasakti terus menjauh ke semua galaksi

NASA mengumumkan penemuan dari teleskop Hubble minggu lalu. Ada 2 gugus bintang dalam proses pengabungan atau bertabrakan. Keduanya berjarak 170.000 tahun cahaya. Ditemukan di nebula Tarantula atau dikenal sebagai 30 Doradus dalam sebuah awan Magellan besar.



Manager Kohler mengatakan bahan porselen belum tergeser oleh bahan lain. Dari manager Kohler mengatakan kedudukan toilet harus kokoh, dan harus tahan menopang pengunanya. Itu salah satu kelebihan bahan porselen.

Video ini mengambarkan dimana saja terjadi gempa, tabel dibawahnya akan bergerak ketika gempa terjadi diatas skala 6 SR dengan suara efek lebih besar seperti menit 1:54 ketika gempa besar di Jepang.

Mengunakan camera InfraRed. Hasilnya berbeda dengan tayangan biasa. Resolusi mencapai 70MB

Foto pertama dari beberapa harta karun penemuan hutan tua di China. Mungkin sangat tua, karena berumur 298 juta tahun lalu. Ditemukan di bawah tambang batubara di Wuda Mongolia Cina.

Badan PBB mengumumkan planet Bumi telah dihuni 7 milyar manusia. Dengan kesalahan 1-2 persen dari selisih perhitungan PBB. Selisih perhitungan berdasarkan perbedaan dari bulan Oktober 201

Mirip seperti cerita fiksi ilmiah, sebuah planet dengan jarak 200 tahun cahaya dari bumi dilaporkan memiliki 2 matahari. Dalam perhitungan, bila tinggal disana akan melihat matahari terbenam sampai 2 kali setiap hari


No popular articles found.