Planet KOI-351 akhirnya manusia menemukan kembaran bumi


Science | 30 November 2013

Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Kepler sendiri mengalami gangguan tahun 2013, setelah 3 roda  pengerak teleskop rusak dan tidak berfungsi maksimal. Penemuan KOI - 351 akhirnya dijelaskan oleh Dr. Juan Cabrera dari Institute of Planetary Research di German Aerospace Center.

3 dari total perkiraa 7 planet yang mengorbit bintang KOI - 351 baru terditeksi dan satu atau dua terlihat seperti posisi bumi. Mirip seperti susunan Merkurius, Venus dan Bumi.  Bila di depan bumi ada 2 planet Venus dan Merkurius. Di tata surya KOI - 351 ini ada 2 planet sangat dengan bintangnya, dan ada 3 planet lagi, disusul 2 planet besar berbentuk gas.





Untuk perbandingan dari seperti gambar dibawah ini. Sususan tata surya adalah garis paling atas. KOI 351 di garis atas kedua, dibelakang planet yang seukuran bumi tersebut terdapat 2 planet cukup besar, satu seukuran Jupiter dan di depannya malah lebih kecil seukuran Saturnus.
Baris kiri dengan bagian atas KOI 351 adalah daftar tata surya di tempat lain, KOI 351 atau Kepler 11 adalah nama bintang yang ditemukan oleh teleskop Kepler. Bagian kanan dengan bentuk bulatan adalah urutan planet yang dalam bentuk dimensi.



Astronom biasanya memberikan nomor dari planet yang ditemukan. Misal tata surya KOI 351 mewakili nama bintang (mataharinya disana), sedangkan KOI 351a, b, c adalah nama planet sesuai urutan yang mengitari (mengorbit) di bintang. Biasanya diberikan urutan a sebagai planet terdekat, karena planet paling dengan orbit paling dekat. Dan dapat dianalisa ketika diamati dari bumi, ketika planet menutup bagian cahaya bintang.

Peneliti mengatakan susunan KOI 351 adalah tata surya ini lengkap.
Tata surya KOI  351 memiliki total 7 planet. Koi 351 F yang paling cocok dengan ukuran dan zona habitat seperti bumi. Tetapi perlu di analisa lebih lanjut.
  • Planet KOI B dan C, ukurannya lebih kecil dan dekat dengan bintang, memiliki ukuran 31% dan 19% dari bumi.
  • Planet KOI  D sudah lebih dahulu diketahui dengan orbit 60 hari, diamter 2,9x lebih besar dari bumi.
  • Planet KOI E seperti KOI D dengan ukuran 2,9x lebih besar dari bumi.
  • Planet KOI G dan H memang terlalu besar dengan ukuran 8x dan 11 kali diameter bumi dan merupakan planet luar dengan orbi 211 dan 331 hari
  • Nomor planet tersebut dinamakan juga Kepler 90
Pertanyaan yang belum terjawab, jarak planet tersebut mencapai 2500 tahun cahaya. Mungkin terlalu jauh membayangkan pergi kesana. Penelitian planet ini mungkin akan dilanjutkan bila teleskop PLATO jadi dibuat oleh NASA.



+ Openexoplanetcatalogue.com
+ Spacefellowship
+ BBC

Berita terkait
Planet 51 Pegasi b penemuan planet yang mengorbit ke sebuah bintang seukuran matahari. Planet hanya memiliki waktu mengitari bintang induk dalam 4 hari saja. Keunikan planet, posisi sebagai planet ukuran gas, memiliki posisi paling depan atau dekat ke bintang.

Cerita planet Beta Pictoris B terlihat dalam bentuk 6 pixel, planet ini tertangkap teleskop selama 1,5 tahun.ESO kembali mengamati planet Beta Pictoris B dari tahun 2014 sampai 2018, melihat dengan jelas sebuah planet raksasa. Seperti ini bentuk planet di luar tata surya. Ukuran planet Beta Pictoris B diperkirakan 10x lebih besar dari planet Jupiter.



Nasa akhir mengumumkan planet Kepler 186f memiliki ukuran yang hampir sama seperti bumi. Ukurannya tepat, tempatnya juga pas. Jarak planet ke bintang disana diperkirakan aman seperti Bumi. Juli 2018, sudut planet juga miring seperti Bumi dan aman bagi atmofer planet.

Teropong bintang Kepler sudah dipastikan harus pensiun. Melihat jasa satelit Kepler dalam 3 tahun terakhir, update dengan video. 20 tahun lalu manusia belum tahu setiap bintang pasti ada planet yang mengikuti. 6 Oktober kemarin adalah 20 tahun dari revolusi astronomi dimana manusia pertama kali melihat planet lain di luar tata surya.

Teleskop Kepler menemukan tata surya yang mirip kembaran Bumi. Tata surya Kepler 444 diteliti selama 4 tahun. Disana adalah tata surya tua yang umurnya 11,2 miliar tahun, memiliki 5 planet seukuran bumi mengelilingi bintang. Di tata surya tersebut 2,5 kali lebih tua umurnya dari tata surya kita.

3 tahun lagi ada sebuah teleskop TESS untuk mencari planet kembaran bumi. Disusul 1 tahun kemudian teleskop James Webb. Update dari Dr Natalie tentang teknik pencarian kembaran bumi

Repot bila manusia harus mencari sebuah planet mirip bumi. Satu teleskop dibuat untuk mencari planet kembaran Bumi. Teleskop dengan perlengkapan Robo-AO membuat sistem teleskop robot yang bergerak sendiri.



Bagaimana mencari planet kembaran bumi dengan teleskop Kepler. Sebuah foto galaksi Bima Sakti langsung mendapatkan foto dengan titik cahaya, semuanya bintang. Dan disetiap bintang diperkirakan memiliki planet yang mengorbit. Mengapa mencari planet seperti bumi sangat lama.

Nasa mengumumkan ada 715 exoplanet yang berada di sekitar 315 bintang. Nasa mengunakan statistik baru untuk menganalisa data yang ditangkap teleskop Kepler. Data yang dikumpulkan dari 150 ribu bintang

Tim ilmuwan menemukan sebuah planet dengan kandungan air, mengorbit bintang Bootis. Tim peneliti dari universitas Penn State dan lembaga terkait mengumumkan penemuan tersebut pada 24 Februari di The Astrophysical Journal Letters.

Sebuah cincin sangat besar berisi debu dan gas berada di sekeliling bintang. Gas dan debu tersebut suatu hari nanti akan menjadi planet, 2 planet terbentuk seukuran Jupiter. Bintang HD 142527 berada pada jarak 456 tahun cahaya, pembentukannya baru terjad 2 juta tahun lalu

Sebuah planet KOI 314c memiliki ukuran 60% lebih besar dari bumi, keunikan planet ini berbentuk gas. Jaraknya hanya 200 tahun cahaya dari bumi. Berdasarakan penelitian ketika planet KOI 314c melintas di depan bintangnya, bisa dianalisa berapa temperatur planet tersebut.

Galaksi M81 atau Messier 81 letaknya 12 juta tahun cahaya dan berada di konstelasi Ursa Major Bentuk galaksi M81 adalah spiral, tapi ada yang unik di galaksi ini. Nasa membuat gabungan gambar dari beberapa teleskop berbeda

Ilmuan mengunakan Wide Field camera 3 untuk mempelajari panjang gelombang inframerah dan mencari tanda tanda adanya air. Bagaimana ilmuwan mengetahui apakah planet seperti bumi dengan ukuran memiliki air, gas CO, metana bahkan ukurannya



Nathan Gray dari Kanada baru berumur 10 tahun, dia menemukan sebuah calon supernova di galaksi PGC 61330 terletak di konstelasi Draco. Nathan menjadi manusia pertama yang melihat langsung ledakan supernova tersebut.

Sebuah planet dinami Kepler 78B sudah dipastikan memiliki ukuran seperti bumi dan jaraknya tidak jauh. Ukurannya pas dan agak lebih besar seperti bumi. Jaraknya tidak terlalu jauh dari bumi, masalahnya planet ini lagi lagi mengorbit terlalu dekat dengan bintang.

Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang International Space Station atau ISS. Stasiun ruang angkasa ini pertama diluncurkan tahun 1998. Sekarang sudah sedemikian besarnya bahkan bisa diabadikan dari bumi.

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E

Gambar diambil oleh satelit observasi tanpa awak Voyager 1. Bumi hanya sebesar 1 titik saja.

Mirip seperti cerita fiksi ilmiah, sebuah planet dengan jarak 200 tahun cahaya dari bumi dilaporkan memiliki 2 matahari. Dalam perhitungan, bila tinggal disana akan melihat matahari terbenam sampai 2 kali setiap hari




No popular articles found.