Chernobyl reaktor nomor 4 akan ditutup dengan baja untuk selamanya


Kategori : Technology | Date : 30 November 2016
Masih ingat tentang tragedi pembangkit nuklir Chernobyl Soviet yang meledak.

Satu mesin reaktor meledak setelah melakukan pengecekan, dan bukan meledak ketika sedang bekerja. Kejadian 26 April 1986 meledakan satu mesin reaktor nuklir RBMK. Terakhir reaktor ini sudah ditutup dengan lempeng baja, masalahanya lempeng baja tersebut sudah berkarat dan lapuk.

Dari BBC melaporkan proyek sedang dibangun di reaktor Chernobyl nomor 4. Konstruksi berbentuk kubah baja untuk menutup dampak radiasi bekas reaktor, ditakutkan bekas pelindung baja sebelumnya runtuh karena sudah terlalu tua. Usulan diawali oleh tim insinyur Inggris tahun 1992, tapi baru satu dekade di realisasi dan akan selesai tahun 2016.

Resiko pembangunan disana tetap ada. Setiap pekerja hanya boleh bekerja dalam waktu tertentu agar tidak terkena radiasi terlalu banyak. Bila nekat berlama lama disana, bisa terkontaminasi radiasi yang sudah ada selama hampir 30 tahun lalu



Kubah baja dibuat dengan berat 29 ribu ton. Diharapkan tetap bisa berdiri selama 100 tahun. Nantinya kubah raksasa akan digeser ke arah pabrik pembangkit listrik bertenaga nuklir tersebut. Setidaknya kubah raksasa seukuran lapangan bola ini dapat bertahan dalam beberapa puluh tahun kedepan. Sampai ilmuwan bisa menemukan teknologi baru untuk mengangkat sisa dari reaktor dan menguburnya dengan aman.



Mengapa tidak dari sekarang sisa radioaktif dibersihkan. Alasannya tidak mudah membuang radiaktif nuklir. Biayanya sangat besar dan belum ada dana. Mungkin 50 tahun nanti ada teknologi yang bisa memecahkan masalah Chernobyl.

Pastinya monumen ini tidak akan ditonton oleh wisatawan, karena tetap saja radiasi nuklir tetap ada walau sudah turun separuh dengan ditutup dengan kubah raksasa.

Bila tidak dibersihkan, manusia tidak boleh berada disana sampai 25 ribu tahun ke depan sampai radius 1000km persegi. Daerah paling berbahaya ada di radius 30 km dari pembangkit untuk tumbuhan. Vronska ingin merubah daerah tersebut menjadi cagar alam terbesar di Eropa.





November 2016
Pekerja konstruksi mulai memindahkan pelindung perisai untuk menutup bekas reaktor nuklir Chernobyl. Mengantikan perisai beton anti radiasi yang sudah dibangun, karena dikhawatirkan pelindung baja mulai rusak. Perisai baja baru berukuran panjang 275 meter dan tinggi 108 meter menghabiskan dana $1,6 miliar dari bank Eropa dan ERBD. Membutuhkan 4 tahun untuk membuat perisai dan dimulainya tahap akhir untuk dipindah dengan sistem hidrolik diatas reaktor. Pada tanggal 29 November 2016 nanti, reaktor akan aman ditutup oleh pelindung baja.

Bekas reaktor Nuklir Chernobyl ditutup selamanya

Dibawah ini penutupan



+ BBC News

Berita terkait
Dari video BBC menceritakan bagaimana cara kerja reaktor nuklir. Seperti memanaskan ketel air dan mengerakan turbin. Pembangkit listrik reaktor nuklir mengunakan teknik yang sama, tetapi pemanas mengunakan reaksi dari plutonium.

Pembangkit nuklir dengan bahan bakar thorium menjadi solusi pembangkit yang aman dan murah. Bahan thorium lebih banyak dibanding uranium, biaya perawatan murah. Skala kecil dengan biaya 1000 dollar menyalakan 10 rumah seumur hidup



Sean Zhang seorang profesor dari universitas Jilin, bersama timnya membuat tinta printer dari air. Disebut Hydrochromic Molecular Switches untuk kertas Water-Jet rewritable paper. Mengapa mereka mencari cara untuk menganti tinta printer dengan bahan ramah lingkungan.

Soviet memiliki bom nuklir sangat banyak di era perang dingin. Setelah menjadi negara Rusia, sekitar 500 ton uranium dari senjata nuklir di nonaktifkan menjadi bahan bakar nuklir dan dijual ke Amerika Serikat. Untuk apa uranium tersebut

Mengunakan teknologi supercepat dengan fusi nuklir, sebelumnya hanya sebatas film fiksi. Ada kemungkinan ilmuan menemukan cara dengan teknologi ini. Fisika dibelakang ilmu roket fusi sudah dibuktikan di laboratorium. Satu lagi teknologi roket pendorong Hall Thurster

Departemen energy Amerika akan menghancurkan bom nuklir terakhir yang disebut "monster weapon. Tipe B53 Nuclear Warhead memiliki kekuatan setara 9 megaton atau setara 750x bom atom yang diberikan ke kota Hiroshima.

Data terbaru yang diungkap, energi solar cell saat ini bisa ditawarkan dengan harga 14 sen atau kurang untuk per KWh. Sementara nuklir membutuhkan dana 14-18 sen untuk per KWh.




No popular articles found.