Bintang Westerlund 1 tempat super cluster star dengan kumpulan bintang


Science | 29 November 2013

Westerlund 1

Westerlund 1 disebut juga Ara Cluster adalah tempat dengan jumlah besar bintang di satu tepat di galaksi Milky Way. jaraknya sekitar 3,5-5.000 pc atau sekitar 15000 tahun cahaya.  Ditemukan pertama oleh Bengt Westerlund tahun 1961.

Di komplek atau tempat ini banyak bintang besar, bintang yang bentuknya langka, berevolusi tinggi termasuk 6 raksasa Hypergiant berwarna kuning, 4 berwarna merah, bahkan 24 bintang kelas Wolf rayet dengan warna biru. Menurut para ahli, daerah ini mungkin  terbentuk dari satu ledakan tunggal dalam pembentukan bintang lain, sehingga bintang lain terjadi diwaktu hampir bersamaan setelah melihat usia dan komposisi yang sama.

Umur bintang dikomplek ini diperkirakan 4-5 juta tahun lalu. Pada gambar, objek kelompok bintang berwarna kuning adalah cluster bintang Westerlund 1. Bintang disana saliing berdekatan, bahkan dianggap gugus muda bintang muda. Salah satunya bintang Westerlund 1-26 memiliki ukuran sangat besar. Sebuah bintang super raksasa merahh yang ekstrim. Memiliki jari jari 1530 tata surya kita.

In this space wallpaper, a composite image of the super star cluster "Westerlund 1" from 2.2-m MPG/ESO Wide-Field Imager (WFI) observations. The image covers a 5 x 5 arcmin sky region and is based on observations made in the V-band (550 nm, 2 min exposure time, associated to the blue channel), R-band (650nm, 1 min, green channel) and I-band (784nm, 18 sec, red channel). Only the central CCD of WFI was used, as the entire cluster fits comfortably inside it. The foreground stars appear blue, while the hot massive members of the cluster look orange, and the cool massive ones come out red.

Link foto ada di Space.com



Ppenjelasan terbentuknya cluster star bisa dilihat dibawah ini. Awalnya astronom menduga Omega Centauri sebagai nebula, ternyata disana adalah komplek bintang.



Sebagai contoh daerah Globular Star Cluster Mmessier 55. Dari bumi bisa melihat garis galaksi Bimasakti, posisi kumpulan bintang ini ada di tepi atas atau bawah galaksi.


Berita terkait
Seperti apa sih galaksi Bimasakti sebelum seperti sekarang ini. Bicara galaksi loh, bukan bicara planet , komet atau asteroid. Nasa membuat 2 perbandingan gambar yang di dapat dari sebuah galaksi yang sangat jauh M33. Galaksi Bima Sakti dulu pernah mati tapi hidup kembali.

Presiden Obama sempat berbagi di akun Twitternya. Bukan urusan politik tapi sebuah gambar tentang tempat dimana terdapat sekumpulan bintang di planet Bima Sakti. Foto diambil oleh teleskop Hubble.



Tahun 1764 terhitung ada 30 bintang saling berdekatan di satu tempat ini. Terakhir sekitar 80 bintang tampak dan membentang dengan jarak 25 tahun cahaya. Lokasi Messier 7 tidak jauh dari bumi, dan masih berada di galaksi Bima Sakti. Sekitar 980 tahun cahaya dari bumi.

Satu objek di galaksi M82 ditemukan sebuah cahaya sangat besar. Ilmuwan mengatakan sebuah cahaya begitu cerah di galaksi tersebut, ada sebuah ledakan supernova. Cahaya yang terditeksi 21 Januari 2014 kemarin

Satu planet ditemukan oleh Hubble 14 November 2003. Planet Sedna memiliki orbit ke matahari. Menjadi planet ke 10, tapi planet ini memiliki lintasan sangat jauh bahkan jauh diluar planet Pluto.

Bintang HD 184738 memiliki masa yang rendah dan menjelang kematiannya. Nasibnya seperti matahari kita nanti, mungkin 5 milyar tahun kedepan.

Secara umum di alam semesta ini hanya memiliki bentuk galaksi spiral dan berbentuk bulat memanjang. Sekarang agak berubah setelah teleskop Hubble lebih dalam dan membandingkan dengan galaksi yang bisa diamati. Lalu asal mula terbentuknya darimana.



Mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang International Space Station atau ISS. Stasiun ruang angkasa ini pertama diluncurkan tahun 1998. Sekarang sudah sedemikian besarnya bahkan bisa diabadikan dari bumi.




No popular articles found.