MRAM akan gantikan DRAM memory update computer bisa resume instan


Kategori : Technology | Date : 6 January 2014
Update
Memory baru siap mengantikan teknologi DRAM. Berita ini baru diumumkan menjelang CES 2014 di Las Vegas. Memory DRAM mengunakan sistem 0 dan 1 pada sistem elektrik di setiap sel memory. Magnetoresistive RAM mengunakan magnetic charge mengunakan teknik magnetic charge. Resistive RAM (RRAM).

Disain dasar RRAM seperti roti lapis. Ada 2 material dan ditenganya memiliki lapisan yang berbeda resistan. Siapa saja yang tertarik bergabung ke proyek memory generasi baru MRAM. Renesas, Hitachi dan Micron tertarik mengunakan teknologi yang dibuat oleh universitas Tohoku Jepang. Saat ini teknologi MRAM masih terus dikembangkan sebelum mengantikan DRAM chip.

Apa perbedaan signifikan antara MRAM dan DRAM. Katanya dengan DRAM memory hanya bersifat sementara disimpan. Dan membutuhkan OS dan software. Ketika power dimatikan, maka data juga hilang. Berbeda dengan MRAM atau RRAM. Mampu menyimpan data di dalam walau tidak diberikan power. Jadi computer bisa langsung On setelah computer dimatikan.



Aliansi perushaan Jepang dan Amerika menargetkan pengantian teknologi memory DRAM ke MRAM. MRAM adalah magnetoresistive random access memory. Melibatkan 20 perusahaan Jepang dan Amerika, termasuk Tokyo Electon, Shin-Etsu Chem, REnesas Electronics, Hitachi, dan raksasa memory Micron.

Apa keunggulan dari MRAM. MRAM mengunakan teknik penyimpanan dengan magnit dan bukan berupa aliran listrik atau arus listrik.
Keuntungannya, pemakaian daya hanya 1/3 dari DRAM. Kapastias 10x lebih banyak, dan daya tahan 10x lebih lama.

Tapi itu baru teori dari MRAM. Lalu untuk apa memory MRAM. Targetnya pada perangkat gadget dari smartphone dan tablet. Tetapi MRAM tidak tampil dalam waktu dekat. Produksi masalnya baru dibuat tahun 2018.
Mengapa MRAM dibuat, bisa kita lihat teknologi tidak banyak berubah pada teknologi penyimpanan. Semua komponen masih mengunakan arus daya. Mengapa tidak dibuat seperti teknologi magnetik yang dapat menghemat power. Demikian penjelasan dengan MRAM, setidaknya dapat menunggu 5 tahun kedepan sampai teknologi MRAM dimanfaatkan oleh masyarakat

Berita terkait
Konsorsium Hybrid Memory Cube kembali direvisi. Lebih cepat dari generasi sebelumnya, dari 15Gb/s menjadi 30Gb/s. Bayangkan sebuah cache memory procesor sekarang ada di memory biasa.

Intel menyiapkan 10nm pada tahun 2016. Tidak ada kelambatan dalam revolusi procesor yang dikecilkan kembali. Pabrik yang menangani ada di Arizona dengan Fab 42.



TeleGeography, sebuah peneliti dan perusahaan konsulting telekom memberikan gambar sebanyak apa kabel serat optik sekarang. Sampai tahun 2013 sudah ada 244 jalur kabel bawah laut, dan 232 sudah bekerja, 12 jalur dalam perencanaan, dan satu lagi jaringan

Mengapa layar handphone ikut berputar dari 90 derajat atau lebih. Ada sensor sangat kecil membantu mengatur posisi gravitasi dari handphone. Sebuah chip disebut Accelerometer membantu mengatur layar




No popular articles found.