Pesawat Sukhoi T50 tiba di Moscow untuk test


Technology | 22 November 2013

Prototipe generasi ke 5 jet tempur Rusia ini masuk kategori jet stealth fighter. Pesawat ini baru mendarat pada 11 November di Zhukovsky, sekitar 40km di dekat Moscow.

Sukhoi membangun T50 dengan 2 mesin dan menjadi bagian dari program jet Pak Fa. Pihak Sukhoi menginginkan kemampuan jet T50 seperti kesuksesan Mig 29 dan SU 27.  Maklum, kecepatannya mencapai 2 Mach.



Lebih cepat dari F25 Lighting II buatan Bethesda, tetapi masih kalah cepat dibanding F22 Raptor buatan Lockheed. Rusia sendiri kabarnya akan membeli dari Sukhoi sekitar 70 pesawat jet T50, termasuk 10 model prototipe yang akan diuji coba.

Sukhoi T-50 pertama terbang tahun 2010, versi terbaru dinamakan T-50-5 dengan tambahan antena DAS seperti F 35 yang mampu memberikan peringatan kepada pilot atas serangan rudal di sekeliling pesawat. Pesawat dilengkapi teknologi night vision, dan kemampuan tracking pada pesawat teman.

T50 baru mulai diproduksi tahun 2016. Sukhoi tidak membawa pesawat ini untuk dipamerkan di Paris Show


Berita terkait
Pesawat terbesar di dunia bukan dari disain pesawat penumpang. Umumnya dibuat untuk cargo, penelitian antariksa dan pesawat angkut militer. Pesawat terbesar dipegang buatan Soviet Myra. Di abad ke 21 satu pesawat Stratolaunch untuk mengangkut roket keluar berhasil uji terbang.

Tetapi SR 72 adalah pesawat tanpa awak. mengunakan 2 mesin dengan kecepatan maksimum 4 mach. Bila dikebut dapat mencapai 6 mach atau 2 km perdetik.



Pesawat mata mata seperti A 12, SR 71 dan U2 keliatannya keren. Tetap tidak bagi pilot pesawat jenis ini. Terbang jauh lebih tinggi dari pesawat komersil membutuhkan baju khusus. Rata rata pesawat mata mata perlu terbang selama 12 jam untuk tugas pengintaian.

Gambar kedua diambil oleh satelit Ikonos, menunjukan pesawat Y-20 diliar hanggar besar di landasan Yanliang. Beberapa pesawat yang ditangkap oleh camera seperti pesawat Y-8 kelas menengah

Pesawat Stealh Fighter buatang Tiongkok model J-31. Mengunakan mesin buatan Rusia, menjadi pesawat generasi ke 5 dan sekelas F-34 Lighting II, ukurannya lebih kecil dari F-22, J20 dan Pak-fa.




No popular articles found.