<

Pesawat Boeing 777X pesawat komersil dengan sayap lipat


Kategori : Stuff | Date : 25 January 2019
Pesawat jet dengan mesin jet terbesar di dunia siap tahun 2020
Januari 2019
Mungkin anda tertarik melihat sebuah pesawat dengan mesin ganda terbesar di dunia tipe General Electric GE9X.

Boeing 777X dibuat dengan kabin berbeda dibanding generasi pesawat sebelumnya.

Ruang kabin sedikit lebih lebar, karena bagian dinding lebih tipis di setiap sisi, dan ukuran jendela 16% lebih besar. Boeing merancang jendela penumpang pesawat sedikit naik 8 com agar cahaya lebih banyak masuk ke dalam dan dapat dinikmati oleh penumpang yang tidak di dekat jendela, dan sebaliknya penumpang dapat memandang keluar lebih lebar.

Bagian jendela kelas bisnis dapat dibuat pilihan dengan opsi jendela dapat diredupkan dan jendela mekanis.

Bagian atap dibuat dengan ukiran dan suasana baru. Tidak sampai disana, tempat bagasi di ruang kabin lebih luas, bahkan koper besar dapat ditempatkan vertikal.

Boeing seri 777x mencakup model 777-8x dengan 350 penumpang, dan 777-9x dengan 400 penumpang

Pesawat 777x dirancang lebih hemat bahan bakar, setidaknya 12% lebih rendah.

Penerbangan perdana pesawat jet komersil dengan mesin terbesar di dunia ini diperkenalkan resmi tahun 2019 dan siap di produksi. Pengiriman pertama untuk maskapai udara dijadwalkan 2020.

Boeing telah mendapat 300 pesanan seri 777x. Termasuk All Nippon Airways, Cathay Pacific, Emirates, Etihad Airways, Lufthansa, Qatar Airways, dan Singapore Airlines.

Seperti apa rancangan seri 777x di dalamnya



Boeing 777X inside cabin passenger

Mei 2018
FAA badan regulasi penerbangan Amerika menyetujui pengunaan sayap yang dapat dilipat untuk Boeing 777x.

Artinya pesawat jet komersil Boeing 777x sudah mendapat ijin untuk diproduksi.
Posisi sayap yang dilipat akan ditekuk ke atas setelah mendarat. Dan teknologi Boeing akan memastikan pilot baru dapat lepas landas setelah bagian sayap benar benar terkunci secara baik.
Dan memastikan bagian sayap juga tidak terbuka atau menutup selama penerbangan.

Fitur sayap lipat 777x adalah teknologi pertama untuk jet komersil. Tetapi di industri pesawat militer, hal ini sudah lama ada. Seperti ruang terbatas di kapal induk, produsen jet tempur harus membuat pesawat dengan sayap lipat.  Termasuk sayap helikopter. Produsen pesawat lain juga membuat sayap yang dapat dilipat, tapi untuk pesawat tipe lebih kecil.



2013 November
Boeing 777X baru diperkenalkan di Dubai Airshow. Boeing memperkenalkan pesawat jet penumpang komersil ini dengan sayap yang dapat dilipat.

Hanya bagian ujung sayap yang bisa dilipat, manfaatnya bila mendarat di bandara dengan tempat parkir kecil.

Boeing 777X adalah varian pesawat baru yang dibuat dalam 2 model menjadi tipe Boeing 777-8X dan 777-9X. Panjang pesawat sekitar 70-76 meter, lebar sayap 71.1 meter untuk kedua pesawat, tapi dapat dilipat menjadi 64,8 meter. Mampu terbang sampai 17.557km dan 15.000km.

Sayap dapat dilipat di bagian tepi, agar tidak terlalu lebar sebelum masuk ke parkir / termnial bandara.

Pesawat ini dirancang sangat efisien dalam pemakaian bahan bakar.


Apa yang menarik dari Boeing 747. Yang terakhir terbang milik GE bulan November 2018. Cathay Pacific dengan Boeing 747 jurusan San Francisco ke Hongkong terakhir dengan Boeing 747 dipensiunkan. KLM melakukan perjalanan terakhir dengan Boeing 747. Delta pensiunkan Boeing 747 terakhir Des17.

Airbus memiliki pesawat Beluga atau A300-600ST super transporter. Pesawat ini bertugas membawa suku cadang pesawat dari satu pabrik ke pabrik lain untuk proses perakitan. Ada 5 pesawat Beluga yang dioperasikan Airbus. Nantinya bertambah dengan Beluga XL tahun 2019

Pesawat Boeing KC-46 tanker udara. Lebih besar, mampu mengisi bahan bakar pesawat angkut sampai militer di udara. Selain Amerika, Jepang telah memesan  tanker terbang ini. Indonesia masih mempertimbangkan antara Boeing dan Airbus, sesuai kebutuhan pesawat yang ada.



Pesawat terbesar di dunia bukan dari disain pesawat penumpang. Umumnya dibuat untuk cargo, penelitian antariksa dan pesawat angkut militer. Pesawat terbesar dipegang buatan Soviet Myra. Di abad ke 21 satu pesawat Stratolaunch untuk mengangkut roket keluar dari hanggar Juni 2017

Pesawat komersil Boeing 787-9 Dreamliner sedang bermanuver. Terbang menanjak, lalu berbelok. Kembali berputar dan mendarat lalu terbang kembali. Pesawat ini menjadi saingan Airbus. Ini bukan CGI, video asli

Pesawat di era 60an. Teknologi tidak ada di pesawat tahun 1960an.  Tidak ada GPS, tidak ada komunikasi satelit dan tidak ada WIFI di pesawat. Semua tergantung sinyal dan komunikasi radio. Sekarang sudah ada pesawat menyediakan jaringan internet, bahkan memiliki sistem pendaratan sendiri.

Ethiopian Airlines Boeing 767-300ER mengalami gangguan mesin dan mendarat di sebuah landasan. Masalah kedua untuk kembali terbang, landasan di Tanzania tersebut ternyata pendek sekali, hanya 1.5km hampir separuh standar minimum.



Pesawat Boeing 777 Emirates batal landing setelah posisinya terlalu miring di landasan. Pesawat batal mendarat dan kembali naik dan pindah ke bandara lain.

Berapa lama mengeluarkan seluruh penumpang pesawat raksasa Airbus A380. Total penumpang mencapai 873 penumpang dalam waktu 90 detik. Apakah Airbus mampu mengeluarkan semua penumpang dalam waktu sesingkat itu.

Apesnya kalau melakukan interview pas dikerjain sama Prank LG Meteor. Video lucu dari video Prank sedang serius ditanyakan oleh bagian karyawan, mendadak di jendela muncul sebuah meteor jatuh. Dan menghancurkan semuanya.

Ada 2 video menarik di Youtube, tentang pesawat terbang melawan angin. Pesawat yang mendarat harus menghadapi cuaca kurang baik di landasan, karena adanya Crosswind atau angin kencang dari arah samping.

Terbang dari Los Angeles ke Frankfurt jerman. Mengunakan layanan pesawat Lufthansa di First Class dengan pesawat Boeing 747-8i. Satu tempat duduk memiliki ranjang 2 meter, termasuk power untuk laptop, layanan hiburan. Untuk makanan jangan ditanya lagi.

Satu foto diposting oleh departemen pertahanan Amerika. Memperlihatkan pesawat cargo militer C 17 Globemaster III sedang di isi bahan bakar di udara tengah malam oleh satu pesawat 151 Air Refueling Wing



Pesawat mata mata seperti A 12, SR 71 dan U2 keliatannya keren. Tetap tidak bagi pilot pesawat jenis ini. Terbang jauh lebih tinggi dari pesawat komersil membutuhkan baju khusus. Rata rata pesawat mata mata perlu terbang selama 12 jam untuk tugas pengintaian.


No popular articles found.