Layanan email Gmail sekarang bisa mengirim attachment file ke Google Drive.

Misalnya satu email disertakan attachment seperti file foto, dokumen. Pemilik email Gmail bisa mendownload untuk membuka file Attachment atau bisa menyimpan file Attachment langsung dari email ke Google Drive.

Tidak perlu di download lalu di upload kembali bila memerlukan arsip. Bisa dilakukan dari website Gmail.com dan file akan disimpan ke Cloud Storage Google Drive. Jadi ada 2 backup , di email attachment dan di Google Drive.

Untuk Gmail Android
Memiliki fitur yang sama dari Gmail website. Fitur lain untuk OS Android 4+3 dengan multiple file, Android 4.4 Print email, Android 4.0 fitur Low Memory device

Tampilan Gmail untuk mengirim ke Google Drive dibawah ini.
Bila email terdapat lampiran Attachment, lihat pada pilihan sisi kanan. Ada 2 kerterangan opsi , untuk mendownload lampiran email dan mengirim file ke storage pribadi di Google Drive ( drive.google.com )
Arahkan icon mouse icon Recycle dan akan keluar 2 menu, untuk download attachment email Gmail atau memindahkan ke Google Drive.
Sekali file di pindah, attachment file di email tetap ada. Dan copy file lain ada di Gdrive.




Penting tidaknya mengunakan fitur Save Attachment to Google Drive. Sebuah email termasuk lampiran bisa saja terdelete secara tidak sengaja. Dengan fitur Save Attachment to Google Drive, penguna email Gmail dapat memanfaatkan kemudahan membackup data penting dan mengirim file attacment ke  storage pribadi. Karena layanan ini juga gratis, akan lebih cepat mengirim file attachment langsung ke Google Drive dibanding mendownload dahulu dan mengirim kembali sebagai file backup.

Bila file sudah disimpan di Google Drive, anda tidak perlu  mengambil file untuk memforward ke rekan atau orang lain. File yang ada di Google Drive bisa di share dengan memberikan sebuah link, dan tidak perlu download ke computer lalu di kirim kembali via email. Cukup memberikan satu link yang diberikan di Google Drive.

Batas attachment di Google Email
Penguna Gmail dapat menerima ukuran file attachment sampai 50MB, atau naik dari 25MB (standar).
Sebelum pembaruan ini penguna harus meminta ijin di Google Drive, untuk menerima dan mengirim file ukuran besar. Tetapi mengirim satu file attacment tetap dibatasi sampai 25MB dengan file utuh. Sama seperti layanan Yahoo email dan Outlook email yang membatasi attachment sampai 20MB dan 26MB

Dibawah ini batas layanan Google Gmail.
Maksimum attachment yang langsung dikirim total maksimum 25MB.
Batas penerimaan email yang dikirim 50MB
Bila file yang dikirim lebih besar dari 25MB, Gmail otomatis menambah sebuah link ke Google Drive di dalam email.
Anda dapat mengirim sebuah file ukuran sangat besar 10GB melalui link dari Google Drive.
User biasa dibatasi menerima dan mengirim 500 email untuk akun Gmail gratis. User GSuite (berbayar) mendapatkan fasilitas 60 email permenit. Batas mengirim setelah kuota tercapai akan kembali seperti biasa setelah 24 jam.

Baca juga cara download file dari Google drive di perangkat Android

Gmail Block dan Unsubscribe
Gmail bulan September 2015. Memberikan fitur baru dari nama pengirim yang tidak anda suka, tidak kenal, atau email Spam tapi masuk ke folder biasa.
Fitur Block nama pengirim sudah diberikan unntuk Gmail Web dan Gmail Android.
Fitur Unsubscribe misalnya mendapat kiriman berita atau penawaran dari email secara rutin. Dapat di blok di Gmail

Fitur Baru Gmail Block nama pengirim dan Unsubcribe

Google Account Gmail dapat menonakfitkan bila user tidak aktif
Bila pemilik akun ingin mengunci sistem email. Terdapat pilihan Inactive Account Manager.
Pemilik akun dapat mengatur dalam periode waktu sampai 12 bulan. Bila tidak aktif dapat di nonaktifkan secara otomatis oleh Google. Bukan berarti anda sudah meninggal, tapi pengamanan data pribadi anda, setidaknya setelah anda menghilang dari internet.
Setting waktu menentukan kapan terakhir anda aktif dengan layanan Google.
Setelah periode waktu mendekati batas yang anda inginkan misalnya 18 bulan tidak aktif. Google akan mengirim email peringatan melalui SMS atau email.
Pilihan kedua untuk menambah kontak dan berbagi data, setidaknya 10 akun teman atau keluarga lainnya. Atau meminta Google menghapus semua data secara permanen. Info Inactive Account Manager