Mesin bor terbesar Bertha untuk pembuatan terowongan double decker


Stuff | 4 April 2017

Mesin bor terowongan terbesar di dunia

Mesin bor untuk membuat terowongan dibuat dari Jepang dan dirakit di Amerika.

Mesin bor terbesar ini dinamai Bertha dan menjadi mesin bor terbesar saat ini untuk ukuran diameter. Pertama digunakan untuk pembuatan terowongan jalanan dua tingkat.

Total panjang mesin bor mencapai 100 meter dan beratnya 7.000 ton. Pembuatan selama 2 tahun di Jepang. Bor Bertha akan ngebor sepanjang 2,5km menjadi sebuah terowongan, kecepatan bor ini sekitar 12 meter perhari. Memiliki lebar sekitar 18 meter.

Karena mesin bor ini sangat besar, membutuhkan mesin dengan kekuatan 25 ribu tenaga kuda untuk memutar mata bor tersebut. rencananya akan digunakan untuk membuat terowongan di jalan hambatan double decker di kota Seattle.

Seattle membangun kembali satu terowongan baru untuk mengantikan terowongan lama yang dibuat tahun 1953 yang runtuh karena gempa

Gambar dibawah adalah mata bornya Bertha.



Gambar dibawah rancangan mesin, jalur yang akan di bor dan struktur mesin bor Bertha



Dibawah ini proses perakitan mesin bor sebelum dimulai pekerjaan pembuatan terowongan.





Proses pengeboran dan pemasangan blok dinding terowongan  dilakukan langsung oleh mesin selama pekerjaan pengeboran.



April 2017
April 2013, atau 4 tahun lalu mesin bor Bertha memulai tugasnya membor untuk membuat terowongan dibawah gedung tinggi kota Seattle. Mengantikan terowongan tua yang usianya sudah 64 tahun dan ditetapkan tidak aman setelah gempa tahun 2001.
April 2017 mesin tersebut sudah selesai membor terowongan baru.


Berita terkait
Disebut Monster Machine diesel. Mesin ini menjadi mesin diesel terbesar di dunia. Sebuah kapal raksasa pengangkut kontainer Emma Mærsk memiliki panjang 400 meter lebih, dengan total berat 170 ribu ton digerakan oleh mesin Wartsila-Sulzer 14RT-Flex96

Dirancang untuk kereta cepat, menghindari kerusakan lingkungan. Panjangnya mencapai 57km dan tepat dibuka tahun 2016. Terowongan kereta terpanjang ini untuk menekan angkatan barang yang melintas di pegunungan Alpin, serta transportasi kereta penumpang dengan kecepatan 160km perjam



Mesin RU 800 S ini untuk menganti jalur kereta. Kerjanya sangat cepat, jauh lebih cepat dibanding pekerja yang menganti bantalan kereta. Mesin dengan berat 692 ton tersebut dapat bekerja nonstop selama 10 jam untuk menganti rel serta bantalan kereta sekali jalan.

Bagi penduduk di luar sana, mengunakan mesin untuk pekerjaan rumah sudah biasa. Robot pembersih rumah, microwave, mesin cuci dan mesin pencuci piring. Seperti apa kerja mesin pencuci piring.

Kayu bakar, masih digunakan di negara sub tropis atau daerah bersalju. Kayu bakar digunakan untuk pemanas darurat. Bila cuaca buruk bisa saja aliran listrik mati atau aliran gas terhenti. Mesin Hahn HFP160 dirancang khusus membuat kayu bakar.

Crane atau derek Hammerhead memiliki tinggi setara 14 lantai. Digunakan untuk mengangkat pipa pengeboran dengan daya angkat 320 ton. Barang dari dek kapal dapat dipindah langsung oleh derek ini ke pelabuhan.

Makita membuat mesin gergaji kayu dengan power baterai.  Makita X2 LXT hanya mengunakan power listrik dari sepasang baterai 18V. Suara mesin gergaji ini hanya memiliki tingkat kebisingan 90 desibel



Sebuah galangan kapal di China, ditangani perusahaan Dalian. Disana terdapat crane atau pengangkat barang untuk konstruksi kapal. Disebut sebagai Goliath Crane memiliki beban 4.000 ton

Dirancang untuk membawa beban berat, pasukan sampai kendaraan. Jasanya cukup banyak, dari Chernobyl dan digunakan PBB

Beberapa mesin dengan kekuatan diatas rata rata yang digunakan manusia. Dari mobil sport, helikopter, kereta peluru. Memiliki kekuatan mesin diatas rata rata mesin lain.




No popular articles found.
< /body>