Kapal induk generasi baru USS Gerald R Ford termahal milik Amerika


Kategori : Stuff | Date : 15 July 2017
Kapal induk dengan formasi selalu datang dengan kapal perang lain termasuk kapal selam
Apakah kapal induk bisa di tengelamkan

Seandainya kapal induk sedang berlayar, siapa yang bisa menenggelamkan.

Jarak aman menembak kapal induk dengan rudal kecepatan supersonik membutuhkan waktu 20 menit. Bila terditeksi, kapal induk bisa saja sudah bergerak dengan kecepatan 50km perjam untuk menghindar. Itulah kekuatan kapal raksasa dengan bahan bakar nuklir.

Belum ada catatan sebuah kapal induk nuklir di serang torpedo. Serangan dari bawah laut akan terditeksi pada jarak 45km lebih. Rusia memiliki terpedo penghancur kapal, tapi sejauh ini belum memiliki cerita baru. Mengejar kecepatan kapal induk, artinya mesin kapal selam akan terditeksi untuk mencapai kecepatan yang sama. Kecuali kapal selam menyusup dari arah berlawanan.

Menyerang dengan kapal kecil untuk mendekati kapal induk. Terditeksi artinya bersiap dihancurkan oleh helikopter dan pesawat udara.

Upaya apapun untuk menembak kapal induk adalah operasi mahal, sulit dan beresiko. Artinya harus bersiap menghadapi kapal perusak dan kapal udara yang menjaga di sekitar kapal induk.

Formasi kapal induk
Karena sebuah kapal induk tidak pernah datang sendiri, tugas utama untuk mengirim pesawat dan melakukan menyerang dari udara ke udara atau udara ke darat.
Menjaga di tepi pantai atau perbatasan untuk pengawasan. Atau mengirim pasukan, serta melakukan serangan pada objek vital dari jarak dekat setidaknya terjangkau dengan jet tempur.

Tapi kapal induk tidak memiliki pertahanan utama, seperti serangan udara secara tiba tiba.

Kecanggihan sebuah kapal induk tidak akan berguna bila tidak didampingi kapal lain untuk menjaga kapal utama.

Umumnya akan di kawal oleh beberapa kapal perang selama perjalanan dan diawasi oleh pesawat pengintai dalam kondisi genting. Serta teknologi canggih seperti sistem camera satelit.



Posisi kapal lain ada disisi kapal induk, atau berada di kejauhan untuk mengawasi bahaya. Diantaranya kapal perusak, penjelajah, kapal penangkis serangan udara.

Setidaknya satu kapal selam tipe penyerang  seperti Seawolf di bagian depan yang lebih dahulu mengamankan rute kapal induk dari serangan kapal selam musuh yang menyusup. Kapal selam modern akan menditeksi area dan berada sampai jarak 22-46km dari kapal utama.

Formasi kapal induk dengan kapal selam bertugas di bagian depan

Di udara diawasi oleh pesawat radar setingkat AWAC untuk mengawasi dari udara.

Secara umum luas area 370km dari titik kapal induk akan di awasi penuh termasuk dengan satelit.

Bila terditeksi ada kapal penyerang seperti jet tempur dan sudah diketahui tapi tidak memberikan jawaban, akan diluncurkan rudal dengan kecepatan 4 mach atau lebih tinggi.

Kapal suplai lain bertugas mengirim semua kebutuhan kapal induk dan kapal pendamping seperti bahan bakar pesawat, logistik dan bahan bakar.

Formasi kapal induk ketika bertugas

Negara yang memiliki kapal induk, dipastikan memiliki kapal perang lain serta kapal selam untuk mendampingi kapal induk utama. Membuat negara dengan kapal induk harus memiliki kapal lain yang biayanya juga tidak murah.

Dari posisi kapal induk, dapat diterbangkan pesawat tempur atau rudal laut ke darat untuk menjangkau 1100km.

Tetapi sebuah kapal induk tidak hanya bertugas dalam perang.
Dapat ditugaskan untuk mengawasi daerah yang bersengketa.
Dan melakukan misi penyelamatan dengan helikopter, atau diam dilaut dan mengirim pasukan penyusup di daerah konflik.
Bahkan dapat ditugaskan untuk misi penyelamatan bencana besar bila diperlukan, karena kapal induk seperti bandara udara di atas air.

Ketika sebuah negara mengirim kapal induk untuk berperang, dipastikan ada masalah serius yang memerlukan tindakan.
  • Tahun 2016, Amerika mengirim USS John C Stennis, membawa 4 kapal perang termasuk kapal perusak untuk melakukan patroli di dekat pulau buatan China.
  • Tahun 1990an, memiliki tugas berbeda. Amerika mengirim USS Midway untuk mengawasi invasi Irak ke negara tetangga Kuwait. Tidak lama pecah perang antara Amerika, Australia, dan negara lainnya dalam invasi pasukan Irak dengan Operation Desert Shield.
  • Setelah bertugas, kembali ke Filipina untuk mengambil operasi Fiery Vigil dan mengevakuasi 20 ribu pasukan dari airbase Clark setelah terjadi letusan gunung Pinatubo.
  • Dan kembali ke pangkalan di Washington

Laporan pemerintah Amerika, 25 Mei 2016 menyebut sistem kendali nuklir Amerika masih mengunakan disket ukuran 8 inci. Ada yang salah disini, tidak. Seorang peretas kelas putih mengatakan ini hal baik. Stasiun ruang angkasa masih menyimpan diskette ditemukan November 2018

China selesai membangun sendiri kapal induk ke 2 di dalam negeri. Reuters mengutip dari media atas pembangunan kapal induk tersebut membutuhkan waktu 6 tahun. Bukan hanya satu tapi, China berencana memiliki 4 kapal induk. Kapal induk China ke 3 sedang dibangun di Shanghai



Meriam artileri dengan peluru Excalibur, dapat dipandu dengan GPS dan laser. Meriam Howitzer M777 salah satu meriam paling canggih, Dan tank Panzerhaubitze 2000 dengan pelontar 155mm. Tank Panzerhaubitze 2000 adalah tank dengan meriam jarak jauh

Angkatan laut Inggris memiliki kapal induk terbesar Class HMS Queen Elizabeth. Setidaknya 1 dari 2 kapal induk dibangun untuk armada angkatan laut.Misi pertama ke wilayah laut Cina Selatan.

Big Ivan atau dikenal Tzar Bomba memiliki kekuatan 57 megaton. Bagaimana melihat skala bom nuklir terbesar ini. Dibuat oleh Soviet, kekuatan 3.3x dari bom Hirosima dan Nagasaki. Beruntung hanya 1 bom Tzar Bomba yang pernah dibuat. Film rahasia 60 tahun ledakan 25kilo ton dipublikasi oleh Lawrence Livermore Lab

Menurut Bloomberg, pada tahun 2011 Amerika menghabiskan dana 589 milyar dollar untuk pertahanan. Setara 40% belanja untuk militer global. Dibelakangnya adalah China dengan 129 milyar dollar. Rusia, Perancis, Inggris, Jepang dan negara lainnya jauh lebih kecil.

GBU-43-B awalnya dirancang untuk meratakan tanah di medan perang, seperti landasan pendaratan heli atau pembersih ranjau. Bom GBU-57 dirancang penghancur bunker ukuran lebih kecil. Pertama kali digunakan dalam perang di Afghanistan, berapa biaya bom ini.

Kapal selam HMS Artful adalah kapal selam baru angkatan laut Inggris. Masuk kelas Astute baru saja dilepas ke lautan. Inggris akan menganti kapal selam besar dengan kapal selam baru dengan kemampuan membawa rudal nuklir.



Perusahaan kapal Simon Mokster membuat sebuah kapal Stril Luna, tapi dirancang di bagian kemudi oleh Rolls-Royce. Disain ruang kemudi kapal tidak jauh dari pesawat Star Trek dengan gaya futuristik. Lebih mirip seperti ruang kantor modern, lengkap dengan kendali layar sentuh

Kapal Triple E sebagai kapal angkutan terbesar lain sedang dibangun di galangan Daewoo. Salah satu insinyur Soran yang bekerja di Maersk sejak tahun 1976 akan pensiun. Kapal ini menjadi kapal terakhir yang ditangani. Soran sempat nyeletuk, ini kapal cargo lainnya yang sedang dibangun hanya ukurannya sedikit lebih besar

Susah membayangkan apa yang bisa di angkut oleh kapal Heavy Lift. Kapal pengangkut terbesar ini mampu membawa barang apa saja yang besar dan utuh. Kapal ini dirancang untuk membawa barang yang tidak bisa di angkut oleh kapal laut lain.

Kapal perusak Iowa adalah kapal perang paling mematikan di Pasifik selama perang dunia ke II. Tetapi USS Iowa adalah yang terbesar, disusul USS New Jersey, USS Missouri dan USS Wisconsin yang aktif di armada laut Amerika. Hanya satu USS Iowa memiliki kemampuan khusus.

Kapal selam milik Rusia terbaru dinamai K-239 Severodvinsk. Dibangun selama 20 tahun dengan bahan bakar reaktor nuklir, jenis kapal selam ini untuk memburu kapal selam lain, menghancurkan kapal perang dan serangan ke darat

Kapal induk selalu di kelilingi kapal lain untuk melindungi dirinya. Satu foto ini cukup unik, ada 2 kapal induk berjajar bersamaan. Foto diambil di laut arab, keduanya adalah kapal induk kelas Nimitz dengan tenaga nuklir.

Sebuah kapal sedang memasuki galangan di Balmorel. Kapal Norwegian Crown ini sedang di bongkar untuk ditambah panjangnya. Nah seperti apa proses perbaikan kapal pesiar ini bisa diperpanjang.

Kapal selam Sen-Toku I400 sudah berlayar tahun 1943 dan ditengelamkan armada Amerika oleh USS Blue tahun 1945 di kepulauan Hawai. Kapal selam terbesar sebelum era kapal selam nuklir tersebut ditemukan setelah puluhan tahun tenggelam di dasar laut.



Kapal laut terbesar untuk membawa LNG. Disebut kapal laut Shell FLNG Prelude baru diluncurkan dari sebuah dermaga Korea. Kapal ini dirancang khusus membawa gas alam/ LNG. Panjangnya 488 meter dan lebarnya astaga 74 meter.

USS Zumwalt sebagai kapal perang perusak Amerika sudah siap berlayar. Merupakan kapal perusak terbesar dan siap beroperasi pada tahun 2017. Pendanaan yang disetujui tahun 2001, rencananya akan dibuat sampai 30 kapal sejenis, terakhir hanya 3. Mulai di uji coba di lautan 7 Desember 2015

Video pertama sebuah Drone berhasil diluncurkan dari kapal induk. Angkatan laut Amerika menempatkan sebuah drone Northrop Grumman X 47B di kapal induk USS George H.W Bush.

Bukan animasi, tampil di Korea dalam latihan perang. Anda pernah melihat pesawat tempur dalam jumlah besar. Bagaimana kalau sedang siap lepas landas.

Beberapa mesin dengan kekuatan diatas rata rata yang digunakan manusia. Dari mobil sport, helikopter, kereta peluru. Memiliki kekuatan mesin diatas rata rata mesin lain.



No popular articles found.