TimeLapse China In Motion ide cerdas dari 56 fotographer bikin timelapse bareng


Kategori : Digital | Date : 5 November 2013
Idenya sangat brilian, rencana dari Vicent May, Heng Zhang dan DenisMagic mewujudkan pembuatan video time lapse China in Motion bersama sama. Tapi fotonya bukan mereka yang mengerjakan. Ketiganya mengkoordinir beberapa fotographer dari 49 kota berbeda di China. Semuanya fotographer tidak pernah bertemu dan tugas masing masing hanya mengirim foto yang mengkoordinir.



Ke 59 fotographer dari member UTCN membuat 200 ribu foto di 49 kota berbeda. Semua foto dikumpulkan lalu final video di edit oleh Jenff Chan.
Video dibagi menjadi beberapa bagian, seperti foto urban dan pariwisata, pemandangan alam (landscape), dan struktur. Ditutup dari masing masing fotographer yang ikut serta. Menjadi video Timelapse pertama yang dikerjakan keroyokan.

Timelapse?????CHINA IN MOTION ?????2013?????1?ver.1 from Timelapse China on Vimeo.

Apa yang menarik dari ide ke 3 orang ini. Pertama memberikan promosi negara China, kemajuan negara, seni dan budaya sampai pariwisata. Mengangkat masing masing kemampuan fotographer dan tertulis dari masing masing nama di video. Pastinya hemat biaya dan video lebih kaya akan warna seni dan etnik China. Hasil video menjadi bervariasi, menampilkan pemandangan berbeda beda di tiap daerah. Pastinya lebih menarik dilihat dibanding video timelapse dengan satu sisi atau daerah saja.

Bisa dibayangkan bila fotographer dari masing masing kota di Indonesia mampu membuat video timelapse seperti ini. Dan di koordinir oleh satu kelompok, badan, forum sampai departemen pariwisata Indonesia. Mereka yang mengkoordinir lalu semua hasil foto dipilih dan di kemas menjadi video seperti diatas. Bahkan bisa di bagi berdasarkan kategori pemandangan alam dan seni budaya. Pastinya tidak kalah bagusnya dari hasil video diatas. Minimal cukup untuk media promosi pariwisata di Indonesia ;-)


Berita terkait
www.obengplus.com/artikel/articles/147/1/GPICsync-mengabungkan-file-Foto-metadata-dan-GPS
www.obengplus.com/artikel/articles/117/1/Panolapse-untuk-video-Timelapse
www.obengplus.com/artikel/articles/115/1/Belajar-Sony-Vegas-for-Dummy-untuk-video-editing
www.obengplus.com/artikel/articles/119/1/OpenCL-mempercepat-rendering-video-dari-software-computer-dengan-CPU-dan-GPU
www.obengplus.com/artikel/articles/97/1/Adobe-Lightroom-for-Dummy
Video timelapse Flow Motion dari fotographer Rob Whitworth mengambil ide dengan gabungan timelapse dan hyperlapse. Seperti menonton perjalanan liburan seseorang ke kota Dubai. Camera bergerak mengikuti objek, mengambil timelapse dengan pemandangan dan zoom.

Fotographer Neil Bromhall membuat video tentang pertumbuhan sebuah pohon dari biji selama 8 bulan. Dia merekam dari bulan September sampai April lalu. Bromhall merekam pertumbuhan tanaman ini setiap 2 jam untuk satu foto dan baru selesai selaam 8 bulan



6 Desember 2014 lalu, ada 40 fotographer kerja bersama membuat clip video timelapse. Uniknya mereka bekerja dalam hari yang sama, dan masing masing fotographer membuat 2 clip video. Seperti apa hasil video yang diambil ditengah kota London dengan kerja gambreng ini

Ambasador Corey Rich dari nikon memberikan tip untuk mengabadikan foto timelapse. Mungkin anda akan berlibur ke pedesaan bisa belajar mengambil foto indah pemandangan landscape ini.

Shawn Reeder melakukan banyak perjalan di negara Selandia Baru. Dia pindah dari rumah lamanya 10 tahun lalu, dan mulai membuat beberapa film dari seluruh dunia. 3 bulan keliling di Selandia Baru

Video ini sih enga ada seru serunya, bukan menampilkan keindahaan alam, bukan menampilkan galaksi atau keindahan warna nebula. Video ini mengabadikan satu foto setiap 10 detik, selama satu tahun.

Video Timelapse ini serius banget bikinnya. Ketika profesor fisika dan fotographer amatir Isidro Villo menyebut akan membawa anda ke Orion Nebula yang begitu jauh dengan cameranya.  Targetnya ada di M42, Messier 42 atau NC 1976. Jaraknya 1344 tahun cahaya. Tidak jauh sih.



Fotographer Colin Rich membuat video timelapse mengikuti musik . Beberapa video dibuat singkat hanya 1-2 detik, video lain memiliki durasi lebih panjang. Peralatannya lengkap dengan membawa FloatCam DC Slider

Media Airman Mag mendapat ijin masuk ke ruang teleskop Air Force Space Command. Teleskop di komplek ini untuk mengamati objek di sekitar bumi seperti satelit dan sampah diruang angkasa. Letaknya lebih dari 3000m dari permukaan laut, terletak di Haleakala.

Dari ketinggian 4000 meter lebih, pembuat video yang masih menyelesaikan studi astronomi di universitas Hawaii. Dia mendapatkan akses untuk masuk ke fasilitas. Sean membuat 3 malam pada April dan 4 malam pada musim panas kemarin.

Video timelapse Night Vision memiliki tema berbeda. Luke Shepard melakukan perjalanan di 36 kota dan 21 negara untuk mengambil beberapa gedung. Dia mencari dukungan dana dan terkumpul $20.000. Gambar videonya bagus

Seorang fotographer asal Singapura Justin Ng, mengabadikan pemandangan gunung Bromo dengan teknik Timelapse. Dia menghabiskan waktu 12 hari disana. Pemandangan gunung Bromo, Semeru yang dibuat tidak kalah menarik.




No popular articles found.