Planet Sedna ditemukan tahun 2003 mengitari matahari


Kategori : Science | Date : 4 November 2013
Satu planet ditemukan oleh Hubble 14 November 2003. Planet Sedna memiliki orbit ke matahari. Tapi planet ini memiliki lintasan sangat jauh bahkan jauh diluar planet Pluto.

Sekali mengorbit matahari membutuhkan waktu 11.400 tahun. Kecepatan gerakan orbinya hanya 1,04km perdetik. Ukurannya tidak besar sekitar 995km. Bentuk orbitnya tidak melingkar tapi berbentuk sangat elips. Tapi tahun 2004 diperhitungkan kembali, ukurannya mungkin mencapai 1800km. Tahun 2007 denagn teleskop Spitzer kembali di koreksi sekitar 1.600km.  Artinya planet Sedna mungkin lebih kecil dari ukuran bulan di Charon di Pluto. Sejauh ini belum diketahui apakah planet Sedna memiliki bulan.

Planet Sedna mengunakan nomor planet 90377 Sedna. Terlihat dari teleskop berwarna merah karena gas hydrocarbon. Menurut peneliti, planet ini mungkin memiliki komposisi permukaan dengan es metana dan air. Kesimpulan dari peneliti diperkuat dari pencitraan teleskop Spizer pada tahun 2006 dari camera sensor infra merah.

Planet terjauh menjadi planet ke 10 yang mengorbit ke bumi. Disebut juga dwarf planet atau planet kerdil yang memutar sangat ektrem mengitari orbit bumi.  Jarak planet ini mencapai 13 milyar km dari matahari. Suhu disana diperkirakan -400 deg.C.



Gambar pertama adalah orbit planet Sedna. Gambar kedua perbandingan jarak planet Sedna. Gambar ketiga, perbandingan ukuran planet dan bulan dari planet lain. Planet Sedna akan mendekati bumi pada 72 tahun dari sekarang. Setelah kembalinya nanti, mungkin dunia sudah menjadi tempat sangat berbeda.
Galaksi terbesar di alam semestaSeratus juta galaksi yang terditeksi oleh manusia, galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan. Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal. Jaraknya dari bumi 1 milyar tahun cahaya, memang jauh sekali tapi ukurannya sangat besar.

Menurut peneliti, perubahan cahaya yang tertangkap di bumi mengalami pergeseran di angka 7,51. Rekor sebelumnnya ditemukan di bagian yang sama dengan angka Redshift 7,2. Galaksi z8 GND-5296 terlihat lebih merah. Satu galaksi disebut Tayna mencapai 400 juta tahun setelah Big Bang



Nasa sedang sibuk menyiapkan semua peralatan untuk menangkap komet C /2013 A1. Komet ini akan melintas di dekat planet Mars pada 19 Oktober 2014. Nasa mengatakan kita hidup di jaman keemasan atau waktu terbaik bagi manusia untuk hidup. Sekarang saatnya untuk mencari pengetahun dari para pengembara misterius ini dan mempelajari mereka

Setelah 8 tahun dikeluarkan dari daftar planet di tata surya. Karena dianggap bulan planet yang berasal dari tata surya sendiri, dengan ukuran terlalu kecil. Pluto kembali masuk daftar, dan menjadi planet ke 9.

Planet Pluto sudah dikeluarkan dari daftar planet tata surya. Karena memiliki putaran berbeda melawan putaran dari planet lain. Dianggap sebagai planet dari gugus luar yang akhirnya memutar di orbit matahari. Apakah ada yang tahu ada berapa bulan di Pluto, ada 5 dan satu yang unik

Planet Neptunus masuk sebagai planet terbesar, tapi terkecil dalam ukuran kandungan gas. Jarak dari inti planet ke permukaan sekitar 24.000km. Karena ukuran planet ini memang besar, bagian tengah lebih membengkak. Apakah planet Neptunus bergeser mundur.

Satu lagi sebuah planet VP113 memiliki lebar 450km, menjadi planet terjauh telah ditemukan. Bahkan planet Sedna yang terakhir ditemukan mengelilingi matahari. Planet Sedna berada dibelakang Pluto, sekarang masih diteliti apakah masuk sebagai planet di tata surya



Tata surya Kepler 413B memiliki bintang kembar. Satu bintang besar disebut Orange dwarf dan satu lagi Red dwarft. Keduanya tidak berpusat ke satu titik tapi yang membentuk orbit dan gravitasi secara bersama sama. Dampak gravitasi 2 bintang mempengaruhi planet di sekitar

Jumlah satu tata surya seperti matahari di dampingi 9 planet, sedangkan jumlah bintang di galaksi Bima Sakti saja mencapai 2-3 ratus milliar bintang. Berapa banyak planet di galaksi kita. Tinggal dikalikan dengan 9 dari angka rata rata. Berapa perkiraan jumlah planet di alam semesta ini.

Sebuah planet KOI 314c memiliki ukuran 60% lebih besar dari bumi, keunikan planet ini berbentuk gas. Jaraknya hanya 200 tahun cahaya dari bumi. Berdasarakan penelitian ketika planet KOI 314c melintas di depan bintangnya, bisa dianalisa berapa temperatur planet tersebut.

Galaksi M81 atau Messier 81 letaknya 12 juta tahun cahaya dan berada di konstelasi Ursa Major Bentuk galaksi M81 adalah spiral, tapi ada yang unik di galaksi ini. Nasa membuat gabungan gambar dari beberapa teleskop berbeda

Westerlund 1 disebut juga Ara Cluster adalah tempat dengan jumlah besar bintang di satu tepat di galaksi Milky Way. jaraknya sekitar 3,5-5.000 pc atau sekitar 15000 tahun cahaya. Kelompok bintang dapat muncul ditepian galaksi seperti Messier 55.

Jaraknya 13,3 milyar tahun cahaya dari Bumi. Hanya terlihat titik merah di teleskop Hubble.




No popular articles found.