PGC 51330 itu supernova ditemukan anak 10 tahun


Science | 3 November 2013

Nathan Gray dari Kanada baru berumur 10 tahun, dia menemukan sebuah calon supernova di galaksi PGC 61330 terletak di konstelasi Draco. Nathan yang menemukan dan gambar ditandai oleh Dave Lane kakaknya yang menjalankan Abbey Ridge Observatory. Selama 2 tahun pengamatan di bidang ini tidak ada apa apa. Tapi berubah setelah penemuan Nathan duduk dibangku kosong kakaknya.
Nathan menjadi manusia pertama yang melihat langsung ledakan supernova tersebut.

Letak galaksi PGC 61330 letaknya 600 juta tahun cahaya dari bumi.



Tidak hanya Nathan saja yang menemukan benda di ruang angkasa. Katryn Aurora Gray (kakaknya) juga pernah menemukan sebuah supernova di galaksi UGC 3378.

Gambar yang di ambil dibawah ini. Atas kiri , disisi kiri ada 3 titik bintang. Di bagian atas kanan satu bintang ditengah terlihat satu cahaya muncul yang diduga sebuah supernova. Ditemukan oleh Katryn Aurora Gray pada 2 Januari 2011 bersama ayahnya Paul. Galaksi UGC 3378 memiliki jarak 240 juta tahun cahaya.



Kejadian bintang meledak atau supernova merupakan kejadian langka di alam semesta. Periodenya antara 140 tahun sekali di galaksi kita dan Sampai hari ini belum ada yang melihat secara langsung kejadian ledakan supernova. Keberuntungan Nathan kali ini memang melihat kejadian yang sama seperti gambar paling atas dan melihat kejadian dari galaksi berbeda. Menjadikan dia sebagai manusia pertama yang melihat ledakan supernova langsung dihadapannya.

Satu orang yang pernah melihat langsung dengan teropong adalah Johannes Kepler pada tahun 1604. Kepler melihat langsung cahaya dari satu bintang meledak dan berada di galaksi Bimasakti.

Penemuannya sudah didaftar ke Caltech.edu



Berita terkait
Teleskop Kepler yang kabarnya rusak sudah kembali beroperasi, walau tidak bisa beroperasi penuh. Kabar baik, ditemukan lagi planet dengan posisi Goldilocks Zone atau planet yang berada di  posisi untuk kehidupan. Bukan satu planet tapi sekaligus 8 planet. November 2015, planet Kepler 438b di coret dari daftar exoplanet yang mirip bumi.

Ruang angkasa adalah ruang waktu. Begitu jauh melihat, begitu jauh cahaya yang ditangkap oleh camera. Salah satunya sebuah bintang 1404191 yang meledak dan tertangkap oleh teleskop khusus sebagai cahaya sinar gamma. Tercatat sebagai GRB 140419A



Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.

Bintang HD 184738 memiliki masa yang rendah dan menjelang kematiannya. Nasibnya seperti matahari kita nanti, mungkin 5 milyar tahun kedepan.

Astronot pergi ke bulan , untuk berhubungan dengan radio terjadi keterlambatan 1.5 detik. Bagaimana bila berkomunikasi dari Saturnus ke Bumi. Bagaimana bila lebih jauh lagi. Mungkin manusia yang jauh disana masih bisa melihat dinosaurus ke bumi. Melihat ruang angkasa sama seperti melihat waktu, mengapa berbeda. Diterangkan secara ilmiah




No popular articles found.
< /body>