Gerhana matahari langka 3 November 2013 diambil di Kenya


Kategori : Digital | Date : 3 November 2013
Gerhana matahari langka akan terjadi pada 3 November 2013. Hanya meliputi beberapa daerah saja, dari sisi Amerika menuju Afrika dapat melihat gerhana total.

Swkywatch atau pengamat bintang yang tinggal di pantai timur Amerika Utara dan bagian utara dari Amerika Selatan, Eropa Selatan, Timur Tengah akan dapat melihat gerhana parsial. Gerhana matahari total hanya terjadi beberapa tahun, terbaru pada tangagl 12 November 2012 di atas Pasifik Selatan. Setelah itu baru terjadi lagi pada tahun 2015 di Atlantik Utara.

Untuk bulan ini, gerhana matahari tidak tertutup sepenuhnya oleh bulan. Disebut juga gerhana annular




Capture dari Youtube Sloop, gerhana hanya berlangsung 45 detik di Kenya




Terjadinya gerhana matahari ini hanya sebagian, dan tidak terlihat di Indonesia

Yang dibawah ini diambil di Florida dengan camcorder HDR XR260V pada jam 6:35 EST


Berita terkait
Satu foto langkah ini memperlihatkan posisi planet Venus sedang transit tepat di depan matahari dan dapat dilihat dari Bumi. Walau Venus memiliki orbit sangat dekat dengan matahari tapi untuk posisi satu garis dari Matahari dan planet Venus ke Bumi sangat jarang terjadi.

Pada malam hari, Bumi akan tampak gelap bila tidak ada bulan. Mengapa bulan memantulkan cahaya dan memberikan cahaya sinar bulan ke bumi. Bulan memantulkan cahaya dari matahari, terkadang bersinar sangat terang. Bulan memantulkan cahaya antara 3-12% yang diterima dari cahaya matahari.



Astronom sedang menunggu tanggal 15 April 2014 untuk melihat gerhana bulan total. Untuk pantai Timur Amerika, dijadwalkan gerhana bulan tersebut dimulai jam 1:20 pagi. Bayangan Bumi akan mengalangi bulan selama terjadinya gerhana.

Fotographer Colin Legg mengabadikan gerhana matahari dengan camera terpisah. 3 diambil dari Canon 5D Mk IIs, video 4K dari Canon 1 DC dengan lensa 2000 mm

Gerhana matahari 10 Mei 2013 hari Jumat. Di Indonesia dapat melihat gerhana sebagian pada hari Jumat besok. BMKG merilis jam terjadinya gerhana 10 Mei 2013.




No popular articles found.