Hidup dari alam semesta lebih lengkap


Kategori : Science | Date : 2 November 2013
Satu film dari Nat Geo menceritakan kehidupan dari alam semesta. Yang ini versi baru, dimulai dari kehidupan manusia, planet yang mengelilingi matahari. Lalu menjauh  menceritakan semua yang pernah ditemukan oleh para astronom.



Seperti bintang paling terdekat, memiliki 3 bintang berdekatan.. Ketiganya saling tarik menarik (44:00). Jaraknya cukup jauh, sekitar triyunan km dari bumi, atau 4 tahun cahaya jaraknya bila ingin kesana.

10 tahun cahaya terdapat sebuah ring dan satu bintang (45:00). Satu bintang ukurannya lebih kecil dari matahari, dan kehidupan disana baru dimulai.
20 tahun cahaya dari bumi, satu bintang Gliese (47:00). Satu planet mengorbit dekat bintang Gliese ini, miriip seperti bumi.
Satu planet yang ketinggalan kereta atau planet liar karena terlalu dekat dengan matahari seperti memiliki buntut (50:00).
55 tahun cahaya dari bumi, ada satu bintang raksasa atau Red Giant (50:00)
Bintang kembar juga ditemukan, tapi dari bumi terlihat hanya satu. Jaraknya sekitar 100 tahun cahaya dari bumi, satu bintang yang besar menarik bintang lain. (51:00)
2 penjelasan yang menarik pada (60:08), satu bintang yang hampir mati. Tapi ukurannya amat besar dan gas mulai membentuk seperti gambar kupu kupu, memiliki cahaya jutaan kali lebih cerah dibanding matahari. Bila bintang sejenis ini mati, tidak mati begitu saja. Kemungkinan menjadi Blackhole.
Gambaran terjadinya Blackhole pada 60:09, ketika bintang raksasa menciut menjadi bintang kecil berwarna putih. Satu ketika akan memberikan ledakan kecil karena intinya runtuh. Ketika runtuh , karena ukuran sangat besar akan membuat cahaya Hypernova. Melempar semua gas yang ada, menebar radiasi disekeliling bintang.

Film dibawah ini adalah versi terbaru yang dibuat oleh Nat Geo



Planet Jupiter memiliki titik spot merah dan ratusan bertahun tahun sudah ada memiliki lebar 16.500km. Apa isi planet raksasa ini, apakah sebesar seperti tampilannya. Jupiter memiliki 4 bulan paling besar akan terlihat di tahun 2018, tapi total 79 bulan di Jupiter (Juli 2018). Satelit Jovian memiliki orbit terbalik

2 planet kemungkinan tersembunyi di tata surya Alpha Centauri. Penemuan yang diumumkan Juni 2018, kemungkinan planet yang mengorbit di 2 bintang lebih besar aman bagi mahluk hidup. Tapi planet yang orbit ke bintang lebih kecil sangat beresiko dan berbahaya, karena akan menghadapi radiasi bintang jauh lebih besar.

Apakah alam semesta terus menjauh atau suatu hari akan kembali ke titik awal penyebab terbentuknya alam semesta sendiri yaitu  titik awal Big Bang. Atau alam semesta malah bergerak bebas dibanding 3 teori sebelumnya



Film pendek tentang keindahan galaksi, memberikan gambaran luasnya alam semesta dan bentuk dari beberapa benda di ruang angkasa. Salah satu animasi yang dibuat seperti Black Hole yang melontar gas atau Jet begitu jauh dari inti galaksi.

Bintang pulsar adalah bekas bintang mati yang memadat menjadi sebuah bintang yang sangat padat. Membayangkan kepadatan bintang pulsar seperti memadatkan gunung Everest seukuran ransel. Apakah mahluk hidup bisa tinggal di sekitar bintang Pulsar

Cosmic Ray membantu manusia mengerti tentang alam semesta. Kita hanya mengetahui 4% dari apa alam semesta terbentu. Bisakah kita mengetahui yang ada di luar galaksi kita. Cosmic ray seperti data yang mengirim pesan ke Bumi untuk dipelajari.

Film The Principle salah satu film kontroversial diwaktu sekarang. Membawa mata kita melihat hal menakjubkan dari survei skala besar baru baru ini tentang jagat raya. Dan melihat bumi bukan hal penting lagi di alam semesta. Bumi hanya bagian sangat kecil, dan alam semesta memiliki kekuatan amat sangat besar yang tidak terbayangkan.



Video tentang dunia sain, yang satu ini menceritakan kehidupan dunia kosmos untuk ratusan miliar tahun kedepan. Bintang yang membentuk cahaya di alam semesta, suatu hari akan mati satu persatu dan alam semesta akan gelap gulita.

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.

Astronot pergi ke bulan , untuk berhubungan dengan radio terjadi keterlambatan 1.5 detik. Bagaimana bila berkomunikasi dari Saturnus ke Bumi. Bagaimana bila lebih jauh lagi. Mungkin manusia yang jauh disana masih bisa melihat dinosaurus ke bumi. Melihat ruang angkasa sama seperti melihat waktu, mengapa berbeda. Diterangkan secara ilmiah

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.

Diawali dari tata surya dengan keberadaan di bumi. Semua terlihat serasi dan berputar pada tempatnya. Menurut ahli astronom, diluar sana berbeda. Dikatakan kacau bahkan saling menghancurkan.


No popular articles found.