Stres apa benar dapat membunuh orang seperti apa bentuknya


Kategori : Green | Date : 2 November 2013
Kakek nenek kita mungkin memiliki usia panjang. Hidup sehat tetap bugar dengan tingkat hidup lebih baik. Tapi masyarakat produktif saat ini mengalami masalah pada kesehatan. Disebabkan oleh stres berlebihan, mengapa stres merubah hidup seseorang.

Kasusnya sama dengan ketakutan, tubuh melepas hormon ketika seseorang mengalami ketakutan. Misalnya seseorang di kejar beruang, mirip seperti pelepasan hormon ketika seseorang tidak punya uang atau menghadapi ujian pelajaran. Atau adrinalin yang meningkat, akan meningkatkan kewaspadaan pada tubuh, meningkatkan reaksi dan meningkatkan detak jantung serta menaikan tekanan dan peredaran darah. Biasanya adrenalin akan dilepas oleh tubuh ketika tegang. Tegang dalam melakukan olahraga ekstrem, melompat buggyjumping atau terjun payung dan lainnya.

Hormon yang dilepaskan akibat satu kejadian akan aktif atau tidak aktif. Ketika Hormon aktif akan mempengaruhi jantung, otot, perut dan lainnya pada tubuh. Untuk beberapa saat tidak bermasalah, bahkan berguna. Tapi hormon menjadi buruk bila terus dilepas oleh tubuh manusia. Di Jepang disebut Karoshi atau Kematian akibat kerja berlebihan. Hormon dalam tubuh yang menganggu dapat terus keluar akibat orang stres atau cemas berlebihan.

Apa hubungannya dengan hidup manusia dengan stres, bahkan mengancam kehidupan seseorang. Dampak gangguan stres dapat menyebabkan stroke dan penyakit jantung. Dan penyakit tersebut terkait dengan stres. Mengapa stres muncul dan menganggu kesehatan. Penyebabnya Cortisol yang terlalu sering dilepas oleh tubuh, membuat masalah pada imunisasi tubuh, menurunkan inflammation dan menurunkan cell darah putih.


Dari penelitian yang dilakukan pada binatang. Stres dapat berdampak bagi manusia, seperti membuat plak pada arteri jantung, menganggu otak dan memori manusia. Ketika seseorang menghadapi ujian, bila terlalu stres malah tidak bisa mengingat lebih banyak pelajaran.
Pada tubuh manusia terdapat Telomere, panjang bagian DNA tersebut perlahan memendek. Akibatnya umur hidup menjadi lebih pendek. Dipicu dengan stres akan membuat lebih pendek lagi. Panjang DNA semakin hilang, dimana faktor genetik dalam tubuh yang befungsi sebagai regenerasi bisa semakin pendek. Duplikasi DNA yang hilang tidak di copy lagi karena hilangnya ujung Telomere yang terputus membuat panjang DNA tidak lengkap. Dan menurunnya regenerasi pada jantung serta sel otak. Dampak kehilangan ini dapat memicu sel kanker.

Apa yang seharusnya dilakukan dari pada menghadapi stres

Satu lagi pengaruh hormon Oxytocin yang bertanggung jawab untuk membuat pembuluh darah lebih relak dan merawat jantung. Hormon ini harus dipicu untuk lebih banyak keluar.



Hormon ini keluar bila anda happy, senang, bersosialasi dengan positif, hubungan teman yang baik. Mereka yang berkumpul dengan suasana seperti ini dapat menjauhi tubuh dari stres.

Bila mengalami masalah stress bukan harus terus mendapat tekanan. Bukan harus menyerah, tapi harus dilawan agar hormon kurang baik tidak terus menganggu tubuh. Caranya seperti diatas, jauhi stres, berpikir positif dan bergembira saja.




Informasi singkat diatas diambil dari video Youtube.


Penyakit stroke bisa menyerang siapa saja, termasuk kalangan muda. Jennie Cosh, terserang stroke ketika sedang makan bersama orang tuanya. Serangan penyakit jantung dapat dipicu dari hal sederhana. Pria di kota Vermont usia 32 tahun terkena stroke tanpa tanda peringatan.

Pernah bertemu dengan beberapa orang, dan langsung bisa klik. Langsung cocok, dan berkomunikasi dengan baik bahkan berlanjut berteman dengan baik. Peneliti menyebut Friendship Chemistry. Teman yang berbahaya disebut racun.

Ketika kehabisakan ide, biasanya orang meminum kopi agar muncul gagasan baru mengalir. Mengapa kopi berdampak bagi tubuh. Resiko penyakit lebih rendah bila terbiasa meminum kopi



Bunyi dari telinga yang berdenging bisa terjadi di salah satu telinga atau keduanya. Kesehatan telinga disebabkan masalah sederhana yaitu suara bising atau suara musik terlalu keras.10-20% penduduk. Cegah sebelum tuli permanen.

Dalam sebuah survei, 70% dari pekerjaan berpengaruh terhadap kopi yang di minum. Salah satunya Wartawan adalah pecandu kopi tertinggi. Mereka meminium lebih banyak kopi dibanding kelompok profesi lain. Apa resiko bagi kesehatan

Terlalu sering share di Facebook mungkin menunjukan ketidakpuasan dalam kehidupan nyata. Studi dari universitas Charles Sturt Australia, wanita dapat diprediksi bila sering posting di Facebook.

Ahli kesehatan memperingatkan bahan kimia yang ditemukan di lingkungan berpotensi menjadi penyebab autis dan gangguan perkembangan syaraf lain.Bahkan bahan dari Dry Cleaner terkandung bahan berbahaya di Amerika.



Mengapa AMA meningkatkan nama obesitas sebagai penyakit. Dengan sebutan penyakit maka para medis dapat lebih memperhatikan para pasiennya. Khususnya penyakit diabetes tipe 2 dan penyakit jantung yang terkait dengan obesitas.

Terlalu banyak minum kopi misalnya lebih dari 3 gelas sehari, memiliki korelasi dengan mengembangnya glaukoma. Hal tersebut menyebabkan gangguan mata sampai kebutaan. Berita tersebut ditulis oleh media Health

Teratur minum kopi dan teh secara signifikan dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Setidaknya sepertlima kemungkinan anda tidak akan terkena jantung bila mengkonsumsi teh dan kopi secara rutin. Bahkan dapat menurunkan tingkat resiko terhadap serangan stroke.


No popular articles found.