Planet Kepler 78b ukuran planet seperti bumi, hanya tempatnya itu.


Science | 1 November 2013

Sebuah planet dinami Kepler 78B sudah dipastikan memiliki ukuran seperti bumi dan jaraknya tidak jauh. Ukurannya pas dan agak lebih besar seperti bumi. Masalahnya planet ini lagi lagi mengorbit terlalu dekat dengan bintang.

Astronom masih mencari planet sesuai ukuran exoplanet. Orbitnya harus tepat di zona habitat yang memungkinkan manusia tinggal, ukurannya tidak jauh berbeda dengan bumi, dan ada air serta atmosfir. Bagian terpenting lainnya adalah jarak dari bumi tidak terlalu jauh. Karena manusia belum mampu melakukan perjalanan ke ruang angkasa lebih cepat.

Kepler 78B mengitari mataharinya setiap 8,5 jam, sedangkan bumi mencapai 8765 jam sekali mengitari matahari. Akhirnya diketahui orbit planet ini terlalu dekat dengan bintang utama disana. Tapi Kepler 78B sudah keluar dari daftar. Seperti gambaran artis dibawah ini, Kepler 78B digambarkan dengan warna kuning. Artinya yah panas sekali.

Keberadaan planet Kepler 78B tidak terlalu jauh, hanya 400 tahun cahaya dari bumi dan terletak di konstilasi Cygnus yang di galaksi Bimasakti. Gambar artis dibawah ini pada planet kiri adalah Kepler 78B. Warna kuning mewakili panas planet yang mencapai 2000-2800 degC alias seperti permukan lahar panas.



Berita diatas diumumkan dari 2 penelitian berbeda mengunakan teleskop dari bumi. Orbit dan ukuran planet Kepler 78b ketika melintas di depan mataharinya terus di analisa dan mendapatkan ukuran serta waktu orbit planet tersebut. Kesulitan astronom melakukan pengamatan planet berbeda dengan pengamatan bintang. Bintang lebih terlihat karena mengeluarkan cahaya. Sedangkan planet tidak memiliki cahaya dan hanya terlihat ketika melintas di depan sebuah bintang dengan mengamati planet menutup ketika menghalangi cahaya bintang.

Pengamatan Kepler 78B membutuhkan waktu selama 4 tahun secara simultan.

Berita terkait
www.nasa.gov/kepler/scientists-discover-the-first-earth-size-rocky-planet
Planet di galaksi Bima Sakti tidak pernah sama, baik urutan, ukuran dan bentuk bintang. Beberapa planet yang ditemukan, memiliki kondisi ekstrem dengan orbit berbentuk elips. Planet HD80606b memliki suhu 500 deg.C tapi naik ke 1000 deg.C dalam hitungan 6 jam.

Teropong bintang Kepler sudah dipastikan harus pensiun. Melihat jasa satelit Kepler dalam 3 tahun terakhir, update dengan video. 20 tahun lalu manusia belum tahu setiap bintang pasti ada planet yang mengikuti. 6 Oktober kemarin adalah 20 tahun dari revolusi astronomi dimana manusia pertama kali melihat planet lain di luar tata surya.



Sebuah planet Wasp-18b tampaknya menganggu medan magnit dari bintang. Kok bisa planet malah menganggu bintang yang lebih besar. Planet Wasp-18b ternyata sebuah planet sangat besar dan disebut planet Jupiter yang panas dan sangat dekat dengan bintang induknya.

Bagaimana mencari planet kembaran bumi dengan teleskop Kepler. Sebuah foto galaksi Bima Sakti langsung mendapatkan foto dengan titik cahaya, semuanya bintang. Dan disetiap bintang diperkirakan memiliki planet yang mengorbit. Mengapa mencari planet seperti bumi sangat lama.

Nasa mengumumkan ada 715 exoplanet yang berada di sekitar 315 bintang. Nasa mengunakan statistik baru untuk menganalisa data yang ditangkap teleskop Kepler. Data yang dikumpulkan dari 150 ribu bintang

Tim ilmuwan menemukan sebuah planet dengan kandungan air, mengorbit bintang Bootis. Tim peneliti dari universitas Penn State dan lembaga terkait mengumumkan penemuan tersebut pada 24 Februari di The Astrophysical Journal Letters.

Sebuah susunan planet ditemukan oleh tim astronomi Eropa. Nyaris paralel seperti tata surya kita, disana ada 7 planet dan mengitari satu bintang. Mencakup 1 atau 2 Exoplanet dengan bintang utamanya. Tata surya KOI - 351 memang sudah terditeksi, tapi hanya masuk daftar tunggu teleskop Kepler.



Gambar ini adalah planet, jaraknya hanya 63 tahun cahaya dari tata surya kita. Ditemukan 5 Oktober 2005 oleh astronomi asal Perancis. Warnanya terlihat biru bila dilihat langsung dengan teropong.

Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya. Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana

Planet HD 189773b mirip seperti bumi terlihat dari luar angkasa. Peneliti menyebut planet HD 189773b adalah planet True Color, ditemukan oleh teropong Hubble.

Temuan kumpulan planet Gliese 667C ditemukan 6 planet, tapi ada 3 yang berpotensi untuk manusia bisa hidup disana. Yang berpotensi sejauh ini baru di urutan  C F dan E

Satu lagi planet Kepler 37b ditemukan. Tetapi ukurannya hanya sepertiga dari ukuran planet bumi, bahkan diperkirakan sedikit lebih besar dari bulan. Planet Kepler 37b memiliki jarak 210 tahun cahaya, tidak terlalu jauh kata peneliti.

Mirip seperti cerita fiksi ilmiah, sebuah planet dengan jarak 200 tahun cahaya dari bumi dilaporkan memiliki 2 matahari. Dalam perhitungan, bila tinggal disana akan melihat matahari terbenam sampai 2 kali setiap hari




No popular articles found.
< /body>