PBB adopsi pengaman resmi bumi dari Asteroid


Shortstory | 28 October 2013

PBB telah menyetujui aturan dari langkah yang perlu diambil untuk melindungi planet bumi. Misalnya urusan koordinasi global dan rencana tanggap darurat bila terjadi.

Pedoman dari ancaman asteroid sudah diusulkan tahun 2008 oleh ASE Eropa. Inisiatif dilakukan oleh mantan astronot Apollo Rusty Schweickart.  Tapi langkah mereka baru muncul kembali setelah sebuah meteor jatuh di Chelyabinsk dan PBB mulai memperhatikan bahwa ancaman meteor merupakan hal serius.

Dari jutaan meteor yang melintas ke orbit matahari, ada 10.000 asteroid yang dianggap dapat mendekati bumi bahkan mengancam kehidupan manusia. Seperti penemuan dari astronom di Ukraina melihat sebuah objek dengan ukuran 400 meter, walau temuan asteroid tersebut masih diposisi aman.

Apa yang dilakukan oleh PBB bila suatu hari ada asteroid yang benar benar mengancam.
PBB berencana mendirikan International Asteroid Warning Group yang dengan beberapa negara angota. Negara dengan kemampuan pengamatan dapat berbagi informasi. Bila seorang astronom amatir bisa menemukan satu komet atau asteroid nantinya dapat langsung menghubungi badan tersebut. Dan beberapa negara dapat membantu untuk mengirim pesawat ruang angkasa untuk mengeser posisi asteroid.

Sejauh ini tidak ada satu negara secara langsung siap untuk mengatasi masalah penanggulangan meteor. Setidaknya manusia lebih siap. Kita bisa menemukan mereka terlebih dahulu, sebelum mereka menemukan kita.



Dario  Scientific American dan Astrobiology.

Berita terkait
Kejadian menarik tentang antariksa akan terjadi bulan ini. Antara 22 April 2017, terjadi hujan meteor. Perkiraan antara 10 meteor jatuh setiap jam, muncul menjelang fajar dan terlihat di area konstelasi Lyra

Dari Cary dan Michael memberikan gambaran alam semesta. Memudahkan kita belajar mengetahui sebesar apa nebula, dan alam semesta ini. Sejauh manusia bisa memandang dan memperkirakan



Peneliti mengatakan komet ISON akan terang seperti komet Lovejoy. Buntut komet akan terlihat jelas. Komet Pan Starrs adalah komet kedua yang terbaik untuk bisa dilihat.

Jorge Zuluaga dan Ignacio Ferrin dari universitas Antioquia di medellin mengunakan trigeometry ketinggian, kecepatan dan ketinggian serta posisi lintasan ketika jatuh ke bumi. Mereka menghitung dengan metode Monte Carlo untuk mengetahui arah orbit meteor tersebut. Kesimpulannya, meteor tersebut termasuk kelompok asteroid Apollo.

Sebuah video Every meteorite fall on earth mapped on CartoDB. Memberikan peta dimana saja meteor sering jatuh. Pulau Jawa mendapatkan jatuhan meteor paling banyak di Indonesia




No popular articles found.