Nasa LLCD gunakan laser untuk komunikasi ke bulan


Technology | 24 October 2013

Nasa berhasil melakukan uji coba dengan komunikasi sinar laser ke satu satelit di bulan. Mencapai kecepatan 622MB perdetik. Menjadi rekor tercepat untuk tranfer data antara bulan ke bumi

Teknologi Lunar Laser Communication mengunakan signal pulse dari beam laser yang ditembakan  dari bumi ke bulan. Peluncuran satelit LADEE pada 6 September 2013 sekarang berada di bulan dan sudah berhasil di uji coba untuk komunikasi.



Uji coba dilakukan di New Mexico ke satu satelit Lunar Atmosphere and Dust Environment Explorer (LADEE). Kendala komunikasi pada perangkat elektronik di ruang angkasa adalah jarak dan pengiriman signal lebih lama.
Dengan laser, komunikasi lebih cepat bahkan dapat dilakukan dengan 2 arah.

Jarak dari Bumi ke Bulan mencapai 239 ribu mil (380 ribu km). Bila di bumi , komunikasi broadband bisa dilakukan dengan internet melalui kabel optik bawah laut antar benua. Tapi komunikasi ke bulan dengan teknologi digital hanya dimungkinkan mengunakan teknologi radio frekuensi yang lama atau sinar laser.

Berita menarik lain -Melihat ruang angkasa seperti ruang waktu, apa yang dilihat sekarang sudah lebih dahulu terjadi

Berita terkait
Seorang astronot Chris Hadfield hobinya ngetweet hampir setiap hari dengan fotonya. Hasil fotonya jarang yang bisa, karena diambil di ruang angkasa melalui stasiun internasional.




No popular articles found.
< /body>