Nvidia G-Sync untuk mengatur kecepatan VGA dan monitor


Kategori : Hardware | Date : 1 February 2015
Nvidia G-Sync untuk sinkonisasi dari GPU dan monitor. Misalnya monitor dengan 30 frame maka kecepatan yang sama akan ditampilkan dari VGA. Tujuannya agar tampilan gambar lebih baik, tidak terjadi garis atau artifak pada monitor karena VGA terlalu cepat.

G-Sync dapat mengukur kecepatan output antara monitor dan VGA. Cara kerja alat ini sebagai komunikasi antara VGA dan monitor, sehingga kinerja maksimum refresh cycle monitor dapat maksimum. Sebelum pengunaan teknologi G-Sync, VGA hanya mengiktui kecepatan V-Sync. Untuk pemakaian perangkat G-Sync dapat digunakan dari seri GTX 650Ti  Boost sampai GTX Titan.

Saat ini baru monitor Asus VG248QE yang mendukung atau melalui perangkat oprekan sendiri di kalangan gamer. Nantinya akan menyusul dari monitor Asus, BenQ, Philips dan Viewsonic menawarkan sistem G-Sync

Update
Driver baru yang datang ke supportAsus Nordic, telah membocorkan internal driver Nvidia 346.87. Mencakup fitut tersembunyi di sistem G-Sync . Driver terbaru tersebut dikeluarkan untuk memperbaiki masalah dan mendadak muncul G-Sync sudah terhubung. Kebocoran driver tersebut untuk menambah fitur G-Sync di notebook khususnya salah satu produk dengan Asus G751.

Nvidia akhirnya mengatakan ke PC Perspective, teknologi mereka memang masih tahap awal. Nvidia mengatakan G-Sync tidak diperlukan untuk "mengaktifkan" sistem G-Sync. Nvidia belum memutuskan apakah modul G-Sync akan tetap diperlukan di masa mendatang. Melihat AMD sudah memberikan teknologi  Free Sync yang tidak memerlukan modul untuk monitor. Artinya mungkin Nvidia membuat modul baru di monitor G-Sync atau tidak diperlukan sama sekali
Mengingat teknologi G-Sync sudah diumumkan sejak tahun 2013, tapi belum ada kelanjutan dari produsen bahkan terpecah antara G-Sync Nvidia  dan Free Sync AMD tanpa modul sirkuit.

Alasan Nvidia mungkin saja melepas G-Snyc untuk sirkuit modul di notebook. Karena notebook mengunakan power baterai, dan menambah sirkuit lain hanya memboroskan baterai.

Ini yang sukar ditebak dari Nvidia. Masih ingat ketika teknologi efek PhysX dibuat untuk menambah PPU dengan GPU di satu perangkat untuk 3D efek dari VGA Nvidia. Akhirnya perusahaan PhysX diambil oleh Nvidia. Terakhir modul PhysX menghilang, karena digantikan langsung dari driver VGA.

Monitor akan bekerja dengan frame rate tetap. Khususnya aplikasi game, CPU atau GPU yang keluar memiliki kecepatan bervariasi.sesuai komplek gambar yang dirender VGA. Bila kecepatan frame rate naik turun bahkan terlalu jauh perbedaannya. Gambar akan terlihat seperti artifak dan tambil bergaris bahkan lag.

Setidaknya ada 10 monitor yang mendukung FreeSync , dimana sistem monitor memerlukan port DisplayPort 1.2a untuk VGA Radeon. Samsung sejak bulan Maret tahun lalu memiliki 2 model, dan total 5 model monitor. LG dengan 34 inch 34UM67, ditambah dengan 29 inch 29UM67.



Monitor Iiyama ProLite B2888UHSU-B1 ini memiliki teknologi FreeSync dari AMD. Teknologinya sama seperti G-Sync Nvidia tetapi Nvidia membuat eksklusif untuk VGA mereka sendiri.

AMD FreeSync power monitor akan tampil awal tahun depan AMD juga bekerja sama dengan MStar, Novatek dan Realtek. FreeSync akan lebih murah dan pemakaian lebih luas. Teknologi pertama yang diberikan untuk FreeSync akan menawarkan resolusi Full HD, 2560x1440 dan 4K

Nvidia mulai menurunkan harga VGA untuk perangi harga AMD. GeForce GTX 780 mendapatkan potongan paling besar, karena sudah tersaing di seri AMD 290X. Tertinggi untuk sementara GeForce GTX 780 Ti



No popular articles found.