Namanya Brandon Stanton dia yang membuat Humans of New York. Rata rata seorang fotographer tidak ada dijalanan. Sementara Brandon tidak memiliki banyak pengetahuan teknis dan fotonya di dunia fotograpi. Tapi komposisi foto yang dibuat berbeda, bahkan menarik jutaan penguna Facebook.



Cerita tentang Brandon Stanton. Dia hanya mengandalkan satu camera Canon 5D Mark III dan satu lensa 50mm f/1.2. Itupun bukan lensa papan atas yang digunakan fotographer berduit, hanya camera saja yang bagus. Masalahnya si Brandon punya Fans 1.5 juta user di Facebook. Bagaimana seorang fotographer seperti amatiran bisa menarik begitu banyak orang. Brandon tidak hanya mengambil foto candid lalu melenggang pergi, tapi dia mendekati si objek untuk di abadikan sekaligus mengenal mereka. Brandon mengunakan cerita dari objek foto.

3 tahun lalu Brandon adalah penjual obligasi di Chicago. Ketika dia baru memiliki camera, pada waktu bersamaan dia di pecat dari pekerjaanya. Tapi tetap optimis dan melihat ada kesempatan kedua untuk sesuatu yang positif dalam hidupnya.

Salah satu yang di dapat dari seorang tunawisma yang memiliki anak dan bekerja di rumah panti jompo. Katanya, sang anak sedang belajar pembukuan. Brandon menanyakan apakah anaknya tahu bahwa orang tuanya hanya tunawisma. Katanya tidak, karena orang tuanya mengatakan mereka adalah pensiunan. Bagi fans di Facebook, kebanyakan merasa ingin melihat hasil karya Brandon. Karena fotonya bercerita banyak tentang kehidupan.

+ www.humansofnewyork.com

Ciplikan ide dan pengalamannya ada di Youtube