Fotographer jalanan dengan satu setengah juta fan Facebook


Kategori : Digital | Date : 17 October 2013
Namanya Brandon Stanton dia yang membuat Humans of New York. Rata rata seorang fotographer tidak ada dijalanan. Sementara Brandon tidak memiliki banyak pengetahuan teknis dan fotonya di dunia fotograpi. Tapi komposisi foto yang dibuat berbeda, bahkan menarik jutaan penguna Facebook.



Cerita tentang Brandon Stanton. Dia hanya mengandalkan satu camera Canon 5D Mark III dan satu lensa 50mm f/1.2. Itupun bukan lensa papan atas yang digunakan fotographer berduit, hanya camera saja yang bagus. Masalahnya si Brandon punya Fans 1.5 juta user di Facebook. Bagaimana seorang fotographer seperti amatiran bisa menarik begitu banyak orang. Brandon tidak hanya mengambil foto candid lalu melenggang pergi, tapi dia mendekati si objek untuk di abadikan sekaligus mengenal mereka. Brandon mengunakan cerita dari objek foto.

3 tahun lalu Brandon adalah penjual obligasi di Chicago. Ketika dia baru memiliki camera, pada waktu bersamaan dia di pecat dari pekerjaanya. Tapi tetap optimis dan melihat ada kesempatan kedua untuk sesuatu yang positif dalam hidupnya.

Salah satu yang di dapat dari seorang tunawisma yang memiliki anak dan bekerja di rumah panti jompo. Katanya, sang anak sedang belajar pembukuan. Brandon menanyakan apakah anaknya tahu bahwa orang tuanya hanya tunawisma. Katanya tidak, karena orang tuanya mengatakan mereka adalah pensiunan. Bagi fans di Facebook, kebanyakan merasa ingin melihat hasil karya Brandon. Karena fotonya bercerita banyak tentang kehidupan.

+ www.humansofnewyork.com

Ciplikan ide dan pengalamannya ada di Youtube



Seseorang mengaku berada di daerah konflik dan bekerja di PBB serta fotografer perang. Martins berhasil membodohi media kelas dunia, karena hasil karya fotonya di daerah peperangan. BBC curiga sampai menyelidiki siapa fotografer tersebut. Tidak ada yang mengenal namanya disana, bahkan dia tidak pernah ada disana.

Fotografer Felgra Ega asli dari Indonesia. Memiliki album foto di Instagram dan menawarkan fotonya di 500px. Di Instagram sudah memiliki 430.000 follower. Salah satu fotografer profesional Indonesia, tentu saja Internasional.

Fotographer Karol Nienartowicz keliling di Eropa dalam kurun waktu 6 tahun. Sementara mereka yang ingin berlibur memerlukan hotel berbintang 5, Karol memilih camping. Dari foto yang dibuat, biasanya ada tenda dimana dia menginap. Dia mengunakan tenda dan tidur di ketinggian 3000 meter.



Bedanya seperti kejadian Steffan Tronstad, sedang asik  mengabadikan sebuah rally mobil. Satu kendaraan yang sedang di bidik, ban depannya lepas.

Fotographer Adam Magyar membuat video dengan judul Stainless. Diambil dari sebuah stasiun kereta di Tokyo Shinjuku. Adam tidak mengunakan tripod, karena di Jepang akan di denda. Dia harus mengunakan peralatan portabel.

Bisa menjadi inspirasi lengkap dengan cerita. Kemungkinan lain malah foto anda dibeli. Namanya Rosie Hardy fotographer muda yang belajar camera sejak umur 15 tahun. Fotonya dipakai Marron dan dipekerjakan oleh Elle

Apa yang dilakukan 2 fotographer Larry Chen dan Joe Ayala. Pesawat mereka delay di airport Dallas Fort, akhirnya harus tinggal di airport. Menurut pihak bandara, ini kreatif dan lucu kami tidak melarang.



Untuk tamu yang di undang, jangan ikut mengabadikan foto bila di undang pada acara pernikahan. Sebaiknya duduk manis di bangku yang disediakan bila mereka sudah menugaskan fotographer.

Namanya si Betthy, dia seorang fotographer tapi suka membuat foto Cosplay ala custom player. Susah membedakan mana foto asli dan foto yang karakter game. Itu loh yang suka nongol di satu acara, khusus game. Dan berdandan seperti karakter di game.

Kalau mau belajar fotografer, belajarlah untuk camera. Berlatihlah bagaimana mengunakan camera, mengerti setting di camera. Tapi mengambil gambar bukan harus berlatih.

National Geographic sudah mengumumkan pemengan perlombaan foto tahun 2013.  Siapa saja pemenang foto kali ini. Satu dari Indonesia Dodi Kusuma mengabadikan foto nelayan sedang menebar jaring.

Namanya Ivan Makarov dia tukang foto dan tingal di California. Dia memang banyak fans di Google+. Satu foto di akunnya sedang manggul sebuah kardus dengan tulisan Canon EF 200-400 F/4 IS USM.

Foto menarik bisa dibuat dengan sederhana, tidak perlu mahal. Tidak perlu ruang studio yang mahal yang penting kreatif. Bisa menjadi ide untuk foto pernikahan yang murah.



Dibelakang layar dari sesi foto Women's Health Elsa Pataky diambil di Spanyol. Fotographer Sam Phibbs dengan kliennya Womenshealth.es

Keahlian fotografer amatir dan profesional tidak akan menghasilkan bila tidak didukung oleh peluang. Satu bisnis dari Jay Cole akan mengatakan kepada orang tua, saya akan membuat penampilan anak anda yang luar bisa dimilikinya bisa tampil.

Fotonya memenangkan kompetisi bergengsi World Press Photo 2012. Dia mendapatkan hadiah $1940. Sebelumnya Daniel sudah menjual peralatan camera ke salah satu rekan sesama jurnalis untuk makan sehari hari


No popular articles found.