Berapa kali matahari mengorbit tengah galaksi


Kategori : Science | Date : 16 October 2013
Bumi mengitari matahari setiap 365 hari, apakah matahari juga mengitari benda lain.

Matahari mengitari galaksi atau titik tengah galaksi. Posisi matahari berada agak kepinggir galaksi. Dalam hitungan kasarnya, jumlah bintang di galaksi antara 100 milyar (angka perkiraan)

Semua bintang tersebut mengitari pusat tengah galaksi, tapi tidak memiliki periode yang sama.

Bintang di tengah memiliki putaran lebih pendek, dan bintang yang lebih jauh seperti di tepi galaksi akan berputar lebih lama.

Matahari mengitari tengah galaksi dengan kecepatan 220km perdetik atau mungkin 790 ribu km perjam. Sedangkan matahari berada jauh dari pusat galaksi, sekitar 27 ribu tahun cahaya dari titik tengah. Diameter galaksi memiliki ukuran 100-120 ribu tahun cahaya (lebar)

Bila dihitung jarak 30.000 tahun cahaya untuk satu kali orbit matahari dan kecepatan matahari mengorbit sekitar 220km perdetik. Matahari baru mengitari titik tengah galaksi sebanyak 20 kali, padahal umur matahari sudah 5 milyar tahun (waktu bumi)

Kira kira matahari menyelesaikan satu putaran ke tengah galaksi antara 200-250 juta tahun sekali. Waktu satu kali rotasi sebuah benda seperti galaksi tersebut dinamakan Cosmic Year.



Bila dihitung mundur.
Terjadinya Big Bag sekitar 61 Galactic Years.
Lahirnya galaksi Bima Sakti 54 Galactic Years.
Lahirnya Matahari 18,4 Galactic Years.


Munculnya lautan 17-18 Galactic Years.
Kehidupan di Bumi dimulai 15 Galactic Years yang lalu
Kehidupan bakteri 13 Galactic Years.
Ketika daratan atau benua mulai stabil 10 Galactic Years.
Kehidupan manusia modern sekarang 0.001 Galactic Years.
50 tahun lalu, missi Apollo pertama yang berangkat ke Bulan. Perbandingan Bulan dan bumi itu kecil. Tapi ukuran bulan cukup besar, setidaknya lebih besar dari planet Pluto. Ukuran bulan sebesar negara di Eropa. dingin kadang sangat panas. Bulan memiliki lebar 3500km, sedangkan bumi mencapai 12.700km. Foto terbaru antara Bumi dan Bulan pada jarak 400.000km. Alan Bean manusia ke 4 yang berjalan di bulan telah tiada, tersisa 4 astronot

2010 lalu, Hubble menambah peralatan dengan Ultra Deep Field Infra red.Video melihat gambar dengan jarak 5 miliar, 10 miliar tahun cahaya jauhnya. Perubahan galaksi dari galaksi muda, galaksi yang berkembang dan galaksi yang telah matang. Mei 2019 Nasa merilis Hubble Legacy Field berisikan 265 ribu gaalaksi dari masa lampau sampai saat saat ini.



Update dugaan planet X ditemukan, diberi nama VG18, memiliki orbit ekstrem dan masuk dengan orbit Trans Neptunus. Planet RR245 orbit 700 tahun dan UZ224. Benda yang melintang ke atas Drac dan Niku Berapa jumlah planet di tata surya kita.Untuk ukuran planet besar, setidaknya ada 9 planet. Tapi total tidak jelas ada berapa planet yang mengorbit ke di tata surya kita, mungkin nanti menjadi 17 atau 18 planet.

Hubble menjadi peralatan instrumen terbaik yang pernah dibuat oleh ilmuwan. Tugasnya bertahan sampai digantikan oleh teleskop ruang angkasa baru. Oktober tersisa 2 giroskop yang masih bekerja, kinerja teleskop tidak akan optimal di tahun 2018. Kelihatannya berhasil di perbaiki. Setelah mengunakan teknik lama.

Westerlund 2 adalah kelompok bintang yang kompak, saling berdekatan dan jumlahnya mencapai 3000 bintang. Rata rata bintang disana memiliki usia sangat muda, antara 1-2 juta tahun. Sebagian besar adalah bintang dengan cahaya sangat panas, paling terang. sampai paling ukurannya paling masif. WR20a menjadi bintang biner terbesar yang diketahui sampai 2007.

Apakah lintasan cahaya memang dapat dilihat, dijawab ya oleh tim MIT. Apakah manusia dapat pergi lebih cepat dari kecepatan cahaya, dijawab tidak mengapa ?. Lebih cepat dari cahaya seperti film fiksi Star Trek dikenal dengan Tachyon. Tachyon Burst adalah partikel subatomik secara alami lebih cepat dari kecepatan cahaya. Kecepatan sonic boom di cahaya disebut Radiasi Cherenkov

Bertahun tahun bintang Polaris atau Bintang Utara dijadikan panduan, khususnya dunia pelayaran. Termasuk astrografer atau fotografer bintang yang ingin membuat trail dari lintasan bintang yang melingkar. Setelah dihitung ulang, bintang Polaris lebih dekat 100 tahun cahaya. Abad ini posisi berada tepat diatas, 14000 tahun lagi akan turun dibawah



Proses terjadinya teori Big Bag diperkirakan terjadi pada 13,7 miliar tahun lalu. Big Bang di percaya sebagai awal terbentuknya alam semesta. Mengapa Big Bang masih sebatas teori. Karena manusia tidak bisa melihat apa yang terjadi di masa lalu.


Apa yang kita lihat dengan matahari kita di Bumi berbeda dengan planet lain. Salah satu foto terbaru dari Nasa JPL menampilkan dua Dunia dengan satu Matahari. Disana tidak berwarna kuning tapi tampak abu abu atau kebiruan

Ingin menikmati hidup di kota besar, akan hilang satu kesempatan yaitu melihat bintang setiap malam. Mereka yang hidup dikota akan sulit melihat bintang, sebagian besar sinar bintang terganggung oleh cahaya kota dan polusi. Berapa banyak bintang yang bisa dilihat dengan mata, sekitar 9000 bintang.

Meteor UR116 akan melintas menghadap orbit bumi. Tapi tidak berbahaya kata profesor Vladimir Lipunov dari universitas Moscow. Seandainya menabrak Bumi, ledakannya 1.000 kali lebih besar dari meteor seukuran bus pada 2013 lalu di kota Chelybinsk.Meteor 2014

Darimana asalnya air di Bumi, mungkin usianya lebih tua dari tata surya kita. Bila air memang sudah lebih dahulu ada, kemungkinan planet lain juga memiliki air dan kehidupan. Tetapi darimana asal air sebenarnya

Walau teleskop Hubble sudah berumur 24 tahun, kemampuan teleskop ini masih handal untuk melihat apa benda yang terjadi di alam semesta. Salah satunya foto dibawah ini. Diambil selama 841 kali mengorbit dari bumi, dan menangkap gambar dari 10 ribu galaksi. Foto ini mengambarkan galaksi yang sangat jauh

Supernova dalam ilmu astronimi adalah sebuah bintang yang meledak. Sebuah bintang akan bercahaya selama hidupnya. Dari Space memberikan beberapa foto supernova dan bentuk inti sebuah bintang yang mati. Kemana materi bintang setelah meledak



Video tentang dunia sain, yang satu ini menceritakan kehidupan dunia kosmos untuk ratusan miliar tahun kedepan. Bintang yang membentuk cahaya di alam semesta, suatu hari akan mati satu persatu dan alam semesta akan gelap gulita.

Bagaimana mencari planet kembaran bumi dengan teleskop Kepler. Sebuah foto galaksi Bima Sakti langsung mendapatkan foto dengan titik cahaya, semuanya bintang. Dan disetiap bintang diperkirakan memiliki planet yang mengorbit. Mengapa mencari planet seperti bumi sangat lama.

Cara menghitung jarak sebuah bintang dapat mengunakan segitiga yang disebut Parallax. Tapi membutuhkan waktu sekitar 6 bulan untuk menentukan jarak satu bintang. Sudut pergeseran gambar bintang dihitung dari bulan 1 disusul bulan ke 6.

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.

Awal tahun ini astronom menditeksi satu objek sangat terang, seperti ledakan. 7 bulan kemudian baru diketahui cahaya seperti ledakan tersebut berasal dari bintang mati GRB 130427A. Bintang tersebut melepaskan radiasi sinar gamma.

Beberapa kejadian di dunia tapi tidak terlalu diperhatikan oleh manusia. Bahan langka seperti emas ternyata banyak di perut bumi. Bangun temahal di angkasa adalah stasiun ISS. Apa lagi yang lain

Namanya matahari memang besar. Pembentukan sebuah lembah dengan jilatan api disana juga besar. Nasa mengabadikan lembah yang terbuka sepanjang matahari, bila dihitung panjangnya 300 ribu km.

Tapi ada miliaran bintang yang membentuk alam semesta. Tidak semuanya sama, bahkan beberapa bentuk sangat unik. Melihat dari foto mereka memang menarik, tapi tidak menarik bila melihat dampak terjadinya disana. Seperti apa penampakan benda aneh di alam semesta.

Foto diambil dari Hubble menampilkan sebuah gambar nebula IC 289. Letaknya di utara konstilasi Cassiopeia, dulunya bintang ini seperti matahari di bumi. Tetapi kehabisan bahan bakar dan inti core mulai mengecil, sedangkan sisa gas terus membesar keluar dari inti core




No popular articles found.