Apakah anda tahu, computer lama tidak lebih hemat


Hardware | 4 October 2011

Masyarakat luar negeri terkadang memilih memanfaatkan computer lama lagi dengan fungsi berbeda. Seperti dijadikan server kecil untuk menyimpan semua data keluarga, sebagai alat merekam data keamanan atau untuk kebutuhan upload dan lainnya. Banyak masyarakat memilih cara diatas agar dapat menghemat uang dibanding membeli computer baru untuk fungsi tersebut.

Sebuah computer lama dengan fan, CPU dan VGA lama setidaknya membutuhkan power 150W walau dalam kondisi idle. Banyak computer lama diaktifkan ketika malam hari dimana pemiliknya tidur. Mesin tersebut dalam setahun akan bekerja selama 9000 jam, setidaknya membutuhkan 1000 kWh pertahun. Tergantung kondisi yang ada, bila hardware bekas merupakan barang high end yang boros listrik. Pemakaian listrik bisa diatas angka tersebut. Setidaknya masyarakat Amerika membutuhkan biaya listrik tambahan sebesar $200 pertahun untuk computer lama.

Sebenarnya ada solusi lain untuk membeli computer baru dengan tugas seperti diatas. Bisa dipilih computer yang hemat power dan tidak membutuhkan fan, karena kekuatannya setara dengan computer tua seperti kelas Pentium. Dan hanya membutuhkan power 15W saja ketika idle. Peralatan motherboard lama cukup diganti dengan yang baru, bila perlu ditambahkan dengan power supply yang lebih hemat. Maka kebutuhan tersebut sudah mencukupi dan biaya listrik dengan computer lama akan menutup biaya dengan motherboard baru. Atau solusi lain dengan computer yang kecil tetapi sangat hemat. Misalnya PC entry level Asus Eee yang kompak.


Berita terkait
Mengapa smartphone mahal, di kelas premium tidak asing dengan harga mahal. Pengembangan produk yang hanya satu atau dua model di kelas high-end, mendongkrak harga smartphone melambung menembus seribu dollar. Apakah pembeli membutuhkan semua teknologi tersebut. Yang pasti, berbeda dengan disain smartphone biasa.

Tidak, tetapi bisa membuat komponen bekerja terlalu panas. Debu menghalangi proses pendinginan dari fan computer. Apa alasannya debu yang menempel di komponen computer belum tentu merusak langsung



Versi ECS, sekarang membuat motherbord berkualitas. Apa beda motherboard murah dan motherboard mahal. Tentu ada, kualitas pastinya. Mengapa harga motherboard ada yang mahal dan murah. Apakah berbeda komponen atau berbeda perlengkapan yang disediakan.

WD baru menyelesaikan akuisisi pabrik harddisk Hitachi. Tetapi unit harddisk 3.5 inch dijual patennya ke Toshiba. Jangan kaget bila menemukan harddisk dengan 2 merek berbeda. Sejak kejadian banjir di Thailand, pabrik harddisk mengalami kerusakan

Port power 5V dan 3.3V dihapus, digantikan single rail konektor power supply ATX12VO . Sertifikat 80plus menunjukan tingkat efisiensi kinerja sebuah power supply. 80plus adalah nilai konversi dari power AC ke DC dengan angka 80%. Artinya semakin besar angka sertifikasi maka semakin baik sebuah power supply dalam pemakaian power listrik AC.

Monitor LCD TFT memiliki umur lebih panjang dari monitor tabung. Tapi bagian yang sering rusak ada di bagian power. Salah satunya elco atau kapasitor. Pabrik mengunakan komponen kelas 2, untuk keseimbangan daya tahan dan harga. Kita dapat menganti komponen kapasitor bila terjadi kerusakan. Karena dapat terlihat ciri seperti kapasitor bengkak

Kemungkinan ratusan ribu kabel konverter atau adaptor Mini DisplayPort ke HDMI cable ditarik. Karena badan organisasi HDMI menyebutkan adaptor yang berbedar tidak memenuhi spesifikasi HDMI.



Mouse computer sudah banyak dibuat, beberapa produsen menawarkan harga premium. Sampai 100 dollar untuk harga sebuah mouse. Apakah mouse memang canggih dan hebat. Dengan embel embel presisi dan performa click lebih cepat.

2 merek power supply kemungkinan menempatkan label bodong.




No popular articles found.