Roket Fusi Nuklir untuk jalan jalan ke Mars dan pendorong Hall Thurster


Kategori : Science | Date : 16 October 2013
Mengunakan teknologi supercepat dengan fusi nuklir, sebelumnya hanya sebatas film fiksi.

Ada kemungkinan ilmuwan menemukan cara dengan teknologi ini.

Ilmu fisika dibelakang ilmu roket fusi sudah dibuktikan di laboratorium. Bila dibuat, untuk pergi ke Mars hanya butuh 3 bulan.

Anthony Pancotti mempresentasikan penemuan timnya, bahwa ini menjadi teknologi roket pendorong masa depan.

Mengunakan bahan deuterium dan  tritium dimana kedua materi tersebut memiliki 1 dan 2 atom unsur atom dari bahan hidrogen yang diberikan daya listrik untuk daya dorong roket.

Bagamana dengan sumber power listrik untuk peralatan roket. Bisa diambil dari solar cell untuk memberikan power roket



Dengan teknologi yang ada sekarang, manusia hanya bisa mengirim pesawat ruang angkasa selama 500 hari ke mars.

Waktu yang lama tanpa gravitasi akan beresiko bagi astronot. Seperti kesehatan mereka , terpapar oleh radiasi dan harus berolahraga selama melakukan perjalanan.

Manusia harus lebih cepat untuk pergi diruang angkasa, untuk meminimalkan kehilangan kerapatan tulang dan otot yang menciut.



Nasa memang memiliki rencana untuk mengirim manusia ke Mars. Total perjalanan sekitar 210 hari. 83 hari untuk perjalanan kesana, 30 hari di permukaan planet Mars dan pulang selama 97 hari.

Apakah teknologi roket seperti ini sebagai teknologi baru, sebenarnya sudah lama ada.

Hanya tidak jelas apakah bisa diterapkan sebagai roket pendorong pesawat berawak. Masih banyak disain roket yang belum diterapkan seperti teknologi diatas.

Gambar bawah disain konsep roket fusi nuklir.



Satu lagi teknologi pendorong roket Hall Thurster. Menurut ilmuwan sistem ini adalah pendorong plasma.

Mampu membawa manusia ke Mars dengan satu tangki bahan bakar roket saja. Teknologi ini sudah dikembangkan untuk satelit agar posisi orbit satelit dapat dipindah berukuran kecil

Dengan roket pendorong Hall Thurster, secara dasar mampu membuat tekanan roket untuk melaju sampai kecepatan 72.000km perjam dengan konsumsi bahan bakar jauh lebih hemat dibanding roket konvensional.

Satu perangkat roket dapat bekerja sampai 10. ribu jam. Disni masalah yang belum terselesaikan dengan teknologi Hall Thurster. Dalam penerbangan ke planet Mars setidaknya dibutuhkan 50 ribu jam lebih.

Tim dari French National Center for Scientific sedang mengembangkan teknik baru agar dapat bekerja lebih lama, dengan meneliti sistem dinding roket plasma.

Bila teknologi roket jenis ini dapat selesai, maka perjalanan manusia ke planet Mars akan lebih cepat, setidaknya hanya membutuhkan waktu 40 hari.


Voyager 1 sudah di konfirmasi oleh NASA sudah meninggalkan tata surya. Roket pendorong untuk mengarahkan antena pesawat akan diposisi ulang. Tetapi roket pendorong Voyager 1 terakhir dinyalakan 37 tahun lalu. Voyager 2 baru melewati Helioheath Okjtober 2018.Saat ini pesawat masih terus menjauh dengan kecepatan 15 - 17km perdetik

Rover tangkap debu setan di planet Mars. Tahun 2004 Nasa mengirim robot Opportunity ke planet Mars. Awalnya untuk misi selama 90 hari. Nasa memberikan kabar buruk, robot Opportunity sementara tidak bekerja masalah baterai dan tidak merespon ke Bumi. 14 tahun plesiran di Mars terlihat masih mogok September 2018

2 planet kemungkinan tersembunyi di tata surya Alpha Centauri. Penemuan yang diumumkan Juni 2018, kemungkinan planet yang mengorbit di 2 bintang lebih besar aman bagi mahluk hidup. Tapi planet yang orbit ke bintang lebih kecil sangat beresiko dan berbahaya, karena akan menghadapi radiasi bintang jauh lebih besar.



Nasa berhasil membuat reaktor nuklir portabel dengan nama Kursty. Dirancang untuk misi ruang angkasa, bekerja selama 10 tahun sebelum pengantian bahan bakar dan bekerja secara otomatis. Penganti panel surya bila Mars tidak menerima cukup kuat cahaya matahari.

China sedang membangun roket Long March 5, walau masih prototipe dan akan diluncurkan tahun depan. Tahun depan Roket LM-5B akan diluncurkan, mampu membawa beban 25 ton ke orbit LEO atau 14 ton sampai ke orbit GTO

Satelit ruang angkasa tidak berbeda dengan peralatan melakukan navigasi bumi dengan satelit. Satelit mengunakan posisi dengan Pulsar.2018 Nasa kembangkan perangkat navigasi SEXTANT, prinsipnya sama mengunakan sumber sinyal bintang pulsar

Roket Long March LM-7 dirakit di Wenchang pusat peluncuran satelit setara Cape Canaveral. Roket LM-7 bukan roket biasa, tapi roket kelas berat pertama buatan China. LM adalah nama Long March dan 7 sebagai model. Long March 5 membawa satelit komunikasi bulan September 2017 gagal membawa satelit ke orbit.



Percobaan simulasi pertama manusia selama 1 tahun di kubah terisolir sudah selesai di uji coba. Januari 2017 dimulai simulasi ke 2 dengan jumlah 6 ilmuwan. Mereka akan tinggal selama 8 bulan di dekat puncak gunung, dan selesai 17 September 2017

Masih ingat tentang tragedi pembangkit nuklir Chernobyl Soviet yang meledak, bagaimana kehidupan tanpa manusia disana. Sekarang sedang ditutup dengan plat baja berbentuk kubah. Itu kejadian 26 April 1986 meledakan satu mesin reaktor nuklir RBMK. Selesai ditutup dan dilupakan sampai ditemukan teknologi baru.

Sebuah perusahan tambang ingin menambang di asteroid. Nah ini baru seru. Apakah kegiatan menambang asteroid dilarang. Tidak, setiap badan usaha boleh mengambil bahan tambang dari ruang angkasa secara bebas. Selama aktivitas tidak menganggu badan antariksa lain. Mereka akan mengirim robot kecil ke asteroid terdekat selama 3 tahun ke depan

Tanki bahan bakar pesawat ulang alik atau space shuttle dibawa pulang ke museum. Tanki raksasa seberat 33 ton seperti ini , dahulunya digunakan sebagai tangki bahan bakar utama. Tabung tersebut dipasang di pesawat ruang angkasa, dan terakhir dilepas setelah mencapai ruang angkasa.

Ruang angkasa adalah ruang vakum. Bila udara dalam kantong di buka, maka akan tersedot ke ruang angkasa. Apakah ruang angkasa memiliki bau, lalu seperti apa. Astronot sering merasakan bau aneh, seperti metal atau daging terbakar.

Proses terjadinya teori Big Bag diperkirakan terjadi pada 13,7 miliar tahun lalu. Big Bang di percaya sebagai awal terbentuknya alam semesta. Mengapa Big Bang masih sebatas teori. Karena manusia tidak bisa melihat apa yang terjadi di masa lalu.




Awal Desember 2014 roket Orion siap di uji coba pertama, membawa modul pendarat untuk diuji sampai suhu 2000 derajat. Bukan simulasi tapi benar benar di uji. Roket Orion diuji hari Jumat pagi sebagai langkah awal menuju planet Mars.

Ini bukan film tapi rencana Nasa pada tahun 2020. Nasa akan mengirim Rover ke Mars untuk memompa karbon dioksida ke atmosfer Mars. Sekaligus mempompa oksigen murni, siapa tahu manusia jadi bermigrasi ke Mars.

Cerita film sain fiksi mungkin menjadi kenyataan. Salah satunya dari rancangan pesawat ruang angkasa baru. Mirip seperti kota kecil yang mengambang diatas, dan serius dibuat oleh para ilmuwan. Bentuknya seperti dibawah ini. Jauh lebih besar dari pesawat ulang aling, bahkan setara ukuran gedung bertingkat.

Total barang yang dibawah sekitar 2,5 ton untuk diliuncurkan dengan roket Ariane 5 dari Guiana Perancis. Barang yang dibawa diikat erat pada rak. Teknisi astronot mengunakan baju khusus Cleanroom untuk mencegah kontaminasi dari kargo yang dikirim

Seorang peneliti dari Jepang bisa membuat barang mengambang seperti levilasi foto. Benda yang diberikan frekuensi tertentu dari speaker dibawahnya seakan terbang melayang. Dari barang plastik ringan, tetesan air bisa terbang.

Soviet memiliki bom nuklir sangat banyak di era perang dingin. Setelah menjadi negara Rusia, sekitar 500 ton uranium dari senjata nuklir di nonaktifkan menjadi bahan bakar nuklir dan dijual ke Amerika Serikat. Untuk apa uranium tersebut


No popular articles found.