Mengunakan teknologi supercepat dengan fusi nuklir, sebelumnya hanya sebatas film fiksi.

Ada kemungkinan ilmuwan menemukan cara dengan teknologi ini.

Ilmu fisika dibelakang ilmu roket fusi sudah dibuktikan di laboratorium. Bila dibuat, untuk pergi ke Mars hanya butuh 3 bulan.

Anthony Pancotti mempresentasikan penemuan timnya, bahwa ini menjadi teknologi roket pendorong masa depan.

Mengunakan bahan deuterium dan  tritium dimana kedua materi tersebut memiliki 1 dan 2 atom unsur atom dari bahan hidrogen yang diberikan daya listrik untuk daya dorong roket.

Bagamana dengan sumber power listrik untuk peralatan roket. Bisa diambil dari solar cell untuk memberikan power roket




Dengan teknologi yang ada sekarang, manusia hanya bisa mengirim pesawat ruang angkasa selama 500 hari ke mars.

Waktu yang lama tanpa gravitasi akan beresiko bagi astronot. Seperti kesehatan mereka , terpapar oleh radiasi dan harus berolahraga selama melakukan perjalanan.

Manusia harus lebih cepat untuk pergi diruang angkasa, untuk meminimalkan kehilangan kerapatan tulang dan otot yang menciut.

Nasa memang memiliki rencana untuk mengirim manusia ke Mars. Total perjalanan sekitar 210 hari. 83 hari untuk perjalanan kesana, 30 hari di permukaan planet Mars dan pulang selama 97 hari.

Apakah teknologi roket seperti ini sebagai teknologi baru, sebenarnya sudah lama ada.

Hanya tidak jelas apakah bisa diterapkan sebagai roket pendorong pesawat berawak. Masih banyak disain roket yang belum diterapkan seperti teknologi diatas.

Gambar bawah disain konsep roket fusi nuklir.



Satu lagi teknologi pendorong roket Hall Thurster. Menurut ilmuwan sistem ini adalah pendorong plasma.

Mampu membawa manusia ke Mars dengan satu tangki bahan bakar roket saja. Teknologi ini sudah dikembangkan untuk satelit agar posisi orbit satelit dapat dipindah berukuran kecil

Dengan roket pendorong Hall Thurster, secara dasar mampu membuat tekanan roket untuk melaju sampai kecepatan 72.000km perjam dengan konsumsi bahan bakar jauh lebih hemat dibanding roket konvensional.

Satu perangkat roket dapat bekerja sampai 10. ribu jam. Disni masalah yang belum terselesaikan dengan teknologi Hall Thurster. Dalam penerbangan ke planet Mars setidaknya dibutuhkan 50 ribu jam lebih.

Tim dari French National Center for Scientific sedang mengembangkan teknik baru agar dapat bekerja lebih lama, dengan meneliti sistem dinding roket plasma.

Bila teknologi roket jenis ini dapat selesai, maka perjalanan manusia ke planet Mars akan lebih cepat, setidaknya hanya membutuhkan waktu 40 hari.