Benda aneh di angkasa adalah misteri indah tapi tidak disana


Kategori : Science | Date : 15 October 2013
Banyak fotografer berburu foto galaksi Bimasakti.

Dikelas profesional astrofotografi malah berhasil membuat foto galaksi, nebula, kluster bintang.

Bahkan foto mereka sudah setingkat teleskop Hubble, walau jarak benda yang dibuat masih di sekitar galaksi kita. Baik foto kalangan amatir, profesional di bidang astrofotografi, sampai di kelas ilmuwan seperti teleskop Hubble, ALMA dan lainnya. Semua terlihat indah

Tapi ada miliaran bintang yang membentuk sebuah galaksi, dan jutaan galaksi di alam semesta.

Tidak semuanya sama, bahkan beberapa bentuk sangat unik.

Melihat dari foto mereka memang menarik, tapi tidak menarik bila melihat dampak terjadinya disana. Dengan kata lain, indah dilihat dalam foto, tapi disana terjadi kehidupan yang keras.

Beberapa misteri dari bintang yang diamati dari bumi.

Bintang mati misalnya, dengan ukuran besar bisa menjadi sebuah black hole atau lubang hitam raksasa. Bila kita hidup di sekitar bintang tersebut, tidak ada cerita indah lagi.

Ada juga bintang yang mati lalu membengkak dan membakar se isi tata surya yang membentuk dirinya. Kata nebula dari sebuah bintang adalah kehancuran sebuah tata surya disana, atau kiamat bagi kehidupan.

Beberapa bentuk benda di alam semesta yang misteri.



Diamond in the Sky

Ketika sebuah bintang kehabisan bahan gas untuk membentuk reaksi fusi nuklir dan bintang tidak bersinar lagi. Lalu menendang sebagian sisa gas (meledak), sampai intinya yang sangat panas menjadi white dwarf (planet kerdil berwarna putih) yang padat

Para ilmuwan mengatakan ukuran bintang mati seperti ini mungkin dahulunya sangat besar, tapi menciut sekitar 50km saja. Benda disana menjadi begitu padat.

Kerak lapisan luar sisa bintang yang menciut akan menghasilkan kristal karbon dan oksigen, mirip seperti berlian.

Tahun 2004 ilmuwan menemukan white dwarf dekat konstelasi Centaurus. Disebut BPM 37093. Benda itu sudah mengkristalkan karbon seukuran 5 juta triliun pon.

Artinya benda itu membentuk kristalkan berlian sebesar 10x10 pangkat 18 karat.

Siapa yang mau mengambil disana, masih panas dan gravitasi planet akan mematikan manusia. Begitu padatnya dari ukuran raksasa dan menciut dan mati, tetap saja gravitasi di planet tersebut amat sangat besar.

Magnetar / Stellar Corpses

Sebuah bintang neutron yang sangat padat dan memiliki gaya tarik milyar kali dari gravitasi di bumi.

Setelah bintang raksasa kehabisan bakar, bintang akan menciut ke ukuran lebih kecil. Tapi bintang jenis ini melepas kilatan sinar-Xray dalam 10 detik sekali dan membuat ledakan sinar gamma secara acak.

Dan terus menyebarkan radiasi ke ruang angkasa. Bila kita berada disana, sama saja seperti terpapar oleh sinar radiasi dari cahaya bintang.

Close Quarters

Disatu sisi ada tempat muncul pertumbuhan bintang secara bersamaan. Biasanya kemunculan bintang hanya beberapa puluh tapi di tempat lain bisa mencapai ratusan atau ribuan bintang.

Beberapa gugus bintang seperti ini salah satunya ada di cluster Pleiades di konstelasi Taurus dan berada di galaksi kita sendiri.

Bentuk bintang disana rata rata ukurannya sama besar. Belum terjawab mengapa semua bintang disana bisa terbentuk dalam waktu bersamaan. Padahal di tempat lain, bintang terbentuk tidak merata.

Bila diamati dengan teleskop, kita bisa melihat satu cahaya seperti bintang. Tetapi setelah di zoom lebih jauh, cahaya tersebut adalah kumpulan bintang yang sangat banyak

Starquake

Ilmuan mempercayai Starquake adalah bagian yang terbuka dari sebuah bintang Neutron. Bintang Neutron akan membuat semburan radiasi dari X-ray dan sinar gamma.

Bila permukaan bintang mati ini ada yang terbuka seperti kerak celah di permukaan lur, akan menampilkan cahaya dengan radiasi Pulsar, dan bentuknya yang mengarahkan cahaya radiasi secara acak.

Seperti cahaya mercusuar di Bumi, tapi yang ini adalah cahaya sebuah bintang dan sangat berbahaya bagi kehidupan. Walau disebut bintang mati dan ukurannya cukup besar, bintang tersebut berputar sangat cepat.

Neutron Star

Bintang Neutron adalah bintang mati, ukuran yang besar menciut menjadi kecill dari bentuk aslinya.

Bisa dibayangkan sebuah bintang sebesar matahari lalu mencuit menjadi seukuran kota kecil. Menjadi sangat padat, satu sendok teh dari benda disana ukurannya setara 1 milyar ton di bumi.

Yang ini agak berbeda, pada tahun 2005 ahli Nasa menemukan sebuah ledakan sinar gamma dan munculnya cahaya akibat ledakan itu.

Ketika itu ada 2 bintang Neutron ternyata bertabrakan dengan kecepatan puluhan ribu km/detik, mereka akan saling memancarkan sinar radiasi Gamma seperti kembang api.

Hot Jupiter

Planet gas seperti planet Jupiter, Saturnus, Neptunus dan Uranus adalah planet yang tumbuh besar. Umumnya berada di tengah sebuah tata surya. Hal ini sudah biasa terjadi.

Tapi yang disebut Hot Jupiter adalah sebuah planet gas dan sangat panas. Karena posisinya sangat dekat dengan bintang induknya. Seperti meletakan planet Jupiter di depan planet Merkurius.

Tahun 2007, Heather Knutson dari Caltech membuat peta dari suhu planet ini mengunakan teleskop ruang angkasa inframerah Spitzer.

Dinamai planet HD189733b mengorbit ke bintang induknya dengan jarak 1/10 lebih dekat dibanding planet Merkurius. Malam hari diperkirakan panasnya mencapai 650 derajat Celcius dan siang hari mencapai 900 deg.C.

Planet tersebut terlihat biru tapi menandakan adanya  air, melainkan silika di atmosfer. Sampai peneliti menyebutkan, jangan jangan disana hujannya adalah kaca cair. Karena begitu panasnya planet ini. Planet ini terlihat berasap, bahkan peneliti menyebutkan setiap detik planet ini kehilangan massanya sendiri karena terus menguap diterpa dorongan bintang. Dan berbentuk asap yang terdorong membelangani arah bintang induk.

Star Burst

Satu lagi fenomena di ruang angkasa adalah Star Burst. Gelombang radio ini tertangkap ke bumi, terkadang samar antara gangguan signal radio terestrial (radio di bumi)

Walau yang signal yang tertangkap sebenarnya berada sangat jauh. Bintang neutron terkadang mengeluarkan sinyal seperti radio dalam durasi 2 mili detik dan berlangsung selama 3 jam.

Bintang tidak sendirian

Sebuah bintang mungkin tidak sendirian. 85% bintang kembar atau memiliki 2 matahari di satu tata surya.

Sisanya adalah bintang biner atau 2 bintang yang saling terikat saling tarik menarik dengan gravitasi mereka.

Ada juga yang 3 bintang saling berdekatan atau disebut Multiple Star System. Beruntung tata surya kita hanya memiliki satu bintang dan ukurannya juga kecil. Bintang multi yang jauh kelihatan indah dari bumi, bila di dekatnya akan sangat panas dan terang sekali. Plus yah ramai dengan 2 atau 3 matahari.

Supernova dengan ledakan besar misterius

Supernova adalah bentuk setelah ledakan sebuah bintang menjelang kematian.Membuat gelombang kejut dengan kecepatan 35 juta km perjam.

Bintang yang kehabisan bahan bakar akan terus mengembang menjadi Red Giant star (raksasa merah), lalu tiba tiba meledak dan melepas  Sisa gas di permukaannya ke seluruh arah.

Meledaknya bintang adalah peristiwa langka di dunia kosmos. Sampai hari ini hanya satu orang yang pernah menyaksikan kejadian sangat langkah tersebut. Johannes Kepler seorang ilmuwan yang melihat dan mencatatnya pada tahun 1604, sampai hari ini belum ada lagi yang melihat langsung ketika ledakan terjadi  secara langsung.

Bintang Betelgeuse saat ini sudah mengeluarkan cahaya berwarna merah. Nantinya bintang tersebut akan menjadi supernova dengan cahaya sangat kuat, mungkin akan terlihat di Bumi. Sekitar 100 ribu tahun kedepan bintang ini akan meledak. Tapi tidak ada satupun manusia saat ini yang akan melihat.

Dari bumi terlihat bentuk supernova sangat indah, tetapi ketika ledakan terjadi akan mematikan semua kehidupan di dekatnya.


www.space.com/24-top-10-star-mysteries.html
Bagaimana pembentukan bintang neutron. Apa yang ekstrim dari bintang ini. Disebut juga bola besi raksasa yang berputar cepat. Luciano ahli astrofisika, benda ini hanya memiliki ukuran 12km untuk menjadi bintang neutron. Bintang neutron terbesar PSR J2215-5135 dengan massa setara 2.3 kali dari matahari. 2 bintang GW170817 neutron bertabrakan melontarkan jet dengan 4x kecepatan cahaya.

Apakah lintasan cahaya memang dapat dilihat, dijawab ya oleh tim MIT. Lebih cepat dari cahaya seperti film fiksi Star Trek dikenal dengan Tachyon. Tachyon Burst adalah partikel subatomik secara alami lebih cepat dari kecepatan cahaya. Kecepatan sonic boom di cahaya disebut Radiasi Cherenkov

2 planet kemungkinan tersembunyi di tata surya Alpha Centauri. Penemuan yang diumumkan Juni 2018, kemungkinan planet yang mengorbit di 2 bintang lebih besar aman bagi mahluk hidup. Tapi planet yang orbit ke bintang lebih kecil sangat beresiko dan berbahaya, karena akan menghadapi radiasi bintang jauh lebih besar.



Bulan dari bumi itu kecil. Tapi ukuran bulan cukup besar, setidaknya lebih besar dari planet Pluto. Ukuran bulan sebesar negara di Eropa. dingin kadang sangat panas. Bulan memiliki lebar 3500km, sedangkan bumi mencapai 12.700km. Foto terbaru antara Bumi dan Bulan pada jarak 400.000km. Alan Bean manusia ke 4 yang berjalan di bulan telah tiada, tersisa 4 astronot

Beberapa planet ekstrem yang ditemukan astronom kadang posisi planet . Ada yang besar, sampai ukurannya puluhan kali lebih besar dari Bumi. Ada yang sangat jauh letaknya, planet sangat dingin, dan planet terlalu panas, dan ada yang berukuran 28x lebih besar dari Jupiter

Beberapa benda paling berbahaya bahkan mematikan di alam semesta. Magnetar, lubang hitam dan tabrakan antar galaksi. Magnetar adalah bintang yang berubah menjadi magnit sangat kuat. Sedangkan Black Hole memiliki kekuatan daya gravitasi paling besar di alam semesta ini.

Planet Bumi ternyata punya 2 bulan dan baru terlihat pada April 27 2016,. Setelah di teliti satu benda berputar mengitari Bumi. Disebut 2016 H03, mungkin terdengar aneh tapi benda ini mengitari Bumi setiap hari tapi tidak terlihat karena ukurannya relatif kecil.



Bintang pulsar adalah bekas bintang mati yang memadat menjadi sebuah bintang yang sangat padat. Membayangkan kepadatan bintang pulsar seperti memadatkan gunung Everest seukuran ransel. Apakah mahluk hidup bisa tinggal di sekitar bintang Pulsar

Sebuah penemuan awan hidrogen yang besarnya 20x lebih besar dari galaksi Bima Sakti. Tempat ini menjadi awan hidrogen terbesar yang pernah ditemukan. Gas yang ditangkap teleskop membentang seperti saling menghubungkan 3 galaksi yang begitu jauh

Nebula Trifid yang diamati teleskop Wide-Field Infrared Survey Explorer - WISE menunjungkan gelombang cahaya infrared dengan warna hijau. Memperlihatkan gas hidrogen yang dingin. Sedangkan warna cerah biru dan ungu adalah cahaya panas dari bintang muda.

Matahari adalah bintang, Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya. Disusul nomor 2 planet Saturnus dengan cincin. Uranus dan Neptunus menjadi planet ke 3 dan 4 tidak sampai sepertiga ukuran Saturnus. Bagaimana dengan ukuran bumi.

Planet Ceres awalnya hanya berbentuk asteroid. tapi sekarang berganti nama menjadi planet kerdil Ceres pada tahun 2006. Ilmuwan mengatakan disana kemungkinan banyak sekali air. Orbit planet Ceres terletak di planet Mars. Dan berada di sabuk asteroid dalam tata surya.

Mengapa planet dekat matahari lebih kecil dan menjauh terjadi planet besar. Materi yang dekat dengan bintang umumnya memiliki kandungan batu dengan material metal. Sedangkan planet diluar seperti Jupiter memiliki kesempatan menarik lebih  material seperti gas.



Awal tahun ini astronom menditeksi satu objek sangat terang, seperti ledakan. 7 bulan kemudian baru diketahui cahaya seperti ledakan tersebut berasal dari bintang mati GRB 130427A. Bintang tersebut melepaskan radiasi sinar gamma.

Galaksi NGC 1433 diabadikan oleh NASA ESA dari teleskop Hubble. Struktur warna di pusat galaksi ini yang menarik. Dari teleskop Alma di bumi menganalisa gambar lama dan baru. Alma adalah teleskop gelombang radio yang berada di Chili.

Bumi mengitari matahari setiap 365 hari, apakah matahari juga mengitari  benda lain. Matahari mengitari galaksi atau titik tengah galaksi. Posisi matahari berada agak kepinggir galaksi. Lalu sudah berapa kali matahari mengorbit

Bintang HD 184738 memiliki masa yang rendah dan menjelang kematiannya. Nasibnya seperti matahari kita nanti, mungkin 5 milyar tahun kedepan.

Satelit observasi Chandra memiliki kemampuan untuk melihat objek diruang angkasa dengan sinar X-Ray. Sehingga dapat mengabadikan bintang yang memiliki thermal walau tertutup kabut atau debu di ruang angkasa.

Nasa memberikan data bintang yang dekat dengan matahari. Cukup banyak, terdapat 53 bintang. Ada yang berada di garis lintang tengah bila dilihat dari bumi, yang lain sebagian lagi ada di bagian utara dan selatan bumi.

Ilmuan sering mencari planet yang cocok dengan ekosistem bumi. Kebanyakan yang dipilih adalah ukurannya. Tetapi banyak planet berukuran seperti bumi jauh dari kata cocok. Diawali dari planet Venus tentu tidak ada yang mau tinggal disana

Foto diambil dari Hubble menampilkan sebuah gambar nebula IC 289. Letaknya di utara konstilasi Cassiopeia, dulunya bintang ini seperti matahari di bumi. Tetapi kehabisan bahan bakar dan inti core mulai mengecil, sedangkan sisa gas terus membesar keluar dari inti core


No popular articles found.