Tleskop Hubble kerusakan mungkin berhasil diperbaiki


Kategori : Science | Date : 4 October 2018
Helix nebula dan video penemuan Hubble

Tahun 2004 Hubble mengambil gambar Helix Nebula, menunjukan nasib bintang mati.

  • Bagian tengah tampak kosong kecuali sebuah titik kecil terlihat sebuah bola panas. Titik tersebut adalah bintang mati, seperti nasib matahari nanti. Setelah bintang kehabisan bahan bakar dan tidak ada lagi yang bisa dibakar, gravitasi planet melemah dan melepas gaya tarik semua gas dan bintang berubah menjadi bintang merah raksasa.
  • Dan berakhir menjadi White dwarf dengan bentuk titik putih.
  • Gambar bawah pada titik, dibagian atas ada sebuah detail gambar lain yaitu beberapa planet
  • Gambar kanan bawah terlihat beberapa planet di sekitar bintang sudah terkena panas dari gas yang terlempar dari bintang utama. Tata surya planet di sekitar bintang ini sudah selesai.



Menurut Einstein, sebuah blackhole dapat terbentuk bila sebuah bintang mati berukuran 4x dari matahari. Dahulu pernyataan ini masih menjadi teori. Dengan Hubble teori tersebut bisa dibenarkan. Sebuah bintang yang ukurannya ribuan kali dari matahari, bila kehabisan bahan bakar dan mati akan terjadi efek berbeda dibanding bintang lebih kecil. Salah satunya pembentukan Blackhole, karena intinya yang sangat besar dan berat. Benda tersebut akhirnya memiliki gravitasi sangat kuat.
Blackhole bisa digambarkan sebagai sebuah benda yang amat besar, tapi dipadatkan dan berubah bentuk menjadi benda jauh lebih kecil.

Astronom menyebut benda tersebut Singularity. Dengan Hubble dicoba mencari tahu kebenaran adanya Blackhole di galaksi Bimasakti. Hubble diarahkan ke tengah galaksi, disana malah ditemukan banyak planet, tapi orbitnya bergerak dengan cepat. Umumnya planet tidak bergerak secepat benda ini. Dan disimpulkan planet atau mungkin bintang yang bergerak cepat tersebut disebabkan gaya tarik Blackhole yang sangat kuat. Tidak menarik planet ke dalam tapi melempar dengan cepat terus menerus planet di sekeliling Blackhole karena gravitasi yang kuat dari Blackhole.

Seperti gambar dibawah yang dipublikasi oleh Nasa, tentang lahirnya bintang sampai kematian.
Dari lahirnya sebuah bintang, lalu terang dan kembali meredup dengan warna kuning. Berubah menjadi raksasa merah dan berakhir meledak.


Setelah meledak bintang akan mengecil ukurannya menjadi White dwarf atau bintang putih dibanding ukuran sebelum mati. Tapi masa di dalam bintang mati ini amat sangat padat. Gambar atas memperlihatkan perbandingan ukuran dengan kepadatan bintang White dwarf, walau ukurannya kecil tapi memiliki masa amat sangat besar.

Sampai hari ini belum ada penjelasan apa hubungan dan dampak antara Blackhole dan mengapa selalu berada ditengah galaksi. Menurut astronom, mereka hanya menyimpulkan bahwa Blackhole merupakan bagian penting dari sebuah galaksi.

Video sejarah penemuan Hubble dibawah ini.





Cerita dari ilmuwan yang menangani Hubble 25 tahun lalu. Dirilis oleh Hubble Space Teleskop dalam perayaan 25 tahun.


Teleskop Chandra mengunakan sensor X-ray untuk melihat benda di alam semesta. Gambar dari teleskop ini berbeda dengan gambar yang ditangkap teleskop optik  Karena sensor di Chandra sangat sensitif. Nasa melakukan perubahan perintah untuk giroskope setelah mengalami kemacetan. Test akan dilakukan pada awal November 2018 untuk memastikan teleskop siap bekerja kembali untuk penelitian ruang angkasa

Bila ditanya dimana titik tengah galaksi Bima Sakti. Sekarang bisa dijawab setelah peneliti ESO melakukan pendataan dari titik tengah galaksi Bima Sakti selama 16 tahun. Mungkin ini yang disebut wilayah lubang hitam Sagitarius, masih ada lubang hitam lebih kecil, jumlahnya cukup banyak

Bila melihat data alam semesta mungkin kita akan kaget. Dalam 10 tahun terakhir manusia baru bisa menjawab beberapa pertanyaan. Galaksi Bima Sakti berada di Laniakea, dan galaksi kita hanya sebagian kecil dari isi alam semesta. Ukuran paling tepat saat ini, jarak Bumi ke tepi galaksi adalah 66 ribu tahun cahaya.



Tahun 1996 teleskop Hubble diminta untuk mengarahkan ke satu arah yang kosong. Ruang kosong tersebut ukurannya sangat kecil, apa benar disana memang kosong. Film terbaru dengan penemuan teleskop Hubble.

Apakah alam semesta terus menjauh atau suatu hari akan kembali ke titik awal penyebab terbentuknya alam semesta sendiri yaitu  titik awal Big Bang. Atau alam semesta malah bergerak bebas dibanding 3 teori sebelumnya

Galaksi terbesar di alam semestaSeratus juta galaksi yang terditeksi oleh manusia, galaksi apa yang terbesar yang pernah ditemukan. Disebut galaksi IC 1101, diperkirakan memiliki bentuk eliptikal. Jaraknya dari bumi 1 milyar tahun cahaya, memang jauh sekali tapi ukurannya sangat besar.

Film The Principle salah satu film kontroversial diwaktu sekarang. Membawa mata kita melihat hal menakjubkan dari survei skala besar baru baru ini tentang jagat raya. Dan melihat bumi bukan hal penting lagi di alam semesta. Bumi hanya bagian sangat kecil, dan alam semesta memiliki kekuatan amat sangat besar yang tidak terbayangkan.



Beberapa kejadian di dunia tapi tidak terlalu diperhatikan oleh manusia. Bahan langka seperti emas ternyata banyak di perut bumi. Bangun temahal di angkasa adalah stasiun ISS. Apa lagi yang lain

Bumi mengitari matahari setiap 365 hari, apakah matahari juga mengitari  benda lain. Matahari mengitari galaksi atau titik tengah galaksi. Posisi matahari berada agak kepinggir galaksi. Lalu sudah berapa kali matahari mengorbit

Astronot pergi ke bulan , untuk berhubungan dengan radio terjadi keterlambatan 1.5 detik. Bagaimana bila berkomunikasi dari Saturnus ke Bumi. Bagaimana bila lebih jauh lagi. Mungkin manusia yang jauh disana masih bisa melihat dinosaurus ke bumi. Melihat ruang angkasa sama seperti melihat waktu, mengapa berbeda. Diterangkan secara ilmiah

Bila malam hari sebuah kota mati lampu, apa yang akan kita lihat. Langit tidak kosong, tapi tidak pernah kita bayangkan seperti apa. Tata surya termasuk Bumi , Matahari dan Jupiter, dan tata surya adalah bagian sangat kecil dari Bimasakti atau disebut juga Milky Way.


No popular articles found.