Hubble baru berulang tahun ke 24 pada bulan April lalu.
Hubble menjadi peralatan instrumen terbaik yang pernah dibuat oleh ilmuwan. Tidak ada perangkat tunggal seperti Hubble yang mampu mengumpulkan banyak sekali data dan teori, sampai penemuan baru dalam 20 tahun terakhir.

  • Sejak dimulai misinya di era 90an, Hubble sudah melakukan 1 juta kali pengamatan
  • Bulan April 2014, Hubble sudah berumur 24 tahun. Teleskop ini sudah mengirim 100 Terabyte data.
  • Sekarang teleskop Hubble masih mengirim 844 GB data setiap bulan ke bumi.
  • Sekitar 4000 an astronom mengunakan teleskop Hubble. Dan telah menerbitkan 11 ribu karya ilmiah. Teleskop ini menjadi instrumen paling produktif yang pernah dibangun untuk dunia sain.

Selain mengungkap misteri di kosmos masih ada lagi cerita tentang Hubble.
  • Hubble mampu menangkap bintang, planet dan galaksi di orbit bumi dan teleskop bergerak mencapai kecepatan 17 ribu mil perjam
  • Hubble sudah mengelilingi 3 miliar mil di orbit rendah bumi di ketinggian sekitar 500km.
  • Berat Hubble sekitar setara 2 gajah dewasa.
  • Cermin Hubble memiliki ukuran 2,4 meter
  • Ukuran Hubble hanya sepanjang 13,3 meter atau seukuran bus sekolah

Teleskop Hubble sudah di servis pada 11-12 Februari 1997, 19-27 Desember 1999, 1012 Maret 2002 dan 11-24 Mei 2009

+ Nasa

Tugas Teleskop Hubble akan bekerja sampai tahun 202 oleh Nasa

Nasa menambah tugas teleskop ruang angkasa Hubble sampai 30 Juni 2021 nanti. Dengan tambahan biaya operasi 200 juta dollar. Dan total proyek Hubble mencapai 2 miliar dollar.

Tahun 2018, teleskop inframerah baru James Webb akan mendampingi Hublle, sampai akhirnya teleskop Hubble pensiun.





Telekskop Hubble diluncurkan tahun 1990, sudah 20 tahun lebih bekerja. Sukses diluncurkan tapi bermasalah setelah di orbit. Dana teleskop ini juga membengkak dari 400 uta menjadi 10 milyar di tahun 2010. Gambar pertama lebih tajam dari teleskop di bumi, tapi hasil gambar tidak seperti yang diharapkan.

Gambar sebelum perbaikan kiri dan gambar kanan setelah di perbaiki.



Masalah pertama pada sudut dan presisi pembuatan cermin terlalu datar. 3 tahun berlalu, tahun 2003 dimulai misi perbaikan. Sampai 2009 untuk memperbaiki teleskop ini, membutuhkan 5 kali misi yang terakhir selesai di bulan Mei 2009. Hubble sempat bermasalah dan kembali turun ke bumi karena kerusakan instrumen. Satelit teleskop Hubble seberat 12 ton seukuran bis sekolah merosot turun dari orbit.

Sejak perbaikan Hubble, dimulai penemuan baru di bidang astronomi

Astronot John memperbaiki peralatan Hubble, setelah perbaikan dimulainya penemuan baru dari dunia antariksa. Peralatan bermasalah sudah diganti, yang rusak sudah diperbaiki. Semua selesai.

2009 astronom dari Inggris menjadi orang pertama yang mengunakan teleskop Hubble. Dia mengarahkan ke sebuah gambar berbentuk gas di ruang angkasa dan mengarah ke satu planet Wasp 12B, mendapatkan gambar dari satu bintang yang sedang memakan planet. Jaraknya 600 tahun cahaya dan berada di konstilasi Auriga.

Planet pada gambar ilustrasi ini menjelang kematian, karena planet mengorbit 1.1 hari mengelilingi bintang. Dan atmosfir planet sedang ditarik oleh gravitasi bintang. Tidak itu saja, disana diperkirakan terjadi hujan batu yang panas. Beruntung manusia memiliki Hubble, dan tidak semua sejarah antariksa hilang begitu saja seperti kejadian Wasp 12B.

Dr Jeft akhirnya bisa menjawab dari mana asal terbentuknya sebuah bintang yang awalnya belum bisa dijawab. Dia menganalisa foto dari Eagle Nebula. Terletak 7000 tahun cahaya dan umurnya sudah 5,5 juta tahun. Pada gambar terlihat 3 pilar raksasa berisi debu dan gas, pilar kiri diperkirakan memiliki panjang 4 tahun cahaya. Di ujung atas gas terlihat seperti membentuk satu titik. Jawaban dari mana asal terjadinya sebuah bintang. Diperkirakan sebagai telur dari titik itulah sebuah biintang terbentuk, sebelum menetas menjadi sebuah bintang bercahaya.

Gambar kiri Eagle Nebula, kanan atas perkiraan munculnya embrio bintang , gambar bawah terlihat satu bintang sudah bersinar tepat disamping debu dan gas Eagle Nebula. Semua gas di nebula tersebut nantnya akan membentuk menjadi bintang dan planet baru. Dari Hubble akhirnya terjawab dari mana asal terjadinya bintang.



Menjadi pertanyaan bagaimana sebuah embrio sebuah bintang menjadi bintang bercahaya. Satu foto diambil tahun 1994 dari sebuah nebula lain yang jaraknyanya 15 tahun cahaya di area Orion. Orion adalah tempat dimana banyak kumpulan bintang berusia muda

Foto dibawah bentuk titik hitam adalah sebuah bintang yang terbentuk.
  • Pada titik tengah berwarna kuning dari cahaya bintang baru, dan bagian hitam merupakan daerah kosong setelah semua debu dan gas terlempar ketika terjadinya pembentukan.
  • Debu dan gas terpental akibat ledakan fusi nuklir selama proses pembentukan bintang mulai bersinar.
  • Ketika terjadi ledakan tercipta stellar wind dan mendorong semua debu dan gas di sekitar bintang



Benda padat yang ada disampingnya nantinya mulai terbentuk planet lain. Dari debu menjadi batu , menjadi batu besar lalu saling tarik menarik dan terbentuknya sebuah planet. Dan berakhir dengan sebuah sistem tata surya baru.